Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Menarik Perhatian HRD

Maya Martha

Apr 23, 2019 • 3 min read

sukses kerja tips & trick


surat lamaran kerja

Artikel ini salah satu usaha yang bisa Anda lakukan pada saat melamar kerja dari pembuatan surat lamaran kerja yang menarik perhatian HRD

--

Pada saat Anda melamar sebuah pekerjaan, biasanya beberapa perusahaan akan meminta Anda untuk membuat surat lamaran atau cover letter. Kenyataannya para pelamar memang selalu mengutamakan dan hanya fokus pada curriculum vitae atau CV. Padahal surat lamaran merupakan penilaian utama perusahaan terhadap aplikasi yang Anda ajukan. Bila Anda tidak menulis surat lamaran, kemungkinan penerima lamaran akan tidak membaca dan mempertimbangkan Anda. Sangat jelas kan bahwa surat lamaran berperan sangat penting! Nah, agar tidak salah-salah, Anda perlu tahu tips-tips ini.

Poin-poin yang wajib ada di surat lamaran

Anda merasa kebingungan apa yang seharusnya ada di dalam sebua surat lamaran? Jangan bingung, Anda bisa memasukkan hal-hal ini ke dalam surat lamaran Anda.

  • Nama lengkap
  • Latar belakang
  • Status Anda saat ini
  • Informasi lowongan pekerjaan
  • Alasan dan tujuan melamar di perusahaan tersebut
  • Highlight kemampuan atau kelebihan yang Anda miliki
  • Penghargaan atau pencapaian yang sudah Anda dapatkan

Dalam penulisan surat lamaran, sebaiknya Anda menjelaskan tujuh hal ini secara singkat dan jelas. Tunjukkanlah bahwa Anda adalah kandidat yang terbaik dan berbeda dari pelamar yang lainnya. Penggunaan bahasa juga harus disesuaikan dengan perusahaan yang Anda lamar. Ingat dan perhatikan, jangan sampai typo ya!

Baca Juga: Sedang Magang? Jangan Sampai Lakukan 10 Kesalahan Ini!

Hati-hati dengan format mengirim surat lamaran melalui email

surat lamaran kerja

Pengiriman surat lamaran melalui email (Sumber: lifewire.com)

Anda ingin melamar sebuah pekerjaan via email? Surat lamaran bisa Anda tulis di dalam body email Anda tersebut. Sangat tidak sopan apabila Anda hanya melampirkan CV saja tanpa adanya tulisan perantara di dalam email Anda. Gunakanlah alamat email profesional, Rekan Kerja. Alamat email profesional adalah dengan menggunakan nama Anda, seperti nabila@gmail.com bukannya cutekitty@gmail.com.

Lalu, bagaimana dengan subject atau judul email? Pada umumnya perusahaan sudah menentukan cara penulisannya untuk Anda. Namun, apabila tidak, tulislah subject email dengan jelas. Anda bisa mencontoh ini:

(Nama posisi) - (Nama perusahaan) - (Nama lengkap Anda)

Walaupun Anda mengirimkan lamaran kepada keluarga atau teman, tetap profesional dalam menggunakan format dan bahasa ya!

Jangan sampai berbeda dengan melamar langsung ke perusahaan. Anda bisa mengirimkan berkas dengan menyerahkan surat lamaran kerja dalam bentuk hardcopy. Penggunaan kertas yang bagus dapat memberikan Anda nilai tambah.

Sebutkan mengenai nilai atau profil perusahaan dan kaitkan dengan tujuan Anda melamar

surat lamaran kerja

Informasi tentang perusahaan (Sumber: businessillustrator.com)

Biasanya karena sudah banyak sekali surat lamaran dan CV yang Anda sebar, sering kali Anda mengabaikan untuk melakukan riset terhadap perusahaan yang Anda lamar. Kemungkinan Anda langsung asal apply dan kirim. Padahal hal ini tak kalah pentingnya. Selain agar nanti saat Anda dihubungi, Anda tidak kaget dan kebingungan. Mengetahui siapa pemimpin, bagaimana sejarah, dan sejauh mana bidang yang digeluti oleh perusahaan yang Anda tuju dapat sangat membantu Anda dalam menulis surat lamaran kerja.  Anda dapat menjelaskan apa yang Anda ketahui dan mempengaruhi ketertarikan Anda terhadap perusahaan tersebut. Mulai sekarang, coba untuk tidak meremehkan hal ini ya!

Rekan Kerja, tiga tips ini dapat Anda gunakan sebagai panduan Anda menulis surat lamaran kerja. Untuk dapat diterima di sebuah perusahaan tidaklah mudah. Anda perlu untuk melakukan usaha-usaha di dalam menuliskan surat lamaran kerja serta Curriculum Vitae. Bagaimanapun juga kedua hal ini merupakan penilaian awal perusahaan kepada Anda.

Rekan Kerja, dunia kerja menuntut Anda untuk memiliki kemampuan yang selalu meningkat dan berkembang agar tidak kalah bersaing dengan rekan kerja Anda yang lain. Aplikasi ruangkerja memfasilitasi Anda. Ada berbagai macam artikel mengenai ruangkerja yang bisa Anda baca agar skill Anda semakin tinggi. Unduh aplikasinya di App Store atau Play Store. GRATIS

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts