7 Tips Masuk Kuliah di Masa Pandemi untuk Mahasiswa Baru

Shabrina Alfari Sep 21, 2020 • 6 min read


tips masuk kuliah di masa pandemi

Mahasiswa baru, apakah kamu sedang menjalani masa orientasi? Yuk, siap hadapi semester baru dengan 7 tips masuk kuliah di masa pandemi yang harus kamu ketahui

--

Halo, para mahasiswa baru tahun 2020! Setelah berjuang untuk masuk ke kampus impian, kini adalah saatnya untuk menikmati buah dari usaha kamu. Apakah kamu sudah siap menyambut dunia perkuliahan dan menyandang status mahasiswa? Masa perkuliahan tentunya akan sangat berbeda dengan bangku SMA dan kamu membutuhkan adaptasi diri. Apalagi, masa pandemi COVID-19 saat ini masih mengharuskan kamu untuk mengawali perkuliahan secara daring.

Nggak perlu bingung, nggak perlu galau. Bagi kamu para mahasiswa baru, harus tetap semangat untuk menjalani kuliah secara efektif. Nah untuk memudahkan kamu, simak dulu beberapa tips masuk kuliah untuk mahasiswa baru di masa pandemi berikut ini.

1. Siapkan mental dan komitmen untuk kuliah mandiri

Kuliah mandiriKuliah mandiri (Sumber: bodegasbegastri.com

Akibat pandemi virus corona, pemerintah mengharuskan kampus untuk melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau daring kepada mahasiswanya. Untuk itu, hal pertama yang paling penting dipersiapkan adalah kesiapan mental serta komitmen untuk menjalankan kuliah mandiri dari rumah. Kurangnya komitmen bisa membuat kamu lalai dan kurang persiapan dalam menghadapi awal masa perkuliahan. Ingat, tahun pertama kuliah sangat penting untuk menjadi pondasi kamu dalam menjalankan dunia perkuliahan ke depan.

2. Persiapkan sarana perkuliahan daring dengan lengkap

Siapkan perlengkapan kuliah yang lengkapSiapkan perlengkapan yang lengkap (Sumber: wgu.edu)

Tak hanya persiapan mental, kamu juga harus mempersiapkan sarana yang lengkap untuk menunjang sistem perkuliahan online. Beberapa hal yang penting untuk kamu miliki adalah koneksi internet, laptop, smartphone, dan aplikasi penunjang kegiatan kuliah daring. Aplikasi ini meliputi Google Meet, Zoom Meeting, Skype, Google Classroom, dan sebagainya. Bahkan, beberapa kampus pun telah menyediakan website resmi untuk memudahkan mahasiswa menghadapi sistem perkuliahan online. So, jangan lupa cari tahu juga ya sistem perkuliahan di kampusmu.

3. Catat jadwal kuliah dengan cermat

Buat jadwal kuliahBuat jadwal kuliah (Sumber: kindawonderful.com)

Sebagai mahasiswa baru, kegiatan akademik tentu menjadi prioritas utama. Nah agar kamu bisa mendapatkan materi kuliah secara efektif, sebaiknya susunlah dan catat jadwal kuliah daring yang akan kamu ikuti. Penyusunan jadwal ini penting untuk menentukan rencana perkuliahan kamu selama satu semester ke depan.

4. Buat situasi belajar yang nyaman

Nyaman belajar di rumahNyaman belajar di rumah (Sumber: bbva.com)

Setelah beberapa bulan menjalani sistem belajar jarak jauh tentu kamu sudah mulai terbiasa. Namun, sistem pembelajaran di bangku kuliah pastinya akan berbeda. Agar kamu bisa lebih berkonsentrasi dan menangkap materi kuliah secara lebih baik, sebaiknya cari lokasi yang tenang dan jauh dari gangguan yang bisa memecah konsentrasi. Lengkapi juga area belajarmu dengan berbagai perlengkapan yang mendukung seperti papan catatan, alat tulis, dan sebagainya.

5. Segera kerjakan tugas yang diberikan dosen

Jangan menunda tugas dari dosenJangan menunda tugas (Sumber: teacheracademy.eu)

Agar kamu tidak kewalahan, sebaiknya jangan tumpuk tugas yang diberikan oleh dosen hingga mendekati deadline. Menunda tugas akan membuat kamu kesulitan untuk menyelesaikan tugas dengan efektif, sehingga bisa memicu stres. Dengan tidak menunda-nunda pekerjaan, kamu pun bisa lebih baik dalam mengatur waktu dan kegiatan kuliah daring akan terasa lebih ringan.

6. Manajemen waktu yang baik

Manajemen waktuManajemen waktu (Sumber: hubspot.com)

Jadwal kuliah daring serta tugas-tugas yang diberikan oleh dosen cenderung membuat kita menatap layar laptop hampir seharian. Untuk itu, tips yang tak kalah penting adalah membuat manajemen waktu yang baik untuk mengatur kegiatanmu setiap harinya. Kamu bisa mencoba memasang alarm pada smartphone sehingga tidak akan ada jadwal kuliah yang tertinggal dan juga bisa membagi waktu antara belajar dan bermain.

7. Tetap jaga kesehatan fisik dan mental

Jaga kesehatanJaga kesehatan (Sumber: savethechildren.net)

Berdiam diri di rumah untuk waktu yang lama bisa membuat kamu rentan stres dan jenuh. Tidak ada salahnya menyisihkan waktu untuk hiburan agar semangatmu tetap terjaga dan pikiran bisa segar kembali. Selain itu, jangan lupa menyempatkan diri berolahraga dan pastikan kamu mengonsumsi vitamin serta makanan bergizi untuk menjaga kesehatan di masa pandemi. Fisik dan mental yang sehat tentu akan sangat berpengaruh pada proses belajar yang efektif.

Sudah semakin siap ‘kan untuk menyambut bangku kuliah? Bagi kamu yang masih harus berjuang untuk masuk ke kampus idaman, video belajar beranimasi di ruangbelajar bisa jadi pilihan yang tepat untuk menemani kamu mempersiapkan diri dari rumah. Yuk, semangat!

ruangbelajar

 

Sumber foto:

Foto Kuliah Mandiri [Daring]. Tautan: https://bodegasbegastri.com/free-online-college-courses-you-can-take (Diakses: 17 September 2020)

Foto Perlengkapan Kuliah Daring [Daring]. Tautan: https://www.wgu.edu/blog/time-management-strategies-online-college-students1810.html (Diakses: 17 September 2020)

Foto Jadwal Kuliah [Daring]. Tautan: https://www.kindawonderful.com/downloads/notion-content-planner/ (Diakses: 17 September 2020)

Foto Nyaman Belajar di Rumah [Daring]. Tautan: https://www.bbva.com/en/joint-individual-question-comes-college-student-checking-accounts/ (Diakses: 17 September 2020)

Foto Jangan Menunda Tugas [Daring]. Tautan: https://online.teacheracademy.eu/course/flipped-online-lesson/ (Diakses: 17 September 2020)

Foto Manajemen Waktu [Daring]. Tautan: https://blog.hubspot.com/sales/time-management-apps (Diakses: 17 September 2020)

Foto Jaga Kesehatan [Daring]. Tautan: https://www.savethechildren.net/blog/hearing-children-our-digital-hangouts (Diakses: 17 September 2020)

Beri Komentar