Apa itu Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK 2020?

TPS UTBK

Artikel ini menyediakan informasi tentang Tes Potensi Skolastik (TPS) pada UTBK 2020

--

Tepat pada Senin, 6 April 2020 kemarin, pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan melalui Surat Edaran (SE) Tim Pelaksana LTMPT Nomor: 11/SE.LTMPT/2020 tentang Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020. Apakah kamu sudah membacanya? Informasi tersebut menyatakan bahwa dengan memperhatikan situasi nasional akibat wabah COVID-19, maka jadwal UTBK ditunda dan materi tes yang diujikan hanya Tes Potensi Skolastik (TPS).

Nah, bagi yang akan mengikuti tes masuk PTN di tahun ini tentunya sudah harus menguasai betul mengenai jenis tes ini, adakah yang masih bingung? Kalau iya, yuk baca artikel ini sampai habis! Dijamin kamu akan jauh lebih paham. Menurut situs ltmpt.ac.id, TPS mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

TPS UTBK 2020

Adapun pembagian 4 sub tes pada TPS UTBK, sebagai berikut:

1. Tes Potensi Skolastik - Penalaran Umum

Terdiri dari tiga subtopik yaitu:

  • Kesesuaian pernyataan yang menuntut penalaran seseorang dalam memahami isi teks/tabel/diagram/grafik (sesuai konteks paragraf).
  • Simpulan logis untuk menyimpulkan secara logis sesuatu yang mungkin terjadi berdasarkan isi teks.
  • Penalaran analitik yang menyediakan soal-soal dan meminta peserta menganalisis  serta menjawab soal berdasarkan data yang telah disediakan

2. Tes Potensi Skolastik - Pemahaman Bacaan

Terbagi menjadi dua subtopik yaitu:

  • Pemahaman isi bacaan yang menguji peserta dalam membaca, mencermati, serta memahami isi teks secara utuh.
  • Penalaran kebahasaan dalam memahami kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Ulasan mengenai Tes Potensi Skolastik (Sumber: youtube.com/ruangguru)

3. Tes Potensi Skolastik - Pengetahuan Umum

Dibagi menjadi empat subtopik, yaitu dua subtopik bahasa Indonesia dan dua subtopik bahasa Inggris.

  • Bahasa Indonesia dengan soal-soal yang melingkupi seputar ide pokok, simpulan, kelemahan dan kelebihan paragraf, serta hubungan isi antarparagraf. Serta seputar penulisan kata, penggunaan tanda baca, makna kata, kalimat efektif, konjungsi, serta kata ganti.
  • Bahasa Inggris yang mengharuskan peserta memahami inti atau informasi utama bacaan. Serta mampu membuat kesimpulan berdasarkan fakta-fakta atau informasi yang ada pada teks. 

4. Tes Potensi Skolastik - Pengetahuan Kuantitatif

Nah, ini bagian yang menurut calon peserta TPS UTBK dianggap paling sulit untuk ditaklukkan. Sebenarnya apa saja sih yang dibahas? 

  • Pilihan ganda dengan tipe soal mengenai logika dasar dan matematika dengan level dasar.
  • Pilihan (1), (2), (3), dan (4) yang menyediakan pertanyaan dan 4 informasi. Peserta menjawab informasi mana yang benar, berdasarkan pernyataan yang diberikan.
  • Analisis kecukupan data yaitu sebuah pertanyaan dan 2 informasi. Lalu, menganalisis informasi mana yang dibutuhkan, sehingga pertanyaan dapat terjawab.
  • Analisis perbandingan dua nilai adalah sebuah informasi dan dua buah variabel (misal P dan Q). Umumnya, variabel P nilainya dicari berdasarkan informasi yang diberikan dan variabel Q nilainya diberikan. Peserta menentukan hubungan antara variabel P dan Q, mana yang lebih besar nilainya.

Jika sudah paham dengan jenis TPS UTBK, tinggal bersiap untuk daftar nih! Ada yang masih belum tahu bagaimana tahapan UTBK 2020? Coba perhatikan infografik berikut.

Kamu juga perlu tahu dan memperhatikan poin-poin ketentuan berikut ini sebelum mengikuti ujian. 

  1. Siswa SMA/MA/SMK kelas 12 pada tahun 2020 atau peserta didik Paket C tahun 2020.

  2. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2018 dan 2019 atau lulusan Paket C tahun 2018 dan 2019.

  3. Peserta yang akan memilih prodi Saintek atau Soshum hanya akan mengerjakan soal TPS.

  4. Hasil UTBK tahun 2020 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2020.

  5. Setiap peserta hanya diijinkan maksimal mengambil 1 (satu) kali tes.

  6. Pelaksanaan tes dilaksanakan dalam 4 (empat) sesi setiap hari.

  7. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 oleh peserta dilakukan satu kali/bersamaan, peserta harus memilih lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN dan Program Studi tujuan.

  8. Jadwal kegiatan UTBK-SBMPTN 2020 adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN: 2-20 Juni 2020

  • Pelaksanaan UTBK: 5-12 Juli 2020

  • Pengumuman SBMPTN: 25 Juli 2020

Nah, untuk membantu kamu dalam mempersiapkan TPS UTBK di SBMPTN 2020 ini, Ruangguru menyediakan paket khusus SBMPTN dengan kumpulan video animasi, latihan soal, dan pembahasannya. Serta situs khusus yang akan selalu update mengenai persiapan ujianmu yang tinggal hitungan bulan ini! Mulai dari jadwal, tata cara, latihan soal, dan referensi jurusan. Intip dan pelajari tps.ruangguru.com sekarang! 

TPS UTBK 2020

Beri Komentar