3 Ejaan Bahasa Indonesia yang Sering Salah Digunakan dan Pembahasannya

Created by : Chairunnisya Tisa
on Mar 11, 2018 10:00:00 AM

Hai, RG Squad! Pernah nggak setelah update di Instagram terus tiba-tiba ada yang DM bilang ejaan atau cara tulis kamu salah? Padahal kamu merasa banyak teman-teman lain yang juga menulis dengan cara yang sama? Yap, memang ada beberapa penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia (EBI) yang seringkali salah, tapi lumrah dilakukan. Nah, berikut tipsnya agar kamu nggak melakukan kesalahan lagi berdasarkan Pedoman Umum EBI Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Simak ya!

Tata Cara Penggunaan EBI

Pedoman umum EBI bisa diunduh di website resmi Kemendikbud. (Sumber: gurune.net)

1. Penggunaan kata depan 'di' dan 'ke' yang disambung dan dipisah

Banyak dari kita yang menggabungkan kata depan 'di' dan 'ke' dengan nama tempat atau arah. Namun sebenarnya jika 'di' dan 'ke' sebelum nama tempat atau arah haruslah dipisah. Seperti di selatan, di Kota Jakarta, di sana. Akan tetapi, kalau kata depan 'di' dan 'ke' yang diikuti kata selain penunjuk kata tempat bisa digabung. Seperti diterima dan kegunaan. Mudah ya, Squad?

2. Kata atau ungkapan asing ditulis dengan huruf miring

Tata Cara Penggunaan EBI

Kata atau ungkapan asing ditulis dengan huruf miring. (Sumber: ayobuka.com)

Untuk ungkapan atau kata dalam bahasa asing atau bahasa daerah ditulis dengan huruf miring, misalnya:

  • Ungkapan bhineka tunggal ika artinya berbeda-beda tapi tetap satu jua.
  • Annyeonghaseyo adalah sapaan umum dalam percakapan orang-orang Korea.

3. Penggunaan huruf kapital pada huruf pertama untuk penunjuk kekerabatan

Apa saja sih kata-kata penunjuk hubungan kekerabatan? Yap, contohnya adalah bapak, ibu, saudara, adik, kakak. Kata ini berawalan kapital jika digunakan dalam penyapaan atau pengacuan. Seperti, “Kemarin Ayah ke mana?”. Namun huruf kapital tidak digunakan jika kata yang dipakai tidak mengacu pada penyapaan ya. Nah, contohnya adalah, “Saya memiliki dua adik dan satu orang kakak.”

Gimana, Squad? Sekarang sudah bisa tahu dong tata cara penulisan yang benar. Kamu bisa langsung mencobanya dan bagikan artikel ini ke teman-teman. Nah, supaya belajarnya semakin efektif, kamu bisa gabung di Ruangguru digitalbootcampGroup chat belajar yang tutornya selalu standby, modulnya lengkap dan menarik, banyak latihan soal dan tryout, serta akses video belajar yang membuat #BelajarJadiSeru.

New Call-to-action

Tags: Wow ternyata

Tulis Komentarmu