Ternyata Ini 3 Masalah Penyebab Pendaftaran UTBK 2019 Ditutup Sementara

Shabrina Alfari

Mar 4, 2019 • 2 min read

sbmptn


pendaftaran UTBK 2019

Artikel ini membahas tentang tiga masalah penyebab pendaftaran UTBK 2019 ditutup sementara berdasarkan surat pengumuman resmi LTMPT

--

Squad, apakah kamu sudah sempat mendaftar UTBK namun tidak bisa mengakses website resminya? Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SBMPTN 2019 untuk Gelombang I telah dibuka sejak hari Jumat, 1 Maret 2019 lalu melalui link pendaftaran-utbk.ltmpt.ac.id. Namun akibat sejumlah kendala teknis, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melakukan penutupan sementara pendaftaran UTBK SBMPTN 2019 hingga Senin, 4 Maret 2019, hari ini.

Melalui surat pengumuman resmi yang dikeluarkan pada 2 Maret 2019, disebutkan pendaftaran UTBK 2019 ditutup untuk sementara. Surat  tersebut ditandatangani oleh Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto. LTMPT menjelaskan dalam surat tersebut bahwa selama pendaftaran UTBK dibuka, dari 1 Maret hingga 2 Maret pukul 12.00 WIB, masih ditemui beberapa kendala teknis. Apa saja sih penyebab kendala atau masalah ini Squad?

pendaftaran UTBK 2019Surat Pengumuman Resmi LTMPT (Sumber: tempo.co)

1. Permasalahan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)

Menurut Ketua LTMPT Ravi Karsidi kepada Tempo, pihak LTMPT ingin mengintegrasikan data yang ada di pendaftaran SNMPTN dengan SBMPTN saat ini.

2. Sistem pembayaran host to host (H2H) ke bank mitra LTMPT

LTMPT menggandeng tiga bank mitra yang bisa dipilih untuk kamu melakukan pembayaran UTBK. Namun ternyata masih terjadi koordinasi yang kurang baik antara LTMPT dengan ketiga bank mitra ini yaitu Bank Mandiri, BTN, dan BNI. Hal ini menyebabkan timbulnya persoalan banyak anak-anak yang sudah bisa mencetak kartu peserta, sementara mereka belum membayar. Ravik Karsidi menjelaskan kepada Tempo bahwa sudah ada 12 ribuan orang total pendaftar yang telah mendapat kartu ujian tetapi belum membayar. Jumlah ini termasuk di antaranya peserta jalur Bidikmisi yang digratiskan pembayaran ujiannya.

pendaftaran UTBK 2019Pendaftaran UTBK 2019 ditutup sementara (Sumber: kurasidata.com)

3. Sistem tidak kuat menahan banyaknya calon peserta yang mendaftar di waktu bersamaan

Selain kedua masalah tadi, ternyata ada alasan lain yang membuat panitia atau LTMPT menutup sementara pendaftaran UTBK. Ravik Karsidi menyebutkan, dalam satu jam ada 96 ribu lebih calon peserta yang mendaftar ke laman LTMPT. Akibat banyaknya calon peserta yang ramai-ramai ingin segera mendaftar UTBK membuat sistem tidak kuat menahan.

Squad dalam pengumuman resmi LTMPT disebutkan bahwa bagi peserta yang sudah terlanjur mencetak kartu peserta tetapi belum membayar, maka harap melakukan LOGIN kembali untuk menyelesaikan pembayaran. Pendaftaran Gelombang I UTBK sendiri masih cukup panjang hingga 24 Maret 2019. LTMPT pun telah mengumumkan jika penutupan sementara ini hanya sampai 4 Maret 2019 pukul 08.00 WIB. Nah, apakah kamu sudah bisa mengakses kembali website resmi pendaftaran UTBK 2019?

Psst, jika sudah berhasil mendaftar, langkah selanjutnya adalah memantapkan kembali persiapanmu untuk menghadapi UTBK 2019 bersama ruangbelajar. Kamu juga bisa membaca analisis soal SBMPTN paling sering keluar di ruangbaca, lho.
ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts