Teknik Tomat (Pomodoro) untuk Selesaikan Tugas Lebih Efektif dan Efisien

Naya Dini

Nov 26, 2018 • 3 min read

sukses kerja


Anda termasuk orang yang sulit berkonsentrasi atau mudah bosan, Rekan Kerja? Bila iya, maka Anda perlu mencoba teknik satu ini untuk menyelesaikan tugas Anda atau mungkin belajar, yaitu Teknik Pomodoro. Teknik ini merupakan teknik pembagian waktu dengan cara blok waktu 25 menit. Setelah 25 menit berlalu Anda berhak mendapatkan istirahat selama lima menit.

Teknik Pomodoro dicetuskan oleh Francesco Cirillo di akhir tahun 1980. Kata pomodoro berasal dari bahasa Italia yang memiliki arti tomat. Cirillo memilih nama ini karena saat ia mengembangkan teori ini, timer yang ia gunakan berbentuk tomat. Sebelum menggunakan Teknik Pomodoro, ada baiknya Anda memahami dulu beberapa hal berikut.

1. Teknik Pomodoro menawarkan banyak manfaat

pomodoroTeknik Pomodoro dapat mempermudah Anda dalam menyelesaikan tugas (Sumber: Medium.com)

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Teknik Pomodoro sangat bermanfaat untuk menjaga konsentrasi Anda sehingga membuat Anda fokus atas apa yang Anda kerjakan. Dengan teknik ini Anda juga dapat menghindari kebiasaan multitasking yang sering kali membuat pekerjaan-pekerjaan Anda tidak kunjung selesai.

Cara ini juga merupakan langkah efektif untuk Anda menuntaskan pekerjaan yang banyak, jadi Anda tidak perlu bingung lagi harus memulai dari mana jika Anda memiliki banyak pekerjaan. Dengan Teknik Pomodoro, Anda dapat menyelesaikan tugas satu per satu tanpa harus merasa stres karena Anda pun harus membuat skala prioritas mana yang perlu Anda kerjakan terlebih dahulu.


2. Teknik Pomodoro hanya membutuhkan lima tahap

 pomodoro

Lima tahap mudah Teknik Pomodoro (Sumber: Naturalfactors.com)

Jika Anda tertarik untuk mencoba teknik ini, maka Anda dapat memulai dari menentukan tugas yang paling urgen untuk diselesaikan. Setelah Anda menemukan, atur timer selama 25 menit. Manfaatkan waktu tersebut untuk mengerjakan tugas Anda, berfokuslah pada tugas tersebut, dan jangan sampai tergoda oleh apapun termasuk gadget. Ingat, Anda punya waktu khusus selama 5 menit untuk mengecek HP Anda setelah 25 menit berlalu. Setelah timer berbunyi, berhentilah bekerja! Meskipun tugas Anda belum selesai, Anda dapat melanjutkannya nanti setelah beristirahat. Maksimalkan waktu istirahat Anda selama 3-5 menit untuk memakan camilan, mengecek ponsel, relaksasi, dan lainnya. Jangan sampai kebablasan ya, Rekan Kerja!

Terus lakukan berulang sampai Anda telah melewati 4 x 25 menit atau 4 jendela kerja. Setelah itu Anda berhak untuk mendapatkan waktu istirahat yang lebih lama, yaitu sekitar 15-30 menit.


3. Gunakan bantuan aplikasi untuk menerapkan Teknik Pomodoro

Bila Anda tidak mau repot mengatur alarm secara manual atau Anda khawatir kebablasan menghabiskan waktu beristirahat, maka Anda dapat memasang beberapa aplikasi pomodoro yang sudah tersedia di Play Store dan App Store dan dapat Anda gunakan secara gratis. Berikut adalah beberapa aplikasi pomodoro yang bisa Anda coba:

  • Be Focused

pomodoro

  • Focus Keeperpomodoro
  • PomoDoneApppomodoro

Bagaimana apakah Anda berminat untuk mencoba Teknik Pomodoro, Rekan Kerja? Tidak ada salahnya mencoba, siapa tahu cara satu ini dapat membantu Anda menyelesaikan tugas atau belajar secara efektif dan efisien. Ketahui juga tips lainnya untuk meningkatkan kemampuan Anda di dunia kerja dengan berbagai kelas dan artikel di aplikasi ruangkerja. Klik gambar di bawah ini untuk unduh! GRATIS.

 

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts