Semua Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Program Kartu Prakerja

Naya Dini Mar 23, 2020 • 3 min read


kartu pra kerja

Masalah pengangguran di Indonesia adalah masalah krusial yang tidak pernah usai. Saat ini ada sebanyak 7 juta penduduk Indonesia yang menganggur dan 3,7 juta di antaranya berusia 18-24 tahun. Dari angka tersebut, sekitar 90% di antaranya tidak pernah mengikuti pelatihan dengan sertifikasi. Melihat angka ini, pemerintah membuat sebuah inisiatif dengan mengadakan Program Kartu Prakerja.

Pada tanggal 20 Maret 2020 lalu, Program Kartu Prakerja telah diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Airlangga Hartanto di Gedung Kemenko Perekonomian Republik Indonesia serta Dr.Moeldoko Kepala Staf Kepresidenan. Program ini ditangani langsung oleh Komite Cipta Kerja yang dibentuk melalui Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2020 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja.

Sebuah kehormatan bagi Skill Academy by Ruangguru karena telah dipercaya menjadi mitra resmi untuk menyediakan pelatihan baik online maupun offline kepada para peserta Program Kartu Prakerja.

 

Apa itu Program Kartu Prakerja?

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja untuk meningkatkan produktivitas & daya saing angkatan kerja melalui bantuan biaya pelatihan yang diberikan kepada semua orang yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah/kuliah. Program ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk setiap peserta.

Siapa yang dapat mengikuti Program Kartu Prakerja?

Program ini berlaku untuk peserta dari seluruh provinsi yang merupakan Warga Negara Indonesia, berusia di atas 18 tahun, dan tidak sedang bersekolah/kuliah. Program ini diprioritaskan untuk pencari kerja usia muda, akan tetapi pekerja maupun korban PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) juga dapat mendaftar.

Berapa banyak orang yang mendapatkan bantuan Program Kartu Prakerja?

Untuk tahun 2020, peserta dibatasi sebanyak 2 juta orang. 

Seperti apa bentuk bantuan biaya pelatihan Program Kartu Prakerja?

Masing-masing peserta akan diberikan kredit mulai dari Rp3-7 juta untuk mengikuti kursus di mitra resmi.

Seperti apa bentuk pelatihan Program Kartu Prakerja?

Peserta dapat mengikuti kursus yang disediakan di Skill Academy baik dalam bentuk online atau pun offline (melalui tatap muka di lokasi pelatihan).

Bagaimana caranya mengikuti pelatihan di Skill Academy dalam Program Kartu Prakerja?

Pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan ini:
  • Warga Negara Indonesia
  • Berusia di atas 18 tahun
  • Tidak sedang bersekolah/kuliah
  1. Daftarkan diri kamu di prakerja.go.id dan ikuti tesnya
  2. Tunggu verifikasi pendaftaran dan pastikan kamu sudah terverifikasi
  3. Buka skillacademy.com atau melalui app Skill Academy (Android) dan cari kelas yang mau kamu pelajari
  4. Bayar kelas kamu menggunakan Kartu Prakerja dan ikuti instruksi yang tersedia
  5. Kelas siap untuk kamu pelajari!
  6. Selesaikan kelasnya untuk mendapatkan sertifikat

Apa maksud dari Skill Academy telah menjadi mitra resmi Program Kartu Prakerja?

Dalam pelaksanaan program ini, Pemerintah menggandeng pihak swasta yang teruji telah menyediakan pelatihan digital untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi. Skill Academy by Ruangguru merupakan salah satu mitra resmi yang dapat dipilih oleh peserta untuk mengikuti pelatihan Program Kartu Prakerja.

Mengapa harus mengikuti pelatihan di Skill Academy?

Sejak dirilis pada tahun 2019, Skill Academy teruji telah membantu para profesional muda dalam meningkatkan kompetensinya melalui ratusan pelatihan online yang ada. Kelas-kelas di Skill Academy tersedia dalam berbagai kategori mulai dari technical skill seperti teknologi dan software, desain, bisnis dan keuangan, persiapan tes, pemasaran hingga soft-skill seperti pengembangan diri.

Keuntungan apa saja yang akan didapatkan jika mengikuti pelatihan di Skill Academy?

Pelatihan online di Skill Academy berbasis video dengan sistem micro-learning dan diajarkan langsung oleh pakar-pakar terbaik di industri. Setiap kelas juga dilengkapi dengan pre-test, post-test, rangkuman, hingga self-assessment agar peserta dapat berpartisipasi aktif meski pembelajaran dilakukan jarak jauh. Setelah menyelesaikan kelas, peserta akan mendapatkan sertifikat kelulusan dan sertifikat penyelesaian yang dapat diunduh dan dicetak. Semua kelas di Skill Academy dapat diakses seumur hidup dan peserta juga dapat mendapatkan bimbingan karier.

Sekarang sudah paham kan mengenai Program Kartu Prakerja? Kamu bisa mengikuti program ini dengan cara klik gambar di bawah ini. Kamu pun jadi #SiapKerja, #SiapDariSekarang!

prakerja

Beri Komentar