Tips Menghasilkan Uang Jajan Sendiri dan Lulus SNMPTN ala Murid Ruangguru

Rabia Edra

Apr 24, 2019 • 3 min read

Wow ternyata Kata Squad


Kata_Squad_-_Mitra_Ruangguru-01

Bermula dari menonton tayangan Ruangguru satu jam bersama Iqbaal Ramadhan di televisi pada Juli setahun silam, itulah pertama kalinya Aulia mengenal Ruangguru. Awalnya ia hanya menjadi pengguna dengan berlangganan paket 1 tahun yang dibelikan oleh orang tuanya. Ia memang cukup rajin menggunakan fasilitas ruangbelajar. Hingga akhirnya, tak sampai satu bulan kemudian, ia mengetahui tentang program referral yang membuat nilai-nilai di sekolah menjadi naik, lulus SNMPTN, bahkan jadi bisa menghasilkan uang jajan sendiri. Kok bisa? Mari disimak ceritanya.

Perempuan kelas 12 IPA di SMAN 96 Jakarta Barat ini mulai mencoba membagikan kode referral miliknya pada teman-teman dan pengguna sosial media melalui instagram. Ini adalah kode unik milik setiap user Ruangguru yang dapat dibagikan kepada siapapun. Ia mempromosikan dan memberi informasi bahwa siapapun yang menggunakan kode tersebut akan mendapatkan diskon sebesar 40% untuk berlangganan Ruangguru. Tentu saja, siapa yang tidak tertarik? Jumlah pengikutnya di instagram @diskon_ruangguru mulai naik perlahan-lahan, ia bahkan tak hanya sekadar membagi info diskon, namun juga mengajarkan bagaimana cara berlangganan secara bertahap.

Baca juga: Punya Tabungan untuk Bangun Rumah berkat jadi Mitra Ruangguru

Terlebih, Aulia juga dengan sabar menjawab komentar dari orang-orang satu per satu. Namun, ia kira semua yang dilakukannya hanya sekadar untuk berbagi info semata. Hingga ia sadar, kalau pulsanya terus bertambah setiap ada orang yang berlangganan dengan memasukkan kode AJXTIRM. Ia pun senang luar biasa dan mulai menggencarkan konten yang ada di instagramnya. “Aku nggak menyangka ternyata aku untung dan mereka juga bisa untung secara bersamaan lewat program referral ini,” ucap Aulia.

lulus SNMPTN

Aulia (paling kanan) bersama teman-teman di sekolahnya

Selang beberapa waktu kemudian, salah seorang teman sekolahnya memberitahu bahwa program referral tak hanya bisa menjadi pulsa, tetapi juga dapat dijadikan uang tunai. Caranya dengan menjadi Mitra Ruangguru. Program yang memungkinkan pengguna Ruangguru mengkonversikan keuntungan pulsa menjadi uang tunai dari hasil membagikan kode referral. Aulia pun jadi lebih bersemangat. Setiap ada orang yang menggunakan kode referralnya untuk berlangganan paket satu tahun atau 1,5 tahun, ia memperoleh Rp100.000.

Tetapi Aulia tahu jika hanya bermodalkan posting-an di sosial media, itu masih kurang menargetkan teman-teman di lingkungannya untuk turut menggunakan Ruangguru dan membantu cara belajar mereka. Maka, ia memutuskan untuk belajar lebih keras dengan bantuan aplikasi Ruangguru, agar nilai-nilainya meroket pada saat ulangan maupun di rapor. Dengan begitu, teman-teman dan orang tua teman-temannya akan menanyakan apa rahasia belajarnya. Benar saja, hasil jerih usahanya tercapai! Deretan nilai 80 bahkan sudah tidak ada lagi, semuanya di atas 90.

“Aku sudah sampai di titik, nggak tau lagi berapa orang yang pakai kodeku, dan fokusku sekarang jadi belajar aja. Justru kalau aku belajar, malah jadi semakin banyak orang yang mau kayak aku. Tapi kalau sibuk promosi di Instagram, cuma sedikit yang pakai referralnya,” tutur Aulia. Nah, untuk saat ini semua pendapatan yang sudah diperoleh biasanya dibelikan untuk keperluan penunjang sekolah.

Beruntungnya, Aulia memang kerap cocok dengan gaya belajar bimbel online. Itulah alasannya ia tak ikut pada bimbel manapun selain Ruangguru dan pendalaman materi pelajaran di sekolah. Menurutnya, cara belajar tanpa banyak teks tersebut sangat sesuai dengan anak-anak sekarang yang kurang punya daya tarik pada membaca dan lebih menyukai menonton video. Apalagi dengan adanya fitur download, sehingga video belajar bisa ditonton berulang-ulang.

Berkat fitur-fitur tersebut, kini Aulia bukan hanya bisa memperoleh nilai yang baik di atas rata-rata, tetapi juga berhasil tembus di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dilaksanakan pada bulan Maret lalu. Ia mampu mengalahkan ribuan siswa SMA lainnya untuk masuk di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, program studi Agribisnis. Menurutnya, selain materi di video belajar yang membantunya mempersiapkan perbaikan nilai-nilai rapor, ada satu fitur lagi di aplikasi Ruangguru cukup berdampak untuknya yaitu latihan topik berupa kumpulan soal-soal yang dijawab seperti bermain games di handphone.  

Terakhir, biaya langganan belajar yang tidak mahal inilah yang membuatnya yakin untuk mengajak teman-teman sepermainannya untuk juga turut berlangganan. Nah, jadi buat kamu yang sudah berlangganan Ruangguru, yuk ikut bagian juga jadi Mitra. Pintarnya dapat, uang jajan juga dapat! Caranya mudah, klik tombol DAPATKAN pada banner program referral Ruangguru. Dapatkan kode referral kamu di bawah tabel dan jangan lupa share kode referral lewat media sosial kamu!

mitra ruangguru

Beri Komentar

Recent Posts