Telah Hadir! ruangbelajar SMK Khusus untuk Kamu

Olivia Yunita Jul 9, 2020 • 4 min read


Telah Hadir! ruangbelajar SMK Khusus untuk Kamu

Artikel ini memperkenalkan fitur terbaru di aplikasi Ruangguru, yaitu ruangbelajar SMK

--

Berdasarkan data dari Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud, pada tahun ajaran 2018/2019 jumlah siswa baru SMK mencapai 1.769.639 siswa.  Jumlah tersebut jauh lebih banyak dibandingkan jumlah siswa baru SMA yang hanya 1.659.735 siswa.

Telah Hadir! ruangbelajar SMK Khusus untuk Kamu

Telah Hadir! ruangbelajar SMK Khusus untuk Kamu

Perbandingan jumlah siswa baru SMK dan SMA tahun ajaran 2018/2019 

Kemendikbud boleh berbangga atas pencapaian tersebut. Namun, hal itu ternyata belum sepenuhnya menghilangkan mitos negatif yang melekat pada SMK. Masih banyak orang yang menganggap kalau kualitas SMK tidak sebagus SMA, karena lebih sering praktik daripada teori menjadikan SMK dipandang sebelah mata dan kerap dijadikan pilihan kedua. Selain itu, banyak juga yang beranggapan bahwa siswa SMK adalah mereka yang tidak diterima di SMA.

Meskipun mitos negatif tentang siswa SMK sering terdengar, namun nyatanya siswa SMK juga bisa sukses kok. Siswa SMK juga punya kesempatan untuk terus meningkatkan prestasi dan mengejar impian setinggi mungkin. Baik itu langsung bekerja atau melanjutkan kuliah, kamu para siswa SMK bisa meraih apapun yang kamu inginkan bersama Ruangguru. 

Menjawab semua permintaan dari banyak siswa SMK di seluruh Indonesia, kini kamu siswa SMK juga bisa belajar di aplikasi Ruangguru. Kamu akan mendapatkan materi belajar terlengkap sesuai dengan kompetensi jurusan SMK yang kamu pilih.

Pada ruangbelajar SMK, kamu dapat memilih learning journey berdasarkan kelas, jurusan/kompetensi keahlian, dan mata pelajaran. Terdapat lima jurusan yang dikembangkan Ruangguru, antara lain Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), Multimedia (MM), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL), Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP), dan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP).

Jurusan yang ada di SMK

Jurusan SMK yang dikembangkan Ruangguru (Sumber: Instagram Ruangguru)

Pada ruangbelajar SMK ini, kamu bisa mengakses mata pelajaran yang akan diujikan pada Ujian Nasional seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Fisika, Kimia, Biologi, IPA Terapan, Ekonomi Bisnis, Sejarah Indonesia, PKN, dan Bahasa Inggris.

Telah Hadir! ruangbelajar SMK Khusus untuk Kamu

Mata pelajaran kelas X SMK jurusan Multimedia (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Selain mata pelajaran tersebut, juga terdapat mata pelajaran Kompetensi Keahlian yang disesuaikan dengan jurusan kamu. Misalnya kamu mengambil jurusan TKJ, pada kelas XI kamu akan bertemu dengan mata pelajaran Administrasi Sistem Jaringan, Teknologi Layanan Jaringan, Teknologi Jaringan Berbasis Luas, dan Administrasi Infrastruktur Jaringan.

Telah Hadir! ruangbelajar SMK Khusus untuk Kamu

Mata pelajaran kompetensi keahlian Kelas XI SMK jurusan TKJ (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Pada setiap mata pelajaran akan ada latihan topik yang bisa kamu kerjakan untuk mengasah kemampuanmu. Kamu dapat memulai latihan topik dari level mudah, sedang, sulit, dan HOTS. Agar materi yang kamu pelajari mudah diingat, pada ruangbelajar SMK, juga tersedia rangkuman berbentuk infografis yang bisa di download.

Telah Hadir! ruangbelajar SMK Khusus untuk Kamu

Mata pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMK jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Selain dua fitur tersebut, ada salah satu fitur ruangbelajar SMK yang berbeda dari ruangbelajar SMA, yaitu video materi dan pembahasan. Pada ruangbelajar SMK, video materi dan pembahasan akan disesuaikan dengan pilihan jurusanmu sehingga hal tersebut akan menunjang penguasaan keahlian terapan kamu.

Telah Hadir! ruangbelajar SMK Khusus untuk Kamu

Video materi dan pembahasan mata pelajaran Ekonomi Bisnis Kelas X SMK - BDP (Sumber: Aplikasi Ruangguru)

Nah, tunggu apalagi. Segera coba free trial dari ruangbelajar SMK. Pada free trial ini, kamu dapat menikmati fitur free videos, free first quizzes, dan free beberapa bank soal.  Tak hanya itu dapatkan diskon 60% untuk akses ke kelas SMK semua jurusan dengan kode diskon JADIJUARA.

Telah Hadir! ruangbelajar SMK Khusus untuk Kamu

Kode diskon ruangbelajar SMK (Sumber: Instagram Ruangguru)

Psst, ada kejutan lainnya untuk kamu. Kamu juga bisa mulai akses artikel materi pelajaran SMK secara gratis di ruangbaca, lho. Stay tuned!

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar