Tips Cerdas Berinvestasi untuk Pengajar

Ruangguru Nov 27, 2020 • 3 min read


 

header tips cerdas investasi

 

Artikel ini adalah berisi rangkuman acara NGUPAS (Ngumpul Asyik) Vol. 5 tentang Tips Cerdas Berinvestasi untuk Pengajar yang diadakan oleh tim ruangpengajar. Acara ini berlangsung pada tanggal 2 Oktober 2020 melalui live streaming di Zoom dengan pembicara Donny Justin, Founder Pundireceh.com dan dimoderatori oleh Irene Anwar, Co-Founder Pundireceh.com.

-----

Seorang pengajar yang baik, selain bermanfaat untuk anak didik, haruslah memiliki manfaat untuk dirinya sendiri dan keluarganya. Salah satu kebermanfaatan yang bisa diberikan ialah dengan persiapan investasi yang matang. Di artikel ini kita akan sama-sama belajar tentang tips cerdas berinvestasi. Simak baik-baik ya penjelasan berikut ini.

 

Apa itu Investasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), investasi merupakan penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Kita juga bisa memahami bahwa investasi itu penundaan pemakaian uang untuk berbelanja atau pengeluaran pada umumnya. Hal ini dilakukan untuk sesuatu yang menawarkan potensi keuntungan lebih besar dalam bentuk bunga, dividen atau laba karena kenaikan nilai dari instrumen investasi kita.

cara cerdas berinvestas

 

Mengapa Perlu Berinvestasi?

Beberapa manfaat dari investasi yang bisa Anda dapatkan antara lain mempertahankan gaya hidup ketika masa pensiun tiba, melawan inflasi, hingga mendapatkan pendapatan pasif.

Baca Juga: Tips Financial Planning untuk Pengajar

 

Pentingnya Mengenali Diri Sendiri Sebelum Berinvestasi

Anda perlu mengenali diri sebelum menentukan instrumen investasi apa yang dipilih. Pahami betul tujuan investasi, hasil yang diinginkan, dan jangka waktu investasi. Selain itu, Anda juga perlu mengukur keberanian dan kemampuan mengambil risiko, pengetahuan tentang instrumen investasi, serta waktu untuk mengamati pergerakan investasi Anda.

 

Apa Saja yang Perlu Dilakukan dalam Berinvestasi?

Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, berikut beberapa tips dalam infografik bisa menjadi acuan Anda sebelum melakukan investasi.

riset sebelum investasi

 

diversifikasi

 

keputusan investasi

 

Apa Saja yang Perlu Dihindari dalam Berinvestasi?

Setelah Anda cukup yakin dalam berinvestasi, ada beberapa hal yang patut Anda hindari supaya tujuan investasi Anda bisa tercapai dengan maksimal.

pinjam uang investasi

 

investasi saran orang lain

 

penipuan investas

 

tips investasi

 

Itu tadi penjelasan singkat tentang tips cerdas berinvestasi untuk pengajar. Semoga pembahasan kali ini cukup membantu Anda dalam meyakinkan diri untuk memulai investasi. Jika Anda seorang yang memiliki passion mengajar, atau memiliki kenalan yang suka dengan kegiatan mengajar, daftarkan diri Anda dan ajak rekan Anda untuk daftar di ruangpengajar! Dapatkan penghasilan tambahan dengan bergabung menjadi pengajar Ruangguru sekarang juga.

ruangpengajar

Beri Komentar