Ruangguru Blog

    Tipe Soal yang Sering Keluar di UN Sosiologi 2017

    By Ruangguru · Apr 3, 2017

    Siapa bilang Sosiologi membosankan? Justru sangat menarik lho, smart buddies. Mengapa? Pada mata pelajaran ni, kamu akan mempelajari berbagai hubungan yang dilakukan manusia sebagai anggota masyarakat. Maka dari itu, kita sebagai makhluk sosial yang selalu interaksi dengan orang lain sangat penting belajar Sosiologi.

    Hayo, sudah sebanyak apa kamu belajar Sosiologi untuk menghadapi UN? Yuk lihat dulu pembahasan latihan soal UN Sosiologi 2017 berikut ini!

    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    1. Kondisi sosial masyarakat dapat bergerak majuatau mundur setelah masyarakat mengalami perubahan sosial. Contoh perubahan sosial regres terdapat pada fenomena … .

    A. Guru melakukan sosialisasi kepada peserta didik tentang dampak pergaulan bebas
    B. Pemerintah memberi bantuan kredit dengan bunga rendah kepada pengusaha kecil
    C. Kepala desa melakukan sosialisasi tentang rencana pembangunan puskesmas
    D. Kebakaran hutan menyebabkan aktivitas masyarakat terhambat
    E. Pemerintah meningkatkan nilai standar Ujian Nasional

    Jawaban: D

    Pembahasan:

    Perubahan sosial regres merupakan perubahan sosial yang membawa kemunduran bagi masyarakat. Perubahan regres ditunjukkan oleh pilihan D. Kebakaran hutan menyebabkan kondisi sosial masyarakat tidak teratur, misalnya aktivitas masyarakat terhambat karena adanya asap dari kebakaran hutan. Sementara itu, pilihan A, B, C, dan E merupakan contoh perubahan yang bersifat progres karena mampu membawa kemajuan bagi kehidupan masyarakat.

    sosiologi

    2. Pak Anto menyumbangkan sebagian uang tabungan untuk korban bencana tanah longsor. Tindakan tersebut dicontoh oleh beberapa temannya di kantor. Tindakan Pak Anto dan teman-temannya dipengaruhi oleh faktor ... .

    A. empati
    B. sugesti
    C. imitasi
    D. edukasi
    E. identifikasi

    Jawaban: A

    Pembahasan:

    Empati merupakan kemampuan merasakan penderitaan/ kesulitan orang lain dan ikut merasakan situasi yang dialami/ dirasakan orang lain. Pak Anto dan teman-temannya memiliki kemauan untuk membantu korban banjir. Sikap ini menunjukkan adanya empati sosial. Empati terhadap situasi yang dirasakan orang lain dapat menciptakan hubungan sosial yang bersifat positif di antara kedua belah pihak. Pilihan B kurang tepat karena interaksi sosiai pada soal tidak didorong penerimaan tentang sikap, pandangan, atau pendapat orang lain tanpa berpikir panjang. Pilihan C kurang tepat karena interaksi sosial antara Pak Anto dan para korban bencana bukan didorong kecenderungan rneniru tindakan, tingkah laku, atau penampilan fisik seseorang secara berlebihan. Pilihan D bukan merupakan bentuk interaksi sosial, Adapun pilihan E kurang tepat karena interaksi sosial pada soal tidak memiliki kecenderungan menjadi sama persis (identik) dengan pihak lain.

    sosiologi

    3. Eko melakukan penelitian mengenai pengembangan sistem informasi wisata bagi kehidupan masyarakat di sekitar pesisir Pantai Parangtritis, Yogyakarta. Fungsi penelitian yang dilakukan Eko adalah ... .

    A. menemukan ilmu pengetahuan baru
    B. mengembangkan ilmu pengetahuan
    C. menjadi sumber informasi penting untuk rencana program pemerintah
    D. menjelaskan hubungan antarfenomena kebudayaan masyarakat
    E. menjadi alat pemecah masalah lapangan

    Jawaban: C

    Pembahasan:

    Penelitian yang dilakukan Eko berfungsi sebagai penyumbang informasi penting untuk pembuatan suatu kebijakan dan rencana program pemerintah. Penelitian yang dilakukan Eko bertuiuan mendeskripsikan fenomena masyarakat sekitar Pantai Parangtritis. Penelitian ini diharapkan menjadi sumber, informasi bagi pemerintah daerah ketika akan melakukan pembangunan di sekitar Pantai Parangtritis.

    sosiologi

    4. Sebagai peneliti pemula, para siswa mengurnpulkan data dengan cara melakukan pengamatan dan mengajak bicara sopir angkutan umum untuk memperoleh data penelitian sosial. Dilihat dari tempat datanya, jenis penelitian tersebut tergolong penelitian ....

    A. kepustakaan
    B. laboratorium
    C. lapangan
    D. eksperimen
    E. populasi

    Jawaban: C

    Pembahasan:

    Penelitian lapangan atau observasi yaitu jenis penelitian yang datanya diperoleh dengan cara melakukan pengamatan. Contoh mengajak bicara sopir angkutan umum untuk memperoleh data penelitian sosial.

    sosiologi

    5. Perbedaan jenis suku bangsa maupun agama yang dianut masyarakat tidak berpengaruh terhadap tingkat kedudukan sosial individu. Gejala sosial tersebut menunjukkan adanya keragaman kelompok sosial yang bersifat ... .

    A. statis
    B. dinamis
    C. vertikal
    D. primordial
    E. horizontal

    Jawaban: E

    Pembahasan:

    • Diferensiasi sosial yang bersifat horizontal yaitu pembedaan masyarakat berdasarkan pada faktor kesamaan-kesamaan tertentu misalnya suku, agama/ kepercayaan.
    • Diferensiasi sosial yang bersifat vertikal yaitu pembedaan masyarakat berdasarkan kekuasaan jabatan.

    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Kamu lupa beberapa materi tertentu? Tenang saja, kamu bisa mempelajari materi-materi persiapan UN melalui video belajar dari RuangVideo.

    Psst, sehabis Sosiologi, masih ada mata pelajaran UN lainnya lho yang akan dibahas di blog Ruangguru. Stay tuned, smart buddies! (TN)

    -----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

    Lihat soal UN Bahasa Inggris 2017 di sini.

    Lihat soal UN Bahasa Indonesia 2017 di sini.

    Lihat soal UN Matematika SMA (IPS)  2017 di sini.

    Lihat soal UN Geografi 2017 di sini.

    Share this:

    Tags: ujian nasional, Studi

    Tulis Komentarmu

    Subscribe Blog Ruangguru