5 Tips Belajar #30MenitBisa

Created by : Bulan Tamara Horo
on Oct 10, 2018 5:00:00 PM
3 min read

Squad, belajar secara konsisten dapat membantu kamu mudah memahami konsep, dan menghindari SKS atau sistem kebut semalam, Squad! Kamu bisa mulai dengan biasakan belajar menggunakan aplikasi Ruangguru 30 menit setiap hari. Nah, apakah kalian  bingung apa saja yang bisa dilakukan selama 30 menit? Kali ini ruangbaca akan beritahu  hal-hal yang bisa dilakukan selama 30 menit.

1. Membuat catatan kecil atau peta konsep

#30MenitBisa

Membuat peta konsep (Sumber: business2community.com)

Sesudah membaca materi pelajarannya, maka cobalah untuk membuat catatan kecil berupa flash card atau peta konsep menggunakan bahasamu sendiri. Bisa juga ditambahkan gambar agar memudahkan dalam mengingat materi pelajaran

2. Menjelaskan kembali dengan lantang

#30MenitBisa

 Jelaskan kembali materi yang sudah dipelajari dengan lantang (Sumber: csn.org.org)

Setelah membuat catatan kecil atau mindmap mengenai materi pelajarannya, kamu bisa membacanya dengan lantang. Dikutip dari Health 24, sebuah penelitian terbaru berhasil membuktikan bahwa membaca dengan suara lantang bisa meningkatkan kemungkinan untuk mengingat sesuatu dengan lebih baik.

3. Mengerjakan latihan soal

#30MenitBisaKerjakan latihan soal (Sumber: pacificforesightsecurity.com)

Terutama mata pelajaran eksakta seperti Matematika, Kimia, atau Fisika akan sulit untuk memahami materi pelajaran jika tidak berlatih mengerjakan soal. Jadi setelah menonton video animasi di ruangbelajar kurang lebih 10 menit, usahakanlah untuk langsung berlatih mengerjakan soalnya selama 20 menit. Jika rutin melakukan ini setiap hari, dijamin kamu akan cepat paham materi pelajaran.

4. Teknik Mnemonik

#30MenitBisa

Teknik Mnemonik, teknik menghafal dengan menggunakan akronim, akrostik, keyword, olah tubuh, dll. (Sumber: youtube.com)

Untuk mata pelajaran yang membutuhkan hafalan, jangan hanya menghafalkan tanpa memahami konsep dasarnya. Pahami terlebih dahulu konsep dasarnya, barulah menghafalkannya. Menghafalkan poin-poin atau konsep-konsep, kamu bisa menggunakan metode Mnemonik (Akronim, akrostik, teknik cerita, menggunakan kata kunci, dan lain-lain).

5. Buat target dan uji dirimu sendiri

book-link04-1Uji dirimu sendiri (Sumber: tilspace.com)

Sebagai permulaan dengan membiasakan belajar selama 30 menit setiap harinya, maka kamu perlu membuat target belajar. Misalnya hal-hal apa saja yang akan kamu pelajari, atau kamu harus mampu menyebutkan kembali poin X sampai Z, atau harus bisa menjelaskan kembali materi tentang Y. Target ini akan membuatmu termotivasi untuk belajar dengan serius, selain itu tantanglah dirimu untuk meningkatkan targetmu setiap harinya.

Konsistensi merupakan kunci dalam belajar. Meski hanya 30 menit sehari namun jika dilakukan setiap hari, tentu efeknya akan terasa. Bahkan jika pada mulanya 30 menit terasa lama, nantinya akan terasa mudah dan malah terbiasa untuk belajar lebih dari 30 menit. Jadi yuk dicoba dulu, karena #30MenitBisa.

Gimana? Mudah bukan? Kamu bisa memanfaatkan 30 menit untuk melakukan kedelapan hal di atas agar hasil belajar makin maksimal. 

ruangbelajar

Tags: Wow ternyata

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read