Ruangguru Blog

    Tambah Rasa Nasionalisme Kamu dengan 7 Film Ini!

    By Ruangguru · Jun 2, 2017

    Karya anak bangsa di dunia perfilman ternyata tidak kalah dengan film-film luar negeri lho smart buddies. Tidak melulu film horor atau romantis yang dijadikan tema, banyak juga film-film berkualitas karya anak bangsa dengan tema nasionalisme. Film-film tersebut juga tidak jarang berhasil meraih perhatian publik juga sederet prestasi membanggakan di dalam dan luar negeri. Nah, dalam rangka #PekanPancasila kali ini, Ruangguru ingin merekomendasikan 7 film dengan tema kebangsaan yang wajib kamu tonton untuk menambah semangat dan rasa nasionalisme kamu terhadap tanah air tercinta.

    1. Gie (2005)

    Smart buddies pasti pernah dengar film yang diperankan oleh Nicholas Saputra ini kan? Gie merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah hidup seorang aktivis muda Indonesia dengan nama lengkap Soe Hok Gie. Gie adalah seorang mahasiswa keturunan Tionghoa dari fakultas sastra jurusan sejarah di Universitas Indonesia tahun 1962 hingga 1969. Diceritakan bahwa ia adalah seseorang dengan pendirian yang teguh dan sering menulis buku harian.

    rasa nasionalisme - Nicholas Saputra sebagai sosok Gie Nicholas Saputra sebagai sosok Gie (Sumber: hipwee.com)

    Walaupun lahir dari keluarga yang tidak begitu kaya, Gie sangat peduli terhadap tanah air Indonesia. Ia juga sangat semangat untuk memperjuangkan keadilan dan kebenaran di Indonesia. Film garapan Riri Riza ini menceritakan sosok Gie yang sangat keras dan berupaya untuk menggulingkan rezim Soekarno.

    2. Batas (2011)

    rasa nasionalisme - batas Batas (Sumber: raditherapy.com)

    Naskah dari film yang satu ini ditulis oleh seorang aktor senior bernama Slamet Rahardjo Soejaro. Film ini menceritakan tentang seorang perempuan bernama Jaleswari yang diperankan oleh Marcella Zalianty. Jaleswari ditugaskan ke Pontianak untuk menyukseskan program CSR perusahaan. Namun ternyata, di sana ia mendapati kenyataan bahwa ada oknum-oknum yang berkuasa dan mempunyai rencana untuk membuat bangsa ini tetap bodoh. Oknum-oknum tersebut juga membuat doktrin seolah negara tetangga adalah surga. Perjuangan pun dilakukan untuk membuat warga semangat belajar agar mereka bisa berdiri sendiri dan merdeka dari kebodohan.

    3. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

    rasa nasionalisme - denias Denias (Sumber: indonesianfilmcenter.com)

    Denias merupakan sebuah film yang diangkat dari kisah nyata seorang anak yang berasal dari Papua. Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan tentang Denias, anak suku pedalaman Papua yang berjuang untuk mendapatkan pendidikan. Tidak hanya semangat juang saja yang akan kamu dapatkan dari film ini lho smart buddies, kamu juga akan disuguhkan indahnya pemandangan wilayah pedalaman Papua yang belum pernah terekspos sebelumnya.

    4. Trilogi Merdeka (2009-2011)

    Trilogi merdeka merupakan seri yang terdiri dari film Merah Putih, Merah Putih 2 : Darah Garuda, dan Hati Merdeka. Film ini menceritakan tentang lima kadet yang mengikuti latihan militer di sebuah Barak Bantir di Semarang, Jawa Tengah. Kelimanya adalah Amir (Lukman Sardi), Tomas (Donny Alamsyah), Dayan (Teuku Rifnu), Soerano (Zumi Zola), dan Marius (Darius Sinathrya). Mereka datang dari suku, agama dan latar belakang yang berbeda-beda.

    rasa nasionalisme - trilogi merdeka Trilogi Merdeka (Sumber: blogspot.co.id)

    Namun suatu saat, kamp tempat mereka berlatih diserang oleh tentara Belanda. Lalu mereka yang berhasil lolos kemudian bergabung dengan pasukan gerilya di pedalaman Jawa. Akhirnya di sana mereka menemukan stragegi untuk mengalahkan para pasukan Belanda. Cocok banget deh ditonton untuk menambah rasa nasionalisme kamu smart buddies!

    5. Tanah Surga …Katanya (2011)

    rasa nasionalisme - tanah surga katanya Tanah Surga Katanya (Sumber: youtube.com)

    Nah, film yang satu ini menceritakan tentang seorang mantan sukarelawan konflik Indonesia-Malaysia 1965 yang terpaksa harus rela berjuang bersama anak dan cucunya setelah istrinya meninggal. Film ini menggambarkan tentang kesulitan hidup warga perbatasan yang terus menghadapi dilema, antara memilih hidup dalam kesetiaan dan loyalitas pada Indonesia dengan segala keterbelakangan teknologi dan pembangunan, atau berpindah saja ke negara tetangga yang menawarkan hidup lebih layak.

    6. Laskar Pelangi (2008)

    rasa nasionalisme - laskar pelangi Laskar Pelangi (Sumber: wordpress.com)

    Siapa sih yang belum pernah menonton film ini smart buddies? Film yang diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini tentu sudah tidak asing lagi ya untuk kita. Film ini menceritakan tentang persahabatan anak-anak di Belitung yang terus semangat berjuang untuk belajar dan mendapatkan kehidupan yang layak. Film ini juga menggambarkan bagaimana kesulitan hidup kalangan pinggiran dan kisah perjuangan meraih mimpi. Penonton juga akan disuguhkan pemandangan indah sebuah pulau yang pernah menjadi pulau terkaya akan timah di Indonesia.

    7. Tanah Air Beta (2010)

    Film ini mengangkat kisah kehidupan keluarga yang harus terpisah akibat peristiwa pelepasan Timor Timur dari Indonesia pada tahun 1998. Smart buddies akan sangat merasakan nilai nasionalisme pada film ini saat tokoh utama Tatiana (Alexandra Gottardo) akhirnya memilih untuk mengungsi ke Kupang, NTT bersama anak perempuannya, Merry (Griffit Patricia) karena ingin tetap menjadi warga negara Indonesia. Keputusannya tersebut ternyata mengharuskan ia terpisah dari anak laki-lakinya yang masih berada di Timor Timur.

    rasa nasionalisme - tanah air beta Tanah Air Beta (Sumber: indonesianfilmcenter.com)

    Sebagai generasi muda penerus bangsa, kita harus terus memupuk motivasi dan semangat demi memajukan Indonesia. Nah, semoga rekomendasi film-film dengan tema kebangsaan tadi dapat menambah rasa nasionalisme kamu sekaligus rasa cinta terhadap Indonesia ya smart buddies.

    Dalam rangka memeriahkan hari Pancasila, Ruangguru juga mengadakan kuis #PekanPancasila di menu RuangUji lho! Caranya login dan pilih Tryout Ujian Lainnya di menu RuangaUji, lalu ikuti kuisnya. Kerjakan soalnya dan lihat seberapa Indonesia kah kamu! (SA/DR)

    Share this:

    Tags: Wow ternyata, Nasionalisme

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru