5 Cara Belajar yang Dapat Dilakukan dalam 30 Menit!

Rabia Edra Okt 10, 2018 • 5 min read


tips belajar

Belajar secara konsisten dapat membantu kamu mudah memahami konsep, dan menghindari SKS atau sistem kebut semalam! Menurut Prof. Marty Lobdell dalam buku Study Less, Study Smart, pada dasarnya otak manusia hanya efektif mempelajari sesuatu dan menyimpan informasi yang dipelajari dalam kisaran kurang lebih 30 menit. Itu berarti, tidak perlu berlama-lama menyita waktu untuk terus belajar, kamu bisa kok yang penting rutin. Nah, selain hanya membaca ulang materi yang sudah diajarkan di sekolah. Berikut 5 cara belajar yang bisa dilakukan dalam durasi 30 menit, simak ya!

1. Membuat peta konsep

cara belajar

Contoh peta konsep (Sumber: learningfundamentals.com.au)

Sesudah kamu membaca suatu materi pelajaran, cobalah untuk membuat peta konsep terkait pembahasannya. Temukan kata-kata kunci pada tiap topik yang dapat bisa saling terhubung antara garis satu dengan yang lain. Bisa pula dengan menambahkan gambar, supaya lebih lekat di memorimu. Dengan begitu, pemahamanmu terhadap pelajaran akan lebih menyeluruh dan benar-benar mengetahui keterkaitan dari materi yang ada. Cara belajar seperti ini sangat membantu khususnya dalam mempersiapkan ujian bentuk esai. Kamu akan dengan mudah menjabarkannya pada sebuah tulisan. Sudah pernah dicoba?

2. Menjelaskan kembali dengan lantang

cara belajar

 Jelaskan kembali materi yang sudah dipelajari (Sumber: csn.org.org)

Setelah menemukan kata kunci penting dari sebuah materi, cara belajar selain menuangkan ke mind map yaitu dengan menjelaskan apa yang sudah dipahami dengan suara lantang. Berpura-puralah kamu sedang berdiri di depan kelas dan melakukan presentasi layaknya seorang guru. Sebab, peneliti Colin MacLeod asal Universitas Waterloo di Kanada menyampaikan hasil risetnya pada 95 orang bahwa mereka jadi mudah mengingat informasi yang dipelajari jika mengucapkannya dengan suara lantang yang disebut dengan adanya active involvement

3. Mengerjakan latihan soal

Sebuah frasa berbahasa Inggris terkenal yang sering kamu temukan pada bagian bawah buku tulismu pernah bilang practice makes perfect yang berarti latihan membuat sempurna. Well, siswa yang mampu menyelesaikan soal-soal dengan baik adalah mereka yang biasa berlatih terutama pada pelajaran eksak atau menghitung seperti Matematika, Kimia, atau Fisika. Hanya menyerap konsep materi tanpa melatih daya dan kecepatan berpikir, sama saja bohong. Karena kamu akan terus merasa kesulitan dalam memasukkan rumus-rumus saat menjawab soal. Ya 'kan?

4. Teknik Mnemonik

cara belajar

Teknik menghafal jumlah hari dalam bulan (Sumber: youtube.com)

Ada yang sudah tahu mengenai teknik ini belum? Cara unik yang bisa kamu lakukan untuk menghafal, bisa dengan bentuk singkatan, gambar, lagu, dan masih banyak lagi. Hasilnya, kamu akan mengingat suatu materi tanpa terbebani, karena cara belajarnya dibawa fun! Meski begitu, semoga belajarmu nggak cuma berhenti di hafalan aja ya. Pahami juga konsep dasarnya, supaya kamu lebih tau tujuan mempelajari materi tersebut apa sih. Salah satu referensi yang bisa kamu gunakan, misalnya dalam mengingat rumus trignonometri Sin Cos Tan berdasarkan segitiga:

SINDEMI COSAMI TANDESA

  • SINDEMI = Sin = sisi depan/sisi miring
  • COSAMI = Cos = sisi samping/sisi miring
  • TANDESA = Tan = sisi depan /sisi samping

5. Mencoba sistem Leitner

1200px-Leitner_system_alternative.svg

Lima kotak yang diisi pertanyaan pelajaran (Sumber: en.wikipedia.org)

Seorang ilmuwan kenamaan Jerman, Sebastian Leitner, menciptakan metode belajar melalui pengulangan materi yang paling sulit dimengerti di tahun 1970. Pernah denger nggak soal cara pembelajaran ini? Wellnggak apa-apa kalau belum. Sebenarnya mudah kok, karena tinggal memindahkan kartu atau flash cards saja. Caranya?

1) Siapkan 3 sampai 5 kotak kosong (sesuai kebutuhan)

2) Buatlah sebanyak-banyaknya kartu yang berisi pertanyaan, masing-masing kartu diisi dengan satu buah pertanyaan, dan letakkan di kotak pertama.

3) Jawab pertanyaan pada setiap kartu, jika jawabanmu benar maka pindahkan kartu ke kotak kedua.

4) Jika jawabanmu salah, maka kartu harus dikembalikan ke kotak pertama.

5) Apabila sudah selesai, coba beralih dengan kembali mengulang pertanyaan di kotak kedua. Jika menjawab benar, maka kartu bisa dipindah ke kotak ketiga.

6) Jika dijawab salah maka taruh di kotak pertama

Nah, belajar 30 menit kamu jadi kerasa seru kan? Meski hanya sebentar, namun jika dilakukan setiap hari, tentu efeknya akan terasa lho. Percaya deh! Selain itu, kamu juga bisa kok meluangkan waktu kamu selama 30 menit untuk menonton video belajar beranimasi dari Ruangguru, sambil mengulang materi pelajaran di sekolah agar hasil belajar makin maksimal. 

ruangbelajar

Beri Komentar