5 Tips Masuk PTN Impian setelah Gap Year

Tips masuk PTN setelah gap year

Artikel ini berisi ulasan lengkap mengenai tips supaya bisa lolos masuk PTN untuk yang memilih gap year.

Tahu istilah gap year? Atau kamu ternyata adalah orang yang memilih gap year?

Jangan merasa minder atau berkurang motivasi belajarnya karena kamu memilih gap year. Justru dalam masa-masa gap year, kamu harus lebih banyak lagi mencari ilmu atau menemukan pengalaman baru. Masa-masa gap year adalah masa ketika kamu begitu bebas mau melakukan apa saja, dari kebebasan itu kamu bisa melakukan sesuatu yang produktif sebelum mencoba lagi ikut tes masuk PTN. Yuk, simak tips masuk PTN untuk para gap year berikut ini.

 

Apa Itu Gap Year?

Gap year adalah kondisi ketika seseorang memutuskan untuk nggak kuliah di tahun pertama setelah lulus dari sekolah. Tentu ada banyak alasan mengapa seseorang memilih gap year, bisa karena belum beruntung untuk lolos dari berbagai tes masuk PTN, ingin kerja dulu, belum siap kuliah, hingga belum menemukan jurusan kuliah yang cocok. Apapun itu, anak gap year tetap bisa masuk PTN impiannya kok!

Oh iya, gap year menjadi tren tersendiri di Amerika Serikat (AS) lho. Hostelworld Group, sebuah perusahaan pemesanan hostel terkemuka di AS sempat mengadakan survei pada tahun 2016 yang berhubungan dengan gap year. Dalam survei itu, 69% responden yang berusia 18 tahun memilih untuk gap year agar bisa bebas traveling setelah masa sekolah yang melelahkan. Jadi, gap year itu sebenarnya nggak buruk.

gap year
Anak gap year. (Sumber: Teenlife.com)

Nah, di ulasan kali ini, Ruangguru akan memberikan kiat-kiat bagaimana anak gap year bisa menggapai impiannya untuk masuk PTN favoritnya. Siap mengakhiri masa-masa gap year?

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Ini Cara Belajar yang Efektif Menurut Penelitian

 

Tips Masuk PTN Setelah Gap Year

1. Tumbuhkan Motivasi Belajar

Kebanyakan orang yang memilih gap year karena kurang beruntung dalam tes masuk PTN di tahun sebelumnya kemungkinan memiliki motivasi belajar yang menurun. Maka dari itulah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menumbuhkan motivasi belajar terlebih dahulu.

Motivasi itu bisa kamu cari di mana saja. Misalnya nih, kamu bisa melihat bagaimana teman-temanmu sekarang, terutama mereka yang sudah bangga dengan almamaternya dan sudah merasakan gimana dunia perkuliahan itu. Bukankah hal itu yang kamu inginkan juga selama gap year?

 

2. Atur Target

Motivasi belajar sudah dapat, langkah selanjutnya adalah mengatur target. Dengan punya target, kamu bisa tahu mana jalur yang mau kamu ambil untuk masuk ke PTN impian. Target-target itu di antara lain adalah target belajar, target nilai yang ingin kamu dapat, serta target jurusan.

Bila target-target itu sudah kamu miliki, alur belajarmu bisa lebih lancar. Kamu hanya tinggal mencari tahu seberapa besar peluang untuk masuk ke jurusan di PTN yang kamu incar.

 

3. Cari Support System

Apa itu support system? Yang satu ini nggak kalah penting nih dari menyusun target. Support system adalah semacam lingkungan yang sangat mendukung dan memotivasi kamu untuk belajar masuk ke PTN yang kamu inginkan.

Nggak cuma support system, tapi ada juga yang disebut sebagai buddy system. Perbedaannya, buddy system adalah teman yang bisa mendukung kamu dalam proses belajar. Ada baiknya lagi, buddy system adalah seseorang yang juga anak gap year. Dengan begitu, kamu dan teman gap year-mu bisa belajar bersama-sama untuk bisa masuk ke PTN yang kalian mau.

 

4. Persiapkan Segala Sesuatu dengan Matang

Karena kamu gap year, itu artinya nggak ada lagi kesempatan masuk PTN melalui jalur SNMPTN, melainkan harus melewati SBMPTN terlebih dahulu. Nah, persiapkanlah apapun yang nantinya kamu butuhkan untuk bisa mengikuti SBMPTN itu.

Persiapan tersebut di antara lain adalah mengetahui kapan jadwal SBMPTN, bagaimana persiapan teknis ikut SBMPTN, seberapa besar kuota penerimaan mahasiswa baru dalam PTN yang nantinya kamu pilih dalam SBMPTN, dan tentunya persiapan belajar materi apa saja yang akan keluar di SBMPTN. Psst, kamu bisa lho mempersiapkan diri menghadapi UTBK SBMPTN dengan berlatih prediksi soal-soalnya di ruangbelajar.

 

5. Belajar

Kalau motivasi sudah didapat kembali, target sudah matang, dan support system sudah tersedia, langkah selanjutnya tentu saja adalah belajar. Tinggalkan rasa kurang percaya dirimu karena baru saja melalui masa-masa gap year, ini saatnya kamu bangkit dan buktikan pada semua orang kalau kamu memang mampu.

Buat program belajarmu sebaik mungkin. Kamu bisa menggunakan fitur ruangbelajar agar kamu bisa memahami materi pelajaran lebih mudah dengan mengikuti misi bersama Master Teacher. Eits, ribuan video belajar juga tersedia buat kamu anak gap year yang sedang bersiap untuk ikut SBMPTN demi menggapai cita-citamu masuk perguruan tinggi negeri!

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Riza Miftah Muharram