Informasi Jurusan Teknik Penerbangan untuk yang Mau Jadi Ahli Transportasi Udara

jurusan teknik penerbangan

Kamu tertarik dengan dunia penerbangan? Atau bercita-cita ingin jadi ahli transportasi udara?  Yuk, kita kulik tentang Jurusan Teknik Penerbangan, mulai dari mata kuliah, daftar kampus, gelar, hingga prospek kerjanya!

 

Berbicara mengenai penerbangan khususnya pesawat, masih ingatkah kamu dengan sosok BJ Habibie? Yap, beliau merupakan salah satu sosok jenius dari tanah air yang namanya mendunia dalam bidang penerbangan. Setelah menyelesaikan kuliahnya, beliau bekerja di sebuah perusahaan penerbangan Jerman bernama Messerschmitt-Bölkow-Blohm (MBB).

Teknik Penerbangan,Jurusan untuk Kamu yang Mau Jadi Ahli Penerbangan (2)

BJ Habibie saat remaja (Sumber: elabram.com)

 

Namun, pada tahun 1974 atas perintah Presiden Soeharto, BJ Habibie pun kembali ke tanah air dan memulai kariernya dengan memimpin Lembaga Industri Pesawat Terbang Nurtanio (LIPNUR). Pada tahun 1976 LIPNUR berubah nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nurtanio (IPTN), yang sekarang bernama PT Dirgantara Indonesia.

Di Bawah pimpinan BJ Habibie, IPTN mampu memproduksi sejumlah pesawat seperti CN35, N250, dan N2130. Salah satu pesawat milik IPTN yang terkenal adalah N250 yang pertama kali mengudara pada tahun 1995 dan menjadi pesawat pertama di Indonesia.

Teknik Penerbangan,Jurusan untuk Kamu yang Mau Jadi Ahli Penerbangan (1)

Pesawat N250 buatan Indonesia (Sumber: IDN Times Jabar)

 

Nah, itu tadi sekilas gambaran tentang sosok BJ Habibie dalam keterlibatannya di dunia penerbangan. Bagi kamu yang ingin menjadi sosok seperti beliau, bisa mewujudkan itu dengan masuk ke Jurusan Teknik Penerbangan.

Di jurusan ini, kamu akan diperkenalkan dengan semua hal yang berkaitan dengan penerbangan mulai dari sisi teknik, mesin, hingga teknologi transportasi udara. Yuk, simak artikel ini agar kamu lebih paham!

Baca Juga: Jurusan Teknik Perkapalan: Belajar Merancang dan Membuat Kapal

 

Mengenal Jurusan Teknik Penerbangan

Di beberapa kampus, Jurusan Teknik Penerbangan sering juga disebut dengan nama Teknik Dirgantara atau Aeronautika dan Astronautika. Jurusan ini secara umum akan mempelajari tentang segala hal yang berhubungan dengan penerbangan, maupun teknik pesawat. Mulai dari cara merancang pesawat, membuatnya, hingga mengoperasikannya. Tidak sampai di situ saja, kamu juga bakal belajar tentang pesawat luar angkasa dan satelit. Waaa, seru banget ya kedengarannya?

 

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Penerbangan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Jurusan Teknik Penerbangan adalah program studi yang mempelajari tentang ilmu keteknikan pesawat, penerbangan, dan kedirgantaraan. Singkatnya, di jurusan ini kamu akan belajar mengenai cara merancang, membuat, hingga mengoperasikan pesawat terbang, pesawat luar angkasa, satelit, dan roket.

Teknik Penerbangan,Jurusan untuk Kamu yang Mau Jadi Ahli Penerbangan

Merancang pesawat (Sumber: Youtube)

 

Beberapa mata kuliah di Jurusan Teknik Penerbangan yang akan kamu pelajari, antara lain:

  •         Pengantar Rekayasa dan Desain
  •         Pengenalan Teknik Mesin, Material, dan Dirgantara
  •         Gambar Teknik
  •         Rekayasa Termal
  •         Matematika Teknik
  •         Material Pesawat dan Metode Manufaktur
  •         Analisis Aerodinamika dan Prestasi Terbang
  •         Astrodinamika
  •         Aerodinamika
  •         Sistem Transportasi Udara
  •         Sistem Pesawat Udara
  •         Desain Pesawat Udara
  •         Aspek Lingkungan Teknik Dirgantara
  •         Rekayasa Perawatan Pesawat Udara

 

Selain mata kuliah tersebut, pada semester awal kamu akan mendapat pelajaran sains dasar seperti matematika, fisika, dan kimia. Tak hanya itu, pada jurusan ini kamu juga akan melakukan beberapa kegiatan praktik dan penelitian. Maka nggak heran jika di luar jam kuliah, kamu akan disibukkan dengan pengumpulan data dan penulisan laporan praktikum.

Baca Juga: Daftar Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Menjanjikan, Apa Pilihanmu?

 

Daftar Kampus dengan Jurusan Teknik Penerbangan Terbaik

Nah, buat kamu yang tertarik ingin masuk ke jurusan ini, berikut beberapa rekomendasi kampus dengan Jurusan Teknik Penerbangan terbaik di Indonesia:

PK_-_Teknik_Penerbangan,_Jurusan_untuk_Kamu_yang_Mau_Jadi_Ahli_Penerbangan-02

 

Gelar Lulusan Teknik Penerbangan

Mungkin kamu bertanya-tanya, lulusan Teknik Penerbangan, dapat gelar apa ya? So, ketika kamu lulus dari jurusan ini, kamu akan mendapat gelar Sarjana Terapan Transportasi (S. Tr. Tra) jika kamu mengambil program diploma (D4), Sarjana Teknik (S.T.) jika kamu mengambil program Sarjana (S1), dan Magister Teknik (M.T.) jika kamu mengambil program Magister (S2).

 

Prospek Kerja Lulusan Teknik Penerbangan

Setelah lulus dari Jurusan Teknik Penerbangan, kamu bisa menjadi seorang insinyur profesional di berbagai industri penerbangan seperti Perusahaan AirNav Indonesia dan Angkasa Pura I & II.

Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa bekerja di lembaga penelitian (LAPAN, Dislitbang AU, dan Puspiptek), pendidikan (Sekbang-AU, dan Universitas penerbangan), bahkan pemerintahan (Kementerian Perhubungan Republik Indonesia).

Mengingat industri penerbangan nggak hanya ada di dalam negeri saja, kamu juga punya kesempatan untuk bekerja di industri manufaktur pesawat dunia seperti United Aircraft Building Corporation di Rusia, Boeing di Amerika Serikat, EADS dan Airbus di Jerman, serta São José dos Campos di Brasil di mana pesawat Embraer diproduksi.

Teknik Penerbangan,Jurusan untuk Kamu yang Mau Jadi Ahli Penerbangan

Perusahaan pesawat internasional (Sumber: nam.org)

 

Gimana sudah ada gambaran tentang Jurusan Teknik Penerbangan ‘kan? Tunggu apalagi, agar bisa masuk jurusan ini, yuk tingkatkan prestasi belajarmu dengan latihan soal dan video beranimasi di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Olivia Yunita