5 Tips untuk Mempermudah Anda Daftar Kartu Prakerja

Ruangguru Sep 13, 2020 • 4 min read


SA Prakerja - Tips _ Trik Daftar Prakerja-01

Artikel ini berisi 5 tips dan trik untuk mempermudah Anda sukses dalam melakukan pendaftaran Kartu Prakerja

--

Sejak dibuka Sabtu (11/04/2020) lalu, situs prakerja.go.id ramai dibanjiri pengunjung. Sayangnya, ada beberapa masalah yang muncul. Mulai dari situs yang sempat down, hingga kegagalan dalam melakukan pendaftaran. Menurut Panji Winanteya Ruky, Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksanaan Prakerja, hingga saat ini, sudah hampir 2 juta orang yang mendaftarkan diri di program ini. Dilansir oleh cnbcindonesia.com, sulitnya pendaftaran diduga karena banyaknya warga yang mendaftar dalam waktu yang bersamaan.

Untuk memudahkan pendaftaran Program Kartu Prakerja, berikut adalah 5 tips yang bisa Anda coba lakukan:

 

1. Gunakan Email Profesional

Ketika membuat akun untuk mendaftar Kartu Prakerja, pastikan Anda menggunakan email yang profesional. Seperti apa email yang profesional? Buatlah alamat email seperti nama Anda dan tidak terlalu aneh. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda mendaftarkan diri sebagai orang asli dan bukan “robot” yang berusaha masuk.

Dengan email sederhana yang menunjukkan nama sendiri, artinya Anda juga menunjukkan kalau Anda memang niat untuk mendapatkan kartu prakerja, bukan hanya untuk mengambil kepentingan pribadi saja.

 

2. Siapkan KTP dan Perlengkapan Lain

Sebelum mendaftarkan diri, pastikan Anda telah menyiapkan KTP di sebelahmu. Anda juga harus memiliki file berupa foto KTP dan fotomu sedang memegang KTP untuk nantinya Anda unggah.

Buat apa mempersiapkan KTP sebelum mendaftar? Hal ini berguna agar Anda tidak berlama-lama di halaman pendaftaran. Seperti yang kita tahu, banyaknya pengunjung yang mengakses website kadangkala bisa membuat suatu situs menjadi down. Maka, dengan sudah mempersiapkan KTP, Anda sudah bisa mengisi data diri dengan cepat.

Baca juga: Begini Cara Daftar Kartu Prakerja, Nggak Susah Kok!

Oya, sebelum mengeklik “lanjutkan”, pastikan Anda sudah mengisi data diri dengan benar tanpa ada kesalahan pengetikan ya!

 

3. Latihan Soal & Persiapkan Kertas Coretan dan Alat Tulis

Ini adalah salah satu laman yang krusial. Setelah mendaftarkan data diri, Anda akan diminta mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Supaya peluang Anda lolos seleksi lebih besar, ada baiknya Anda melakukan persiapan dengan berlatih soal-soal kemampuan dasar.

alat tulisSumber: pexels.com

 

Sebelum mengerjakan tes tersebut, pastikan Anda menyiapkan kertas coretan dan alat tulis. Siapa tahu Anda membutuhkannya saat mengerjakan tes tersebut.

 

4. Cobalah Malam Hari

Karena Anda harus menghindari penumpukan pengunjung, cobalah mengakses situs prakerja.go.id di malam hari. Tenang saja, situs dan pendaftaran Kartu Prakerja dibuka terus menerus selama 24 jam kok. Jadi, tak perlu khawatir, Anda bisa mendaftar kapan pun. Kalau Anda tergolong “anak malam”, Anda bisa menyiasati melakukan pendaftaran di malam hari untuk menghindari banyaknya pengunjung yang membuka situs tersebut.

 

5. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Semua proses pendaftaran mulai dari pembuatan akun, verifikasi email, hingga tes motivasi dan kemampuan dasar dilakukan secara online. Maka, yang terpenting adalah ini: pastikan koneksi internet Anda memadai.

Setiap orang pasti punya caranya masing-masing. Mulai dari mengakses menggunakan WiFi yang cepat, atau membeli kuota internet yang Anda percayai, dan bersinyal penuh.

Nah, itu lah tadi 5 tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk membantu mempermudah pendaftaran Program Kartu Prakerja. Setelah berhasil mendaftar dan lolos, Anda bisa menonton video di bawah ini untuk panduan membeli kelas Prakerja di Skill Academy. 

 

Untuk apa nunggu lagi? Yuk, segera daftar dan ikuti kelas-kelas pelatihan yang disediakan Skill Academy untuk meningkatkan kemampuanmu dalam meniti karir! Klik CTA di bawah agar Anda semakin #SiapdariSekarang dalam meningkatkan kamampuan.

New call-to-action

 

Beri Komentar