Tingkatkan Kemantapanmu Menghadapi SIMAK UI dengan Tips Berikut Ini

Ruangguru writer Mei 15, 2017 • 5 min read


Seperti kata pepatah "banyak jalan menuju Roma," maka berbagai cara dapat ditempuh demi jurusan dan universitas impian kamu. Apakah kamu salah satu pejuang Universitas Indonesia (UI) juga?

Agar bisa menjadi bagian dari mahasiswa UI, kamu dapat mengikuti seleksi jalur undangan maupun jalur ujian tulis. Ada tiga program dengan skema jalur undangan yaitu, seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN), prestasi dan pemerataan kesempatan belajar (PPKB) UI, dan talentscouting. Sementara, melalui jalur tulis terdapat seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan seleksi masuk (SIMAK) UI. 

SIMAK UI - Salah satu sudut Danau UI Salah satu sudut Danau UI. (Sumber: okezone.com) 

Bila jalur undangan hanya terbatas diikuti oleh siswa dari sekolah tertentu, maka jalur tulis lebih terbuka tanpa memandang asal sekolah. Hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk SBMPTN sudah pernah ditulis di sini. Nah, lalu bagaimana dengan SIMAK UI? Coba buka halaman ini untuk mengetahui informasi penting SIMAK UI 2017. Kali ini, Ruangguru akan berbagi tentang apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menyongsong SIMAK UI 2017 Minggu (21/05) nanti.

Sebelum Ujian

1. Mantapkan materi

Kamu akan menghadapi serangkaian soal dalam SIMAK UI nanti, maka mempersiapkan materi yang bakal diujikan itu wajib. Secara umum,  soal-soal SIMAK UI relatif sama dengan SBMPTN ditambah variasi kesulitan tertentu. Panitia telah membagi soal-soal SIMAK UI di laman resmi mereka kok. Coba cermati dan biasakan diri dengan pola soal yang pernah keluar. Karena ada kesamaan sifat dengan SBMPTN, kamu bisa melihat cara penyelesaian soal di RuangVideo lho.

2. Siapkan stamina

Ingat, dalam ujian nanti kamu dihadapkan pada sejumlah soal dengan waktu pengerjaan terbatas. Pastikan energi kamu dalam keadaan full charge ya. Cukupkan istirahat tidur kamu semalam sebelum hari ujian SIMAK UI. Oh iya, sempatkan sarapan pagi juga, smart buddies. Jangan sampai fokus kamu terganggu karena perut keroncongan.

3. Lengkapkan senjata

Di ujian nanti kamu akan mengisi lembar jawab komputer (LJK) lho. Pensil, rautan, penghapus, serta papan jalan jangan sampai tertinggal ya. Biasanya banyak pedagang yang akan menjajakan segala kebutuhan tadi di tempat ujian, namun alangkah lebih baik jika kamu sudah mempersiapkannya dari rumah.

4. Genapkan dengan restu orang tua

Sebelum berangkat bertempur, beri kabar orang tua kamu ya. Minta doa dan restu dari mereka supaya dipermudah jalan perjuangan kamu. 

simak ui - salim tangan orang tua
Salim tangan orang tua. (Sumber: blogspot.com)

Sebelum Ujian (1)

1. Tenangkan diri

Wajar bila gugup menyerang selama ujian. Namun jangan sampai hal ini mengambil kendali kamu, smart buddies. Coba hirup nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Ketenangan pikiran akan  mudah memfokuskan diri. Kamu pasti bisa! 

2. Atur dan patuhi strategi waktu

Boleh saja menargetkan diri untuk menjawab semua soal, asal kamu tidak menjadikan hal ini sebagai beban ya. Raup sebanyak mungkin peluang dari soal-soal yang sudah kamu yakini jawabannya. Lewati soal-soal yang menurut kamu sukar. Bila masih ada waktu, ulik kembali soal yang belum terjawab. Ingat, jawaban salah akan membuatmu kehilangan 1 poin. Jangan asal menjawab ya.

3. Check & recheck

Menurut panitia penyelenggara, 15% peserta SIMAK UI gagal karena ketidaklengkapan administrasi. Hal-hal teknis seperti pengisian lembar jawab itu penting diperhatikan lho. Sebelum keluar ruang ujian, pastikan nomor ujian dan nama di lembar jawab terbaca jelas ya. Cek juga jawaban-jawaban yang kamu pilih, apakah sudah cukup hitam dan penuh agar terbaca komputer? 

SIMAK UI - Check and recheck Check and recheck. (Sumber: blogspot.com) 

Sebelum Ujian (2)

Seluruh usaha sudah kamu kerahkan untuk ujian kali ini, maka jangan lagi memikirkan SIMAK UI ini terlalu berat. Sekarang adalah saatnya kamu berdoa supaya tidak ada permasalahan teknis yang membuat lembar jawabmu hilang atau tidak terbaca. Intinya, tidak ada usaha yang berakhir sia-sia. Be an optimist!

Apakah kamu mahasiswa jaket kuning selanjutnya? Kamu sudah mempersiapkan apa saja nih? Belajar SBMPTN bisa lebih mudah dengan ruangbelajar Squad. Karena ada ribuan video pelajaran dan latihan soal loh(NM/DR)

ruangbelajar

Beri Komentar