Testimoni Program Kartu Prakerja X Skill Academy dari Para Karyawan dengan PHK

Ruangguru May 3, 2020 • 4 min read


kartu prakerja

 Artikel ini memuat testimoni dari para pengguna Skill Academy dalam program Kartu Prakerja.

--

Di tengah masa wabah seperti yang terjadi saat ini, kemungkinan adanya Pemutusan Hubungan kerja (PHK) sangat besar terjadi. Sudahkah Anda tahu, Skill Academy dari Ruangguru melalui program Kartu Prakerja, turut memberikan pelatihan secara online bagi mereka yang terdampak? Lalu, apa kata mereka yang sudah mengikuti proses belajar di platform ini. Berikut testimoninya, silakan disimak.

1. Everly, 19 tahun

WhatsApp Image 2020-04-30 at 17.06.06

“Sebelumnya saya kerja untuk penagihan online dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tapi sejak akhir Maret kemarin diberhentikan gara-gara wabah COVID-19. Untungnya, bulan lalu saya sempat digaji. Lalu, karena wabah seperti ini saya memutuskan ikut program Prakerja saja. Saya pun lihat-lihat kelasnya di Skill Academy. Kenapa, Skill Academy? Karena review dari teman-teman, mereka bilang bagus. Dan, karena saya juga memang tau platform ini milik Ruangguru, terkenal mengajarkan materi-materi yang bagus juga.

Beberapa kelas yang ada di situ, saya rasa sudah cukup mengerti. Tapi, ada yang menarik untuk dipelajarin dan sesuatu yang baru buat saya, yaitu menulis konten. Saya langsung ambil paketnya yang terdiri dari berbagai kelas sekaligus. Sempet diyakinin lagi sih, kenapa mesti ambil yang paketan, kenapa bukan yang per kelas aja. Pertama, saya nggak mau lagi milih-milih kelas dari mitra penyedia pelatihan lainnya. Kedua, supaya makin banyak ilmu terkait pembuatan konten yang bisa didapat.

Saya bener-bener diajarin dari nol gimana cara menulis konten, cara-cara, strateginya, semuanya deh! Pengajarnya good-looking, gak bertele-tele, dan saya cepet ngerti. Ini bermanfaat banget, dan sebenernya akan lebih kerasa lagi ketika nanti dapat kerjaan yang bersinggungan sama bidang ini. Cuma kan karena sekarang masih wabah, belum dapat pekerjaan lagi, saya bisa praktek dulu di sosial media sendiri. Mencoba-coba bagiin info mengenai corona ini. Buat saya, ilmu pelatihan ini yang utama. Apalagi, saya juga masih muda. Insentif setelah ikut kelas Prakerja itu anggap aja bonusnya.” 

2. Irvan, 29 tahun

program kartu prakerja

“Saya seorang sales yang pekerjaannya terdampak wabah corona, sekarang saya dirumahkan. Saya pun ikut program Prakerja dan memilih Skill Academy sebagai mitra pelatihan, karena kelasnya lebih mudah dipahami dan durasi-durasi videonya tidak terlalu lama, bisa lebih dicermati. Saya paling suka di pelatihannya itu juga bisa ikut ujian/exam dan diberikan sertifikat. Jadi, selain menambah wawasan dan keterampilan saya tentang berkomunikasi untuk mendapatkan penghasilan tambahan di kehidupan sehari-hari, saya pun bisa evaluasi diri sendiri.

Sekarang, saya sedang mencoba untuk jualan online dengan cara-cara yang diberikan dalam pelatihan, dan juga belajar menerapkan negosiasi di kehidupan sehari-hari. Saya juga mengajak teman-teman yang lain untuk ikut Prakerja, dengan belajar yang lebih mudah dimengerti dan waktu belajarnya juga tidak terikat, ya fleksibel lah istilahnya. Jadi belajar bisa selesai, tidak terkendala apapun.”

3. Dwi, 25 tahun

program kartu prakerja

“Profesi saya saat ini sebagai sales salah satu hotel di Bali, tapi karena sedang dalam kondisi COVID-19 jadi sekarang sedang dirumahkan. Bener-bener gak ada penghasilan tiap bulan dari tempat kerja yang itu. Saya ikut pelatihan Prakerja tentang copywriting di Skill Academy, itu ilmunya lumayan kepake dalam situasi seperti ini.

Saya mencoba jualan online kecil-kecilan dengan jual makanan jadi (lauk pauk). Ilmu yang saya dapatkan dari copywriting itu bisa saya gunakan untuk bikin caption di Instagram. Hasil belajar dari situ, saya jadi bener-bener nangkep oh iya gak bisa cuma bilang kalo saya jual lauk-lauk yang enak, tapi harus bener-bener menggambarkan kalau yang saya jual itu memang menjawab kebutuhan orang-orang.”

Nah, sekarang bagaimana dengan Anda? Apa pengalaman dari memanfaatkan Skill Academy dalam program Kartu Prakerja? Sampaikan di kolom komentar ya! Bagi yang belum sempat lolos di gelombang sebelumnya, cukup dengan mengikuti kembali gelombang yang tersedia tanpa harus memasukkan data kembali!

prakerja

Beri Komentar