Lakukan 4 Langkah Ini untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Mu!

Yuza Mulia Agu 18, 2015 • 3 min read


The more that you read, the more things that you know.
The more that you learn, the more place that you go.

- Dr Seuss

Membaca adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Lebih dari itu, pemahaman dalam membaca jauh lebih penting. Kemampuan yang baik dalam memahami bacaan dapat kita dapatkan dengan banyak latihan. Bukan sekedar memperbanyak kosa kata dan mempelajari struktur kaliat serta ungkapan, cara memahami bacaan pun juga harus kita latih. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu pakai untuk meningkatkan pemahamanmu terhadap suatu bacaan!

1. Survei sebelum membaca

membaca cepat Skimming. (Photo by lifehacker.com)

Sebelum mulai membaca, lakukanlah terlebih dahulu survei singkat. Baca judul dan bagian pendahuluan, agar kamu bisa tahu secara umum bacaan yang kamu hadapi membahas tentang apa. Saat melakukan ini, pastikan kamu fokus kepada informasi-informasi umum, bukan hal yang spesifik.

Beberapa bagian lain yang bisa kamu baca dalam melakukan survei awal antara lain : Judul dan subjudul bab, bagian awal chapter, kalimat pertama beberapa paragraf, beberapa bagian visual, atau bagian kesimpulan.

2. Tentukan tujuanmu

tujuan membaca Pikirkan tujuan. Photo by (huffingtonpost.com)

Tentukan dulu tujuanmu dalam membaca sesuatu. Konten apa, pelajaran apa, informasi apa yang kamu berusaha dapatkan dari bacaan yang ada. Dengan mengetahui ekspektasimu terhadap bacaan, kamu jadi lebih mudah fokus dan mengeliminasi hal-hal yang terdapat dalam bacaan namun kurang relevan dengan kebutuhanmu.

3. Mulai membaca

posisi membaca Mulai baca sesuai kebiasaanmu. (Photo by playbuzz.com)

Setelah mendapat gambaran umum tentang bacaan, serta mengetahui ekspektasimu terhadap bacaan, saatnya benar-benar mulai membaca. Bacalah dengan kebiasaan terbaikmu dalam membaca. Misalnya, kalau kamu bermasalah dengan lingkungan yang ramai, carilah tempat sepi. Membaca dengan bersuara juga akan sangat membantu untuk beberapa orang.

4. Buat catatan/highlight bagian penting

Highlight bagian penting. (Photo by thelantern.com)

Buat catatan kecil untuk bagian-bagian yang kamu rasa penting, atau buat tanda dengan highlighter pada bagian tersebut. Bagian-bagian penting antara lain yang kamu anggap sebagai kunci bacaan, ide/konsep penting, poin-poin tertentu, atau kesimpulan. Dengan catatan atau highlight kamu akan jauh lebih mudah untuk mengingat apa yang kamu baca. Selain itu akan mempermudah kamu juga dalam mengakses informasi penting dari bacaan.

5. Review

 

Setelah selesai membaca, langkah paling tepat adalah dengan melakukan review terhadap bacaan. Apakah kamu mendapatkan informasi sesuai ekspektasi? Bagian mana yang kamu rasa paling pahami? Bagian mana yang masih kurang jelas dan butuh info tambahan? Dengan melakukan review, kamu akan tahu apa yang harus kamu lakukan selanjutnya.

Smart Buddies, membaca akan menjadi poin yang sangat penting, terutama dalam skill akademik kita. Cobalah teknik-teknik di atas untuk menambah pemahamanmu dari bacaan yang ada. Dengan demikian, proses belajarmu akan jauh lebih efektif dari biasanya.

Kamu punya cara sendiri untuk meningkatkan kemampuan membaca? Jangan lupa tinggalkan di kolom komentar ya!

Sumber : <a href="http://www.educationcorner.com/reading-comprehension.html">Education Corner</a>

Beri Komentar