5 Tips Memperbesar Peluang Lolos SBMPTN 2020

Shabrina Alfari Jan 20, 2020 • 6 min read


peluang lolos sbmptn 2020

Artikel ini memberikan tips untuk para calon mahasiswa agar bisa memperbesar peluang lolos SBMPTN 2020

--

Sudah siap menghadapi UTBK dan SBMPTN 2020? Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) adalah ujian wajib bagi siswa SMA dan sederajat untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Nilai UTBK akan digunakan sebagai syarat utama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020 melalui jalur seleksi SBMPTN 2020.

Proses pendaftaran SBMPTN memang masih beberapa bulan lagi, yaitu pada awal Juni 2020. Namun, melakukan persiapan sedini mungkin penting banget supaya peluang kamu untuk bisa lolos SBMPTN 2020 lebih besar. Mau tahu tips memperbesar peluang lolos SBMPTN 2020? Simak berikut ini.

1. Ketahui informasi lengkap seputar UTBK dan SBMPTN 2020

Aturan seleksi baru  SBMPTN 2020Seleksi PTN 2020 (Sumber: instagram.com/ruangguru)

Menjelang ujian, kamu perlu mengumpulkan informasi tentang UTBK dan SBMPTN 2020. Kamu harus update dengan perkembangan SBMPTN. Ketahui apa saja aturan yang masih sama dengan tahun sebelumnya dan apa aturan baru yang muncul. Cari tahu mulai dari informasi dasar SBMPTN, seperti apa itu UTBK, LTMPT, bagaimana seleksi dilakukan, apa perbedaan UTBK tahun lalu dan tahun ini, jadwal UTBK, syarat dan ketentuan, sistem penilaian, kelengkapan dokumen, dan sebagainya.

Baca juga: Siap SBMPTN dengan Melihat Persyaratan Ini

Baca juga: Jadwal SNMPTN, UTBK, SBMPTN 2020

Baca juga: Ketentuan dan Tahapan Pendaftaran UTBK 2020

2. Strategi memilih Prodi 1 dan Prodi 2

Menentukan pilihan program studi pertama dan kedua juga akan menjadi penentu apakah kamu bisa lolos SBMPTN 2020 atau tidak. Salah dalam memilih prodi, maka nilai UTBK yang cukup tinggi juga tidak bisa memastikan kamu lolos. Sebaliknya, dengan strategi memilih prodi yang baik, peserta dengan nilai UTBK pas-pasan bisa saja lolos SBMPTN.

Jurusan Kuliah sesuai passionTips memilih jurusan (Sumber: instagram.com/ruangguru)

Cari tahu berapa kisaran skor UTBK yang diperlukan untuk masuk prodi impianmu, berdasarkan SBMPTN tahun lalu. Kamu juga bisa melihat analisa sebaran peminat atau keketatan yang biasanya ada di situs resmi SBMPTN. Semakin kecil persentase yang ditampilkan maka persaingan semakin ketat. Sebalinya, semakin besar persentase maka persaingannya semakin longgar.

Prodi pilihan 1 adalah prioritas utama. Saat kamu tidak lolos di pilihan 1, baru kamu akan diseleksi untuk prodi pilihan 2. Untuk itu tempatkan prodi dengan kriteria kelulusan skor tinggi di atas prodi yang skor lulusnya relatif rendah.

Baca juga: Strategi Menentukan Pilihan Program Studi Pertama dan Kedua di SBMPTN

3. Pembobotan nilai mempengaruhi penerimaan

Nilai UTBK yang tercantum pada sertifikat hasil tes masih akan melalui proses pembobotan nilai saat masuk ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Nilai total UTBK setelah pembobotan inilah yang akan di-rangking oleh masing-masing PTN untuk proses penerimaan mahasiswa baru. Seperti yang dilansir oleh medcom.id, bobot nilai sub tes peserta saat melamar pada prodi yang sama dapat membuat peluang diterimanya menjadi berbeda.

Sistem penilaian SBMPTN 2020Sistem penilaian UTBK (Sumber: instagram.com/ruangguru)

Pada tahun 2019 lalu, nilai total UTBK yang menentukan kelulusan SBMPTN adalah total jumlah nilai sub tes yang telah dikalikan bobot sesuai dengan prodi yang akan dipilih atau disebut dengan nilai UTBK terbobot. Nah setiap prodi akan memiliki bobot yang berbeda di setiap nilai sub tesnya. Bobot sub tes akan lebih besar untuk prodi yang memerlukan kompetensi sub tes terkait. Untuk itu, perkuat persiapanmu pada sub tes atau pelajaran yang berkaitan dengan jurusan yang dituju.

Tidak ada juga passing grade yang bisa dijadikan patokan untuk memperkirakan peluang kamu diterima di sebuah PTN. Passing grade sendiri tergantung pada tiga hal, yaitu kuota yang disediakan oleh prodi, jumlah siswa yang mendaftar, dan kualitas nilai UTBK dari siswa pendaftar.

Baca juga: Cara Membaca Nilai UTBK beserta Rekapitulasi Resmi dari LTMPT

4. Biasakan diri berlatih soal HOTS

LOTS HOTS SBMPTN 2020Konsep HOTS dan LOTS (Sumber: instagram.com/ruangguru)

Memperbanyak latihan soal merupakan hal mutlak yang harus kamu lakukan jika ingin lolos SBMPTN. Sejak tahun 2019 lalu, soal-soal UTBK SBMPTN menggunakan soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) atau soal dengan kemampuan analisis tinggi. Soal HOTS mendorong kamu untuk melakukan penalaran tingkat tinggi dari proses memahami konsep ilmu, bukan hanya dari proses menghafal saja.

Baca juga: Apa Itu Higher Order Thinking Skills (HOTS)?

Sebaiknya berlatihlah soal dalam bentuk hard copy dan soft copy, untuk memudahkan kamu belajar di mana saja dan kapan saja sesuai kebutuhan. Kamu juga harus mampu mencermati materinya. Pelajari mulai dari soal yang mudah, baru setelah itu beranjak ke soal yang lebih sulit. Psst, kamu bisa lho berlatih soal-soal HOTS secara online, sekaligus mengunduh soal-soal latihan di aplikasi Ruangguru.

5. Rajin ikut tryout

TryOut SBMPTN 2020Ikut tryout (Sumber: instagram.com/ruangguru)

Persiapkan mental dan fisik kamu menghadapi tes UTBK dengan cara rajin mengikuti tryout. Ini berguna karena biasanya tryout yang diselenggarakan mirip dengan tes UTBK yang asli. Kamu mau ikut tryout dengan mudah kapan saja dan di mana saja? Langganan saja ruangbelajar di aplikasi Ruangguru. Hanya dengan sekali langganan, kamu sudah bisa mengakses semua tryout yang diselenggarakan tanpa biaya tambahan.

Gimana, masih semangat ‘kan mempersiapkan diri demi menghadapi UTBK SBMPTN 2020? Ayo, terus kencangkan pinggang dan bantu persiapan kamu dengan video beranimasi atau latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar