Mau Jadi Anak Rantau? Ini 8 Tips Hemat yang Bisa Kamu Terapkan

Shabrina Alfari

Jul 29, 2019 • 5 min read

Siap kuliah


tips hemat anak rantau

Artikel ini memberikan delapan tips hemat untuk para mahasiswa yang akan kuliah merantau dari tempat tinggalnya

--

Squad, harus hidup merantau dan jauh dari keluarga untuk menuntut ilmu tentu bukan sesuatu yang mudah. Kamu harus belajar untuk hidup mandiri tanpa bergantung lagi pada orang tua. Tak hanya harus mengurus semua keperluan seorang diri, kamu pun harus ekstra pintar dalam mengatur keuangan dan hidup hemat. Kamu harus membagi pengeluaran untuk membayar uang kos, uang makan, dan sebagainya. Tentu kamu nggak mau ‘kan membuat orang tua repot karena pengeluaranmu yang banyak? Untuk itu, kamu perlu pintar mengatur keuangan Squad. Mau tahu tips hemat di perantauan? Yuk, disimak

1. Cari tempat tinggal di dekat kampus

tips hidup hematCari tempat tinggal dekat kampus (Sumber: studyhut.com)

Sebisa mungkin cari lokasi tempat kos yang terdekat dari kampus. Jika tidak memungkinkan, setidaknya cari yang jaraknya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Lokasi kos yang sangat dekat dengan kampus memang biasanya lebih mahal. Namun, dengan tinggal di tempat kos yang dekat dari kampus kamu pun bisa menghemat biaya transportasi sekaligus lebih sehat lho karena jadi lebih sering berjalan kaki. Lumayan ‘kan jika setiap minggu kamu bisa menghemat biaya transportasi?

2. Buat tabel pengeluaran

tips hidup hematBuat tabel pengeluaran (Sumber: usnews.com)

Membuat tabel pengeluaran ternyata efektif untuk menghemat pengeluaran kamu setiap bulan lho. Kamu jadi tahu pengeluaran apa yang harus diprioritaskan dan menjadi lebih cerdas dalam membagi uang. Kamu juga bisa melihat untuk apa uang yang kamu keluarkan dalam satu bulan. Apakah kamu sudah mengeluarkan uang untuk hal penting atau tidak, sehingga kamu bisa mengoreksi pengeluaran tiap bulan.

3. Daftar belanja bulanan

tips hidup hematBuat daftar belanja bulanan (Sumber: relexem.com)

Squad, saat mulai merantau kamu harus belajar untuk mengatur barang yang kamu butuhkan sehari-hari. Setiap kamu mendapatkan uang bulanan, coba buat daftar belanjaan yang memang kamu butuhkan untuk satu bulan. Lalu, belanjakan barang-barang yang hanya ada di catatan saja. Usahakan untuk tidak membawa trolly yang terlalu besar agar kamu tidak lapar mata dan memasukkan barang-barang lain yang sebetulnya kurang kamu butuhkan. Lakukan kegiatan belanja bulanan sekaligus sekali dalam satu bulan.

4. Beli dan masak makanan sendiri

tips hidup hematMasak sendiri (Sumber: moneycrashers.com)

Usahakan untuk tidak selalu membeli makanan dari luar karena bisa membuat pengeluaranmu membengkak. Coba saja kamu hitung berapa uang yang harus kamu keluarkan untuk makan setiap harinya? Padahal kamu bisa lebih hemat dengan memasak dan membeli bahan masakan sendiri. Selain untuk dimakan di tempat kos, jadikan juga masakanmu sebagai bekal untuk kamu di kampus. Selain hemat, masakan buatanmu pun pasti sudah terjamin kebersihannya.

Kalau kamu belum bisa masak, setidaknya usahakan untuk selalu memasak nasi tiap hari. Dengan begitu, kamu hanya perlu membeli lauk-pauk di luar, yang tentunya jauh lebih hemat.

5. Nabung!

tips hidup hematIngat nabung (Sumber: okezone.com)

Udah tahu ‘kan kalau menabung itu penting banget? Jangan lupa untuk selalu menyisihkan uang tabungan setelah kamu mendapatkan uang bulanan. Sisihkan minimal 5-10% uang bulanan yang kamu terima untuk ditabung. Tabungan ini akan sangat berguna jika di akhir bulan kamu membutuhkan uang untuk kebutuhan mendesak atau saat kondisi keuanganmu sedang menipis.

6. Cuci baju sendiri

tips hemat anak rantauCuci baju sendiri (Sumber: wayzatahomelaundry.com)

Tugas aja sudah banyak, kapan mau cuci baju? Eits, mencuci pakain itu nggak ribet dan menyita waktu kok. Kamu hanya perlu menyisihkan waktu selama satu jam aja setiap dua atau tiga minggu sekali. Kurangi pengeluaran untuk hal-hal yang sebenarnya masih bisa kamu lakukan sendiri, termasuk mencuci baju. 

7. Jangan terlalu sering nongkrong

tips hidup hematJangan sering nongkrong (Sumber: tampilcantik.com)

Jika kamu mau lebih hemat, maka jangan memaksakan diri untuk harus ngumpul dengan teman hanya karena merasa nggak enak. Sebenarnya nggak ada salahnya kok kamu ketemu teman, asalkan kamu tahu batasannya. Saat lagi ngumpul, perhitungkan baik-baik juga mana yang perlu dibeli dan mana yang tidak. Kamu juga bisa lho nongkrong hemat di tempat kos teman, jalan-jalan ke museum atau perpustakaan.

8. Kerja magang atau freelance

tips hidup hematKerja magang (Sumber: wharton.upenn.edu)

Selain menghemat pengeluaran, kamu juga bisa mencari cara untuk menambah pemasukan dengan mencari lowongan kerja magang atau freelance. Saat ini sudah banyak lho lowongan kerja freelance di berbagai daerah yang bisa menjadi sumber tambahan uang bulananmu. Apalagi jika uang hasil kerja kamu ini bisa bantu untuk bayar kuliah dan meringankan beban orang tua. Wah, pastinya orang tua kamu akan lebih bangga lagi Squad.

Kuncinya, kamu harus bisa menahan diri dan tidak tergoda untuk menghaburkan uang. Selain itu, jaga kesehatan juga sangat penting Squad. Jangan sampai karena kamu terlalu hemat, kamu jadi kekurangan gizi dan sakit. Yuk, bangun hidup hemat dan sehat di perantauan. Mau menambah uang jajan? Kamu bisa lho jadi guru privat di ruangles.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts