Ternyata Ini Lho Rahasia Sukses Ujian Paket C

Trie Wulan Permatasari Jul 26, 2018 • 10 min read


paket c

Hai Squad! Masih ingat nggak kalau sejak Oktober 2017 lalu Ruangguru menjalankan program digitalbootcamp Paket C yang didukung oleh Pemerintah Australia, Atlassian Foundation dan Massachusetts Institute of Technology (MIT). Penasaran nggak sih gimana hasil dari program digitalbootcamp Paket C ini? Yuk, simak ceritanya!

Program digitalbootcamp Paket C (RGDB Paket C) yang berjalan sejak Oktober 2017 lalu ini berhasil membantu lebih dari 500 siswa kejar Paket C dari 22 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di wilayah Jabodetabek dan Bandung, untuk mendapatkan ijazah kesetaraan SMA dengan tingkat kelulusan 100%, lho. Sebagian besar teman-teman kejar Paket C yang belajar di PKBM ini berasal dari kalangan ekonomi kurang mampu, Squad. Ada yang tidak bisa lanjut sekolah karena tidak mampu membayar uang sekolah, ada yang harus bekerja untuk membantu ekonomi keluarga, dan ada juga yang saat sekolah terlibat dalam perkelahian dan masalah lainnya, sehingga harus dikeluarkan dari sekolah.

IMG20180225110412(Sumber: dok. Ruangguru)

Latar belakang teman-teman kejar Paket C yang berbeda dengan teman-teman lainnya di sekolah formal, mengharuskan pihak PKBM membuat penyesuaian dengan cara mengubah sistem dan jam belajar siswa. Beberapa PKBM menerapkan jadwal belajar pada malam hari. Beberapa lainnya menerapkan jam sekolah yang tidak sebanyak sekolah formal, dua sampai tiga hari dalam seminggu. Ada juga yang menerapkan pembelajaran mandiri. Namun hal ini belum cukup untuk meningkatkan hasil belajar siswa, apalagi banyak dari mereka yang motivasi belajarnya rendah. Butuh sesuatu yang lebih, hal baru yang dapat memecahkan permasalahan ini. Untuk itu, Ruangguru melalui program Ruangguru digitalbootcamp Paket C hadir sebagai solusi dari permasalahan siswa.

Melaui program dari Ruangguru ini, siswa dapat belajar mandiri secara online lewat smartphone masing-masing. Siswa juga dapat menyesuaikan kecepatan belajar mereka di sela-sela kesibukannya. Menarik ya? Lalu, sebenarnya seperti apa sih keseruan belajar di Ruangguru digitalbootcamp Paket C? Apakah benar-benar bisa meningkatkan nilai ujian Paket C? Yuk, kita cari tahu!

1. Tergabung di dalam group chat belajar

paket c

(Sumber: dok. Ruangguru)

Semua peserta digitalbootcamp Paket C ini akan tergabung dalam group chat belajar di Whatsapp. Satu group belajar berisi 25 orang dan didampingi oleh satu tutor dan satu fasilitator untuk  menjawab semua pertanyaan dan memotivasi teman-teman Paket C. Di dalam group chat ini, tim Ruangguru sudah menyiapkan aktivitas belajar yang seru, mulai dari kuis dan tebak-tebakan di awal sesi, membahas modul belajar, sampai latihan soal bersama. Selain bisa tanya-tanya sama tutor sepuasnya, berkat group chat ini, teman-teman Paket C ini juga mendapatkan teman-teman baru seperjuangan supaya belajarnya makin asyik. Setiap kali teman-teman Paket C aktif berpartisipasi dalam diskusi group, mereka juga akan mendapatkan poin yang dapat diakumulasi; peserta dengan poin tertinggi akan dapat hadiah. Seru ‘kan? Aktivitas group chat yang beragam ditambah sistem poin ini cocok banget lho buat teman-teman Paket C, Squad. Terbukti dari banyaknya teman-teman Paket C yang aktif berdiskusi setiap bulannya, apalagi menjelang waktu-waktu ujian.

2. Akses ke ruangbelajar

paket c

(Sumber: dok. Ruangguru)

Teman-teman Paket C juga mendapatkan akses ke video belajar, kuis, dan rangkuman di fitur ruangbelajar di aplikasi Ruangguru. Video belajar di ruangbelajar ada yang berisi penjelasan konsep dengan animasi dan ada juga yang berisi pembahasan soal. Setiap video yang ada di ruangbelajar dirancang singkat, padat, dan jelas, serta dibantu dengan warna-warna dan visualisasi agar pengguna tetap fokus dan tidak bosan menghabiskan waktu untuk belajar. Keren ‘kan? Setelah menonton video belajar, teman-teman paket C bisa mengerjakan kuis dan latihan soal untuk menguji pemahaman akan materi belajar sebelumnya. Kuis dan latihan soal ini dilengkapi dengan pembahasan juga lho Squad! Lalu, bagaimana kalau teman-teman kuota internetnya terbatas? Jangan khawatir! Untuk teman-teman Paket C, Ruangguru juga memberikan paket Ruangguru On-The-Go! (OTG) kepada seluruh peserta. Paket ini berisi study kit, merchandise Ruangguru, dan USB OTG yang dapat dikoneksikan ke handphone pengguna untuk menonton video belajar bebas kuota. Wah, inovatif sekali ya Squad!

3. Try out di ruanguji

paket c

(Sumber: dok. Ruangguru)

Agar persiapan menghadapi USBN dan UN Paket C lebih maksimal, Ruangguru juga memberikan try out secara berkala yang dapat diakses melalui fitur ruanguji di aplikasi Ruangguru. Soal-soal yang ada di ruanguji sudah disesuaikan dengan kisi-kisi serta cara pengerjaan UNBK Paket C dan mencakup semua mata pelajaran yang diujikan, mulai dari Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, Fisika, Ekonomi, Geografi, Sosiologi sampai Kewarganegaraan. Berbeda dari yang lain, setelah mengikuti try out di ruanguji, teman-teman tidak hanya tahu nilai dan pembahasan soal saja, tetapi juga seberapa cepat mereka menjawab soal, peringkat, serta topik kekuatan dan kelemahan mereka. Hasilnya, teman-teman jadi lebih mudah menentukan materi mana saja yang harus mereka pelajari lebih dalam.

Try out di ruanguji sangat membantu mereka lho, apalagi sekarang lebih dari 90% siswa Paket C ujiannya sudah berbasis komputer alias sudah UNBK. Dengan ruanguji, teman-teman yang sebelumnya harus datang jauh-jauh ke sekolah lain untuk melakukan simulasi karena PKBMnya belum mempunyai komputer, kini bisa mencoba sendiri di rumah dengan HP atau komputer masing-masing.

4. Kegiatan motivasi dan pembekalan kerja

paket c

(Sumber: dok. Ruangguru)

Nah, untuk menghadapi ujian, penting banget nih, Squad, untuk selalu menjaga motivasi agar tetap semangat belajar. Untuk itu, tim Ruangguru juga menggelar “Roadshow to PKBM” di mana tim kita datang langsung ke 20 PKBM partner untuk memberikan semangat agar teman-teman Paket C lebih percaya diri dalam meraih cita-cita. Dalam salah satu rangkaian acara, Ruangguru mendatangkan seorang alumni yang dulunya pernah putus sekolah akibat terhalang masalah ekonomi, namun sekarang ia telah berhasil masuk ke salah satu fakultas unggulan di Universitas Indonesia.

Selain motivasi, karena sebagian besar siswa RGDB Paket C ingin bekerja setelah lulus sekolah, maka Ruangguru juga menyediakan materi seputar persiapan kerja dan pengembangan softskill melalui web seminar. Materi yang disampaikan seperti pengenalan diri, perencanaan keuangan, public speaking, kerja sama tim, sampai persiapan membuat CV dan wawancara kerja. Teman-teman Paket C paling suka dengan materi seputar persiapan kerja Squad, karena paling cocok dengan kebutuhan mereka. Malahan, tidak jarang, lho, ada teman-teman Paket C yang dapat bimbingan khusus 1-on-1 untuk persiapan melamar kerja di perusahaan impian. Komplit ya!

Gimana sih hasil program RGDB Paket C ini?

Dengan adanya inovasi belajar dari Ruangguru yaitu program RGDB Paket C ini, siswa mengaku sangat senang dan terbantu karena mereka bisa belajar di mana dan kapan saja sesuai keinginan. Mereka menyadari bahwa ternyata teknologi tidak hanya dapat digunakan sebagai alat komunikasi saja, tetapi juga dapat mempermudah kegiatan sehari-hari mereka, termasuk belajar. Tentunya dengan pelatihan terlebih dahulu. Melalui bantuan teknologi, mereka dapat memahami konsep pelajaran dengan lebih cepat berkat adanya fitur-fitur terbaru dari Ruangguru.

IMG20180222154424(Sumber: dok. Ruangguru)

Dari 500 peserta RGDB Paket C, 100% alias semuanya dinyatakan lulus UNBK, bahkan ada sembilan siswa yang juga berhasil tembus SBMPTN, lho! Mereka diterima di berbagai universitas seperti Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Berdasarkan hasil survei, sebanyak 22,2% siswa RGDB Paket C lolos ke perguruan tinggi dan 16,7 % juga sudah mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik. Luar biasa ya Squad! Meskipun teman-teman Paket C ini sering dicap sebagai siswa bermasalah, namun, dengan dukungan motivasi dan pembelajaran tambahan dari RGDB Paket C mereka akhirnya berhasil bangkit untuk meraih cita-cita. Kamu jangan mau kalah Squad! Yuk, terus semangat belajarnya!

Walaupun program ini dapat dikatakan berhasil, namun tetap saja kita menghadapi beberapa kendala selama prosesnya, Squad. Salah satu yang paling menantang adalah motivasi siswa yang rendah. Banyak dari mereka yang sudah kehilangan rasa percaya diri dan semangat. Beberapa diantara mereka bahkan mengakui bahwa mereka sudah tidak punya mimpi, sudah tidak berani bermimpi lagi. Alhasil mereka malas untuk datang ke sekolah termasuk menghadiri sesi belajar online di Ruangguru digitalbootcamp.

Untuk menghadapi tantangan ini kita mencoba beberapa cara. Salah satunya adalah dengan berkunjung ke PKBM untuk memberikan semangat. Setelah kegiatan ini mereka mengaku bahwa semangat mereka untuk mencapai cita-cita kembali menyala. Selain itu dalam rangka meningkatkan keaktifan mereka di group chat belajar, Ruangguru memberikan reward kepada siswa-siswa yang meraih poin keaktifan paling tinggi setiap bulannya. Langkah ini terbukti efektif dapat meningkatkan keaktifan siswa hingga 4 kali lipat, lho squad!

Keseruan Ruangguru digitalbootcamp akan berlanjut di tahap 2!

Program Ruangguru digitalbootcamp Paket C yang diselenggarakan oleh Ruangguru akan kembali diadakan tahun ini, lho! Jika sebelumnya program ini lebih fokus pada persiapan siswa dalam menghadapi UNBK, tahun ini kita menambahkan beberapa sub-program, seperti:

1.Materi pengembangan soft skill dan persiapan kerja.

Mengingat banyaknya siswa Paket C yang ingin bekerja selepas lulus ujian Kejar Paket C, maka kita juga memberikan berbagai tambahan materi pengembangan soft skill dan persiapan kerja.

Salinan DSC00552

(Sumber: dok. Ruangguru)

2. Materi Motivasi

Dalam rangka meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa, kita menyediakan materi-materi yang bertujuan untuk kembali mengobarkan semangat dan menginspirasi mereka agar selalu berusaha menggapai cita-cita yang telah lama terpendam.

3. Pelatihan untuk guru PKBM

Kita sadar bahwa peran guru di PKBM sangatlah besar dalam meningkatkan kualitas belajar siswa. Oleh karena itu, kita juga akan memberikan pelatihan kepada guru PKBM agar dapat menyampaikan materi pelajaran yang sesuai dengan perkembangan kurikulum saat ini serta metode yang sesuai dengan tipe belajar siswa.

Tidak hanya tiga poin di atas saja, Squad. Pada tahun ini, kita juga akan kembali menggaet PKBM yang ada di beberapa wilayah Indonesia, seperti Pulau Sumatera dan Jawa Tengah. Keren ‘kan, Squad? Ayo, terus dukung Ruangguru untuk melakukan pemerataan kualitas pendidikan di Indonesia.

Beri Komentar