Tiga Kampus Ini Sudah Ada Sejak Tahun 1800an Lho!

Ruangguru Mei 9, 2016 • 4 min read


Kamu kelas XII dan baru saja menerima hasil kelulusan SMA?

Taraaa.. Bagaimana hasilnya? Semoga siswa-siswi SMA di seluruh Indonesia dapat lulus 100% ya!

Ingat, perjuangan kamu belum selesai sampai kelulusan saja lho! Setelah ini, kamu akan dihadapkan dengan ujian masuk perguruan tinggi seperti SBMPTN dan juga Ujian Masuk Mandiri. Pastinya kamu ingin masuk ke kampus impian, bukan?

Memiliki kampus impian adalah harapan setiap pelajar. Namun, sebagai calon mahasiswa yang baik tidak ada salahnya lho belajar mengenal kampus impian kamu. Nah, dalam artikel ini Ruangguru.com mau berbagi tentang 3 Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk daftar 3 kampus tertua di Indonesia. Kampus mana saja ya? Simak yuk!

Universitas Indonesia

UI Foto: wikipedia

Tahukah kamu bahwa Universitas Indonesia atau sering dikenal dengan UI merupakan kampus tertua di Indonesia? Yup, kampus ini berdiri sejak tahun 1851 oleh pemerintah kolonial Belanda (VOC). Saat itu, UI didirikan dengan tujuan untuk memenuhi tenaga asisten dokter tambahan.

Sebagai Sekolah Kedokteran pertama di Indonesia, pelajar dilatih selama dua tahun untuk mendapatkan gelar Dokter Jawa. Pada tahun 1875, gelar tersebut berubah menjadi “Dokter Medis” dengan lama pendidikan 7 tahun. Inilah yang menjadi penyebab pendidikan kedokteran di Indonesia saat ini berlangsung selama 6 sampai 7 tahun. Selain sebagai Fakultas Kedokteran pertama, UI juga menjadi Sekolah Hukum pertama di Indonesia yang kini disebut dengan Fakultas Hukum UI (FH UI).

Penggunaan nama Universitas Indonesia sendiri tidak serta-merta langsung menggunakan nama tersebut, ada sejarah panjang di belakang pembentukan universitas ini. Nama Universitas Indonesia ini resmi digunakan pada tahun 1950 dengan rektor pertamanya Ir. R.M. Pandji Soerachman Tjokroadisoerio.

 

UNIVERSITAS INDONESIA (1)

Universitas Airlangga terletak di Kota Surabaya. Universitas ini merupakan universitas tertua kedua di Indonesia yang sekaligus pertama di Jawa Timur. Didirikan pada tahun 1913 dengan nama Nederlandsch Indische Artsen School (NIAS) oleh pemerintah kolonial Belanda. Pembentukan NIAS ini atas dasar keinginan pemuda Indonesia untuk mendapatkan pendidikan sebagai ahli praktik kesehatan. Oleh karena itu, dibentuklah NIAS sebagai tempat pendidikan dokter di Surabaya.

Airlangga Foto: warkopkampung

Pada perkembangannya, sekolah ini berubah menjadi Universitas Airlangga (Unair) pada tahun 1954 dengan rektor pertamanya Prof. Mr. A.G. Pringgodigdo. Perbedaan sekolah di Unair dengan di UI waktu itu adalah Unair tidak hanya memiliki ilmu kedokteran umum, tetapi juga memiliki ilmu kedokteran gigi. Hal ini menjadikan sekolah ini sebagai Sekolah Kedokteran Gigi pertama di Indonesia. Selain itu, karena Unair memiliki program studi medis terlengkap di Indonesia, maka kampus ini juga dikenal sebagai kampus spesialis ilmu medis.

 

INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Salah satu kampus yang menjadi favorit dan tujuan pelajar melanjutkan studi pendidikan tinggi ini berlokasi di Bandung. Berdiri pada tahun 1920 dengan nama Technische Hoogeschool te Bandoeng oleh pemerintah kolonial Belanda. Berbeda dengan kedua kampus sebelumnya yang memiliki tujuan utama dan fakultas pertama di bidang kesehatan, sekolah ini justru dibentuk untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik akibat pecahnya Perang Dunia Pertama.

ITB Foto: kaskus

Pada tahun 1959, pemerintah Indonesia meresmikan sekolah ini dengan nama Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan rektor pertamanya Prof. Ir. R. Soemono. Peresmian ini membawa misi pengabdian ilmu pengetahuan dan teknologi, yang berpijak pada kehidupan nyata bagi kehidupan dan pembangunan bangsa yang maju dan bermartabat.

 

Bagaimana teman-teman, dari ketiga kampus di atas adakah yang menjadi kampus impianmu? Pastinya kamu sudah tidak sabar lagi kan untuk masuk dan memulai suasana belajar baru di tempat baru? Persiapkan diri kamu dengan baik ya? Pastikan kamu sudah siap untuk menggapai kampus impianmu.

Cheers!

Beri Komentar