Teknologi Game: Jurusan Unik untuk Kamu yang Kekinian

Shabrina Alfari

May 15, 2019 • 4 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


teknologi game

Artikel ini membahas tentang jurusan Teknologi Game yang ada di Indonesia, mulai dari pilihan kampus hingga prospek kerja

--

Squad, suka gaming? Industri game memang mengalami perkembangan yang pesat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Sayangnya, selama ini Indonesia hanya menjadi pasar dari industri game dunia. Padahal industri ini memiliki prospek yang menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian, karena tidak membutuhkan lahan yang besar tetapi bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Apakah kamu mau berkuliah di jurusan yang unik dan kekinian, serta sesuai dengan kegemaranmu bermain game? Kamu bisa masuk jurusan Teknologi Game!

Apa kuliahnya hanya bermain game? Eits, tentu tidak Squad. Program studi Teknologi Game mempelajari tentang bagaimana sebuah game itu dibuat hingga bisa dimainkan oleh orang banyak. Kamu akan belajar mengembangkan teknologi pembuatan game mulai dari merancang cerita yang ada pada game, merancang sistem pelevelan, merancang model karakter yang ada pada game, membuat animasi dan storyboard, merancang user interface, melakukan tugas-tugas programming, hingga proses produksi game tersebut serta distribusinya. Seru banget ‘kan?

Baca juga: Kemajuan Teknologi Membuat Semakin Malas. Benarkah Begitu?

teknologi gameTeknologi VR di film Ready Player One (Sumber: variety.com)

Bermain game nggak hanya akan membuang-buang waktu dan uang. Bidang ini juga bisa menghasilkan jika kamu seriusi lho. Dengan masuk ke jurusan ini, siapa tahu di masa depan kamu juga bisa bikin game sendiri yang dimainkan oleh banyak orang Squad.

Prospek kerja jurusan Teknologi Game

Para lulusan dari program studi ini memiliki kesempatan kerja yang menjanjikan karena industri game digital di Indonesia sendiri memang akan terus berkembang. Kamu bisa bekerja pada sebuah developer game, baik itu sebagai Game Designer, Game Artist, Game Programming, Game Engineer, Character Animator, Cinematics Director, Concept Artist, Game Content Provider, Entrepreneur, dan sebagainya. Selain berkecimpung di industri game, kamu juga bisa menjadi tenaga ahli di bidang teknologi game serta akademisi di bidang multimedia dan game (pengajar, trainer, dan peneliti).

teknologi gamePerusahaan game (Sumber: polygon.com)

Kampus dengan jurusan Teknologi Game

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Kampus ini membuka jurusan Teknologi Game untuk jenjang S2 dengan nama Teknologi Media Digital dan Game. Beberapa mata kuliah yang bisa diambil di prodi ini adalah 3D Modeling & Animasi, Design Methodology, Game Engine Design & Development, Multimedia System, serta Intelligent Game Theory.

2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

ITS juga membuka jurusan game untuk jenjang S2. Sedangkan pada jenjang S1, program studi Teknologi Game ada dalam salah satu mata kuliah peminatan di jurusan Teknik Komputer.

3. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS)

Kampus yang terkenal akan robotnya ini juga membuka jurusan D4 Teknologi Game. Kamu akan diberikan kemampuan terkait hal teknis, desain, sosial dan komunikasi, serta kemampuan berwirausaha di industri game. Jurusan ini bergerak dalam mendukung industri kreatif Indonesia dan mencetak tenaga ahli dalam developer game.

4. Universitas Bina Nusantara (BINUS University)

Binus secara khusus membuka program S1 untuk game dengan nama Game Application and Technology pada tahun 2011. Fokus dari program studi ini adalah game art, game design, dan game programming.

5. Universitas Negeri Malang

Universitas yang satu ini juga berkeinginan untuk menghasilkan developer game berkualitas lewat program studi D3 Game Animasi yang akan membekali kamu dengan kemampuan membuat game 2D dan 3D. Kamu juga bisa melanjutkan ke jenjang S1 melalui jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan konsentrasi bidang game (non multimedia).

6. Universitas Ciputra

Prodi Teknologi Game di Universitas Ciputra merupakan bagian dari pendidikan sarjana Teknik Informatika. Prodi ini berfokus pada pengembangan aplikasi dan game mobile dengan memanfaatkan berbagai tool terkini, salah satunya adalah Unity. Aplikasi mobile yang dipelajari berbasis Android dan iOS dengan melibatkan kurikulum Developer Education Program dari Apple.

7. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Kampus milik Kompas Gramedia ini juga membuka jurusan Teknologi Game yang akan membekali mahasiswa untuk terjun di industri game. Teknologi Game di kampus ini berfokus pada desain visual game.

Squad, tidak semua kampus yang membuka jurusan Teknologi Game menawarkannya untuk jenjang S1. So, dalam memilih perguruan tinggi, sangat disarankan untuk kamu meneliti kurikulumnya terlebih dahulu. Apakah kamu tertarik?

Ingat ya Squad, karena kampus yang menyediakan jurusan Teknologi Game di Indonesia masih sangat sedikit, maka tentu saja sainganmu untuk masuk ke jurusan ini menjadi cukup banyak. Untuk itu, terus persiapkan dirimu untuk masuk ke universitas impian dengan mempertahankan prestasimu bersama ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts