4 Teknologi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Anak Belajar di Rumah

teknologi pembelajaran jarak jauh untuk anak

Artikel berikut ini akan menjelaskan tentang 4 teknologi pembelajaran jarak jauh yang bisa digunakan selama anak belajar di rumah. Apa teknologi-teknologi tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Ketika penerapan belajar di rumah resmi diumumkan oleh beberapa pemerintah daerah terkait pandemi COVID-19 ini, membuat orang tua dan guru harus berpikir bagaimana melakukan kegiatan belajar dengan jarak jauh. Di era berbasis digital seperti saat ini, rasanya orang tua perlu mengetahui teknologi pembelajaran jarak jauh yang bisa mengoptimalkan kegiatan belajar anak di rumah.

Paling tidak ada 4 teknologi pembelajaran jarak jauh yang orang tua bisa pahami. Apa saja? Berikut penjelasannya.

 

1. Zoom

video-conference-pembelajaran-jarak-belajar-jauh-di-rumah-online(Sumber foto: blog.zoom.us)

Setelah dicanangkannya belajar dari rumah, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi favorit untuk mempermudah kegiatan belajar mengajak. Zoom merupakan aplikasi video conference untuk melakukan koordinasi. Aplikasi ini memudahkan anak untuk melakukan diskusi dengan temannya. Hal memungkinkan melakukan kerjasama jika ditugaskan oleh guru untuk melakukan kerja kelompok.

Aplikasi ini memiliki keunggulan seperti bisa menampung hingga 100 orang peserta dalam 1 sesi video. Selain itu, ada fitur sharing screen yang bisa memudahkan semua peserta dalam video tersebut saling melihat layar yang dibagikan oleh salah satu peserta. Hanya saja, kekurangan aplikasi ini ialah durasi maksimal untuk satu kali melakukan video conference ialah 40 menit dalam sekali sesi.

 

2. Google Classroom

Jauh-belajar-jarak-di-rumah-online-sekolah-aplikasi-pembelajaran-video-converence di-rumah-belajar-jarak-jauh

(Sumber foto: vivaelearning.com)

Mesin pencari nomor 1 di dunia ini bukan hanya menyediakan informasi yang Anda butuhkan. Untuk kegiatan pembelajaran jarak jauh, Google sudah menyediakan Google Classroom. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan pastinya sangat efektif.

Aplikasi ini memudahkan guru untuk membuat kegiatan belajar jarak jauh menjadi efektif. Tidak seperti aplikasi Zoom, Google Classrom memungkinkan bagi guru untuk melakukan kegiatan belajar layaknya di kelas tanpa batas waktu maksimal. Biasanya, guru lebih senang menggunakan aplikasi ini karena sudah terintegrasi dengan layanan Google lainnya seperti Google Dokumen dan Google Drive.

Baca juga: Mencegah Anak Stress dengan Self Talk

 

3. Edmodo

jarak-jauh-online-sekolah-aplikasi-pembelajaran-video jarak-jauh-online-di-rumah

(Sumber foto: edtechdigest.blog)

Hampir sama dengan dua aplikasi sebelumnya. Edmodo aplikasi kelas virtual yang menghubungkan antara guru dengan murid. Guru bisa memberikan tugas tertulis kepada murid melalui aplikasi yang terhubung seperti Microsoft OneNote dan Microsoft Office.

Keunggulan aplikasi ini ialah, orang tua bisa menerima raport dalam bentuk digital yang akan dikirimkan oleh guru. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan progress perkembangan anak Anda saat belajar secara virtual di rumah. Ada rapor yang bisa diberikan dan pastinya komponen penilaiannya tidak jauh berbeda dengan rapor yang diterima pada umumnya.

 

4. Ruangbelajar

Ruangbelajar by Ruangguru

(Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Produk unggulan Ruangguru yang pastinya sudah tidak asing di telinga Anda, bukan? Banyak fitur canggih yang bisa dimanfaatkan oleh anak Anda untuk memahami berbagai macam konsep pelajaran. Fitur-fitur canggih tersebut antara lain video belajar dengan animasi, rangkuman yang lengkap, dan tentunya bank soal untuk latihan.

Bicara soal harga, mungkin Anda sudah tahu bahwa biaya langganan ruangbelajar itu sangat murah jika dibandingkan bimbingan belajar baik online atau pun konvensional. Banyak diskon yang ditawarkan tentunya menjadi alternatif pendamping kegiatan anak belajar di rumah.

 

Itulah 4 teknologi pembelajaran jarak jauh yang digunakan anak dalam kegiatan belajar di rumah. Mari dampingi anak Anda dalam kegiatan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan ruangbelajar. Info selengkapnya bisa klik banner di bawah ini.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Tedy Rizkha Heryansyah