Teliti Informasi Lengkap Seleksi Mandiri SMUP UNPAD 2019

Shabrina Alfari

Jun 27, 2019 • 4 min read

Siap kuliah Ujian Mandiri


smup unpad 2019

Artikel ini membahas seleksi mandiri SMUP Unpad 2019, mulai dari tahapan ujian hingga tata cara pendaftaran

--

Apakah kamu calon mahasiswa UNPAD? Universitas Padjadjaran (Unpad) membuka seleksi jalur mandiri lewat Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP). Seleksi ini terbagi menjadi dua kelompok ujian, yaitu Saintek dan Soshum. Menurut website resminya, Unpad pada penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (S1) di tahun 2019 ini menetapkan daya tampung 25% untuk Seleksi Mandiri. Yuk, ketahui informasi lengkap mengenai SMUP Unpad 2019 berikut.

Tahapan Ujian

1. Skor UTBK

Tahap pertama seleksi Jalur Mandiri adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) mandiri melalui perangkat Android. Tes ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu Tes Kompetensi Akademik (TPA) dan Tes Potensi Skolastik (TPS).

Penilaiannya nggak hanya lewat skor total Squad, tapi juga dipertimbangkan pula nilai per subjek, terutama yang berkaitan dengan prodi yang diambil. Namun, hal ini tak menjadi unsur penilaian utama karena nilai lain tetap juga akan dipertimbangkan.

2. Tes TOEFL, Wawancara dan tes khusus 

Setelah kamu dinyatakan lulus seleksi tahap pertama, kamu harus mengikuti seleksi tahap kedua yang berupa tes TOEFL yang diselenggarakan oleh pusat bahasa Unpad dan wawancara dengan model wawancara mini (MMI) yang dilakukan masing-masing fakultas.

Ada pula tes khusus yang dilakukan oleh fakultas tertentu, yaitu Minessota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi, serta tes kemampuan renang untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

smup unpad 2019Sumber informasi: smup.unpad.ac.id

Tata Cara Pendaftaran

  1. Peserta akses ke laman http://pendaftaran-smup.unpad.ac.id untuk melakukan pendaftaran ke portal peserta SMUP. Data yang dibutuhkan adalah :
    1. Nama
    2. Nomor Ponsel
    3. Alamat Email
    4. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
    5. Mengisikan “Password” yang diinginkan untuk login ke portal peserta SMUP. (Password harap diingat, karena akan selalu digunakan untuk setiap mengakses/login ke laman portal peserta SMUP).
  2. Peserta login kembali ke laman pendaftaran (http://pendaftaran-smup.unpad.ac.id/) dengan menggunakan alamat email dan Password yang telah dibuat pada saat pendaftaran (Poin 1).
  3. Melakukan pengisian form pendaftaran secara online. Untuk mempercepat proses pengisian Biodata online sebaiknya calon peserta sudah mempersiapkan :
    1. Identitas pribadi
    2. Data keluarga
    3. Asal sekolah
    4. Data penghasilan orang tua
  4. Peserta memilih jenjang pendaftaran.
  5. Peserta memilih kelompok ujian (Soshum, Saintek). Peserta diperkenankan memilih kedua kelompok ujian tersebut.
  6. Peserta memilih Program Studi yang diinginkan, dalam setiap kelompok ujian dapat memilih 2 (dua) Program Studi.
  7. Peserta diharuskan melakukan pengecekan terhadap kesesuaian perangkat yang telah ditentukan oleh Unpad dengan cara unduh dan cek MAT Tools di perangkat dan mengisikan ID Perangkat yang didapatkan setelah melakukan pengecekan MAT Tools. Perangkat yang digunakan saat pendaftaran dan ujian HARUS SAMA
  8. Peserta melakukan konfirmasi terhadap data yang telah diisikan.
  9. Pengisian Biodata hanya diijinkan 1 (SATU) KALI saja, dan tidak diberikan fasilitas untuk melakukan perubahan/perbaikan (EDIT) isian Biodata terhadap data yang sudah diisikan secara online.
  10. Peserta akan memperoleh nomor tagihan biaya seleksi SMUP. Klik tombol “Simpan/Print”, setelah mencetak nomor tagihan tersebut selanjutnya peserta membayar tagihan biaya seleksi ke bank yang ditunjuk.
  11. Simpan dengan baik bukti pembayaran yang dimiliki.
  12. Peserta akan mendapatkan tanggal, sesi dan ruang untuk pelaksanaan ujian.
  13. Peserta login kembali untuk mendapatkan nomor dan kartu peserta ujian.

smup unpad 2019Wisuda Unpad (Sumber: jabarekspres.com)

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran yang harus kamu bayarkan untuk mengikuti SMUP sebesar Rp500.000, kecuali untuk pilihan prodi Pendidikan Dokter dan Prodi Kedokteran Hewan pada Fakultas Kedokteran, Prodi Pendidikan Dokter Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi, serta Prodi Perikanan dan Prodi Ilmu Kelautan pada Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebesar Rp600.000.

Biaya Kuliah

Seleksi mandiri Unpad tetap menitikberatkan pada kemampuan akademik, bukan sekadar kemampuan secara ekonomi. Mahasiswa yang diterima melalui Jalur Mandiri membayar biaya pendidikan sesuai dengan program pendidikan berdasar SK Rektor dengan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) tertinggi (UKT 5). Hanya saja, khusus mahasiswa yang masuk lewat jalur mandiri ada tambahan Dana Pengembangan (DP).

Rentang besaran DP antara lain minimum Rp20.000.000 hingga nilai maksimum Rp250.000.000 untuk program studi Saintek. Sedangkan untuk program studi Soshum, rentang besaran DP antara lain minimum Rp15.000.000 sampai dengan nilai maksimum Rp75.000.000.

Untuk calon mahasiswa yang terbukti berasal dari keluarga tidak mampu dapat mengikuti seleksi jalur mandiri serta tidak diwajibkan membayar biaya DP dan biaya UKT.

Squad, informasi lengkap lainnya bisa kamu lihat di laman resmi Unpad di http://smup.unpad.ac.id/. Yuk, periksa kembali jadwal dan semua tata cara pendaftarannya agar tidak ada yang terlewat. Selamat mendaftar Squad! Jangan lupa untuk terus menggunakan ruangbelajar selama mempersiapkan ujian ya.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts