Tanda-tanda Kamu Butuh Les

Ruangguru Apr 19, 2016 • 3 min read


Menyelesaikan ujian dengan baik memerlukan waktu, niat yang kuat, kedisiplinan, dan tentunya latihan terus-menerus. Namun, pernahkah kamu merasa hasil yang kamu peroleh tidak memuaskan? Atau malah kamu merasa nilaimu semakin turun hingga kamu merasa frustrasi, terutama bagi siswa yang sebentar lagi harus mengikuti UN SMP. Jangan khawatir, bisa jadi itu artinya kamu membutuhkan bantuan dari tutor, terutama kalau kamu merasa sedang mengalami beberapa hal ini.


kamu butuh les
Foto: theodysseyonline

 Nilai rapor semakin jatuh

Hal pertama yang biasanya menjadi tolak ukur penguasaan materi pelajaran adalah nilai rapor. Apabila nilai kamu menurun, bahkan hingga kamu terancam tidak naik kelas, segera temukan penyebabnya. Salah satu solusinya, kamu membutuhkan pelajaran ekstra di luar sekolah agar kamu bisa menyusul nilai teman-teman.

Merasa frustrasi setiap mengerjakan soal

Umumnya, kamu sering terhambat dalam mengerjakan latihan atau PR karena kurang menguasai materi pelajaran. Mungkin situasi di dalam kelas kurang mendukung keperluan kamu belajar. Kalau ini terus-menerus terjadi, kamu bisa kehilangan minat dan antusiasme kamu untuk menguasai materi pelajaran tersebut.

Memerlukan waktu yang lama untuk menyelesaikan soal

Sudah berjam-jam kamu duduk mengerjakan latihan di kamar, akan tetapi jumlah soal yang sudah kamu jawab bisa dihitung dengan jari. Akibatnya, kamu kehilangan kesempatan untuk melakukan aktivitas lainnya, seperti mengikuti kursus piano atau bahkan beristirahat.

 

kamu butuh les
Foto: business2community.com

 Daripada pikiran kamu menjadi buntu, kamu bisa mencari guru les yang bisa membuat kamu lebih lihai dalam menyelesaikan soal dengan tepat waktu.

‘Mogok’ sekolah karena merasa tertinggal dari teman-teman

Hilangnya semangat dalam belajar mungkin berasal dari rasa kurang percaya diri. Kamu merasa tertinggal nilainya dari teman-teman, sehingga enggan untuk membahas pelajaran atau ikut belajar kelompok. Apabila masalah ini terlambat untuk ditangani, kamu akan semakin kesulitan untuk mengejar ketertinggalan kamu di kelas. Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya kamu meminta pertolongan guru bimbel atau privat.

Sudah belajar, tapi nilai tetap jelek

Kamu sudah berusaha untuk belajar dengan rajin dan tekun, akan tetapi nilai ujianmu tetap yang terendah di kelas. Rasanya menjadi murid terbaik hanya angan-angan belaka ☹ Ini pertanda bahwa kamu harus memperbaiki cara belajar kamu. Tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan orang yang menurut kamu bisa menawarkan solusi yang tepat, tentunya agar usaha kamu berbanding lurus dengan nilai yang nanti kamu dapatkan.

 

kamu butuh les Foto: cdn2.momjunction.com 

Ingat, sudahi keputusasaan kamu karena tidak ada kata terlambat  untuk belajar. Tidak ada salahnya pula mengikuti bimbingan belajar di luar jam sekolah, sehingga kamu dapat mengukur seberapa besar pengaruhnya pada nilai ujian sekolah atau UN. Semua orang memerlukan waktu untuk ahli dalam suatu bidang, tidak terkecuali kamu.

Beri Komentar