Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi|Ekonomi Kelas 10

Raisha Fatya Okt 8, 2017 • 4 min read


Ekonomi Kelas 10 : Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi

Hayooo, siapa nih diantara RG Squad yang suka belanja? Aktivitas belanja dan bekerja merupakan kegiatan ekonomi. Nah, ternyata dalam ilmu ekonomi, ada banyak istilah yang perlu kamu ketahui, nih. Pertama, kenali dulu dua situasi yang menggambarkan prinsip ekonomi, yuk!

1) usaha yang dilakukan untuk mendapatkan hasil sebesar-besarnya dengan alat yang ada, dan

2) usaha untuk mendapatkan hasil tertentu dengan biaya seminimal mungkin.

Nah, kalau Tindakan ekonomi didefinisikan sebagai kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya.

prinsip ekonomi

Ini nih, contoh dari tindakan ekonomi yang berlandaskan prinsip ekonomi

  1. Ibu rumah tangga yang membeli beras di pasar karena harganya lebih murah jika dibandingkan dengan membeli di pasar swayalan
  2. Wanita karir yang memilih untuk membeli tas melalui online shopping dibandingkan konvensional karena akan mendapat diskon 20%.

Squad, ada beberapa ciri dari tindakan ekonomi yang didasari oleh prinsip ekonomi lainnya. Seperti misalnya, mengutamakan kebutuhan yang bersifat penting dan mendesak, hemat, melakukan tindakan ekonomi dengan pertimbangan yang matang, dan juga memikirkan keuntungan dan kerugian.

MOTIF EKONOMI

Nah, kalau sudah paham apa itu tindakan dan prinsip ekonomi, lalu, apa ya yang dimaksud motif ekonomi? Motif ekonomi adalah alasan yang mendorong seseorang untuk melakukan tindakan ekonomi. Sederhananya seperti ini Squad, misalnya kamu ingin membeli satu barang yang sudah kamu idamkan, pastinya kamu akan bekerja dan mengumpulkan uang, kan? Nah, “bekerja” itu termasuk ke dalam tindakan ekonomi, sementara “membeli barang-barang”-nya adalah motif ekonominya.

Secara umum, ada 2 jenis motif ekonomi, yaitu motif intrinsik dan motif ekstrinsik

motif ekonomi intrinsik dan ekstrinsik

Contoh motif ekonomi yang dilakukan produsen adalah:

  1. Mencari Laba
  2. Motif Kekuasaan
  3. Memperoleh Penghargaan
  4. Motif sosial/ menolong sesama

Sementara, contoh motif ekonomi yang dilakukan oleh konsumen adalah:

  1. Memperoleh kepuasan yang optimal
  2. Agar dapat bertahan hidup
  3. Agar diterima di lingkungan masyarakat
  4. Untuk menaikkan status sosial

Gimana Squad? Sudah mengerti kan tentang konsep prinsip, tindakan, dan motif ekonomi ini? Kalau kamu ingin mempelajari materi lain? Yuk ikut gabung bersama teman-teman lain dari seluruh Indonesia di Ruangguru Digital Bootcamp. Di sana, kamu bisa dengan leluasa bertanya kepada tutor handal yang selalu stand by, lho!

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar