5 Tips Mengatasi Homesick bagi Mahasiswa Baru

Tiffany Aisyah Septiana

Oct 11, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


SK_-_5_Tips_Mengatasi_Homesick_Bagi_Mahasiswa_Baru_(CS6)-02

Artikel ini membahas 5 tips mengatasi homesick bagi mahasiswa baru

--

Sebagai mahasiswa yang menjalani perkuliahan di luar kota dan jauh dari keluarga, kamu sering kangen suasana rumah (homesick) nggak sih? Namun sayangnya, karena masalah jarak, waktu, dan uang (ongkos) maka kamu pun terhalang untuk pulang. Selanjutnya, mau nggak mau harus tetap bertahan beradaptasi. Mulai dari makan, membereskan kosan, mencuci pakaian, hingga berobat ke dokter harus dilakukan sendiri. Sebenarnya, rasa kangen seperti ini wajar kok, tapi jangan berkepanjangan hingga terjadi keluhan fisik. 

Berikut tips untuk mengatasinya:

1. Cari aktivitas baru

Cari aktivitas baru- 5 Tips MengatasI Homesick untuk Mahasiswa Baru

Mencari Aktivitas Baru (Sumber: uzone.id)

Sepulang kuliah langsung pulang ke kosan? Hal begini yang bikin kamu jadi semakin kangen rumah. Coba deh mulai cari aktivitas baru di waktu luangmu untuk mengalihkan pikiran ingin terus pulang ke rumah. Kamu bisa mulai dengan bergabung himpunan jurusan, kepanitiaan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di kampus, mengembangkan hobi, atau ikut kegiatan volunteering. Dengan begitu, kamu bisa menambah banyak teman baru, jadi nggak kesepian lagi deh.

2. Dekor kamar tidur senyaman mungkin

Dekor Kamar Tidur Senyaman Mungkin- 5 Tips Homesick untuk Mahasiswa Baru

Dekor Kamar Tidur Senyaman Mungkin (Sumber: dekoruma.com)

Bagi kamu perantau, kamar tidur bukan hanya sebagai tempat istirahat namun untuk menyimpan barang serta melakukan aktivitas lain seperti makan, berkumpul dengan teman, serta belajar. Oleh karenanya, kamu harus membuat kamar tidurmu senyaman mungkin. Walau memang sih, nyamannya nggak seperti kamar di rumah. Nah, kira-kira gimana caranya ya? Kamu bisa lho “memindahkan” kamar di rumah ke kamar kosan kamu sebagai pengobat rindu. Eits, bukan berarti harus membawa segala properti di rumah lho. Mengatur letak barang dan penerangan, cukup membantumu berada seperti kamar di rumah kok. Dengan begini kamu nggak lagi merasa asing dengan suasana tidur di kosan. Ini ampuh banget lho supaya bikin betah jadi anak kos.

3. Curhat dengan sesama anak rantau

Curhat dengan sesama anak rantau- 5 Tips Mengatasi Homesick Bagi Mahasiswa Baru

Curhat dengan sesama anak rantau (Sumber: childmags.com)

Jika rasa kangen rumah nggak terbendung lagi, sebaiknya jangan ditahan. Nggak apa-apa kok kalau ingin menangis sampai merasa lebih lega. Tidak ada salahnya juga untuk curhat dengan teman dekat yang kamu percaya untuk bisa berbagi dan bisa meluapkan isi hati dan juga mengurangi beban pikiran. Menahan untuk bercerita hanya akan membuat diri kamu terkurung dalam kesedihan mendalam lho. memiliki keluarga baru di tempat rantau. Selain itu nggak ada salahnya juga kamu bertanya pada senior di kampus yang sudah merantau lebih lama untuk tahu tips nggak sering-sering homesick. Supaya pada akhirnya, kamu bisa dengan begini kamu bisa lebih bersyukur.

4. Mencari hal positif dari merantau

Mencari hal positif tentang tempat tersebut- 5 Tips Mengatasi Homesick untuk Mahasiwa Baru

Mencari hal positif dari merantau (Sumber: wanitaindonesia.co.id)

Kamu bisa mulai memikirkan berbagai hal positif yang telah kamu alami sejauh di tempat tinggal baru atau tanah rantau. Misalnya kamu bisa memperoleh kebebasan dan dapat mengambil keputusan sendiri untuk bertindak. Saat dirumah kamu diberlakukan jam malam sehingga kamu tidak bisa berkumpul dengan teman untuk bermain atau menyelesaikan tugas, sementara saat merantau kamu bisa menentukan jam malam untuk dirimu sendiri. Selain masih banyak hal positif yang masih bisa kamu pikirkan kembali, dengan mencatat hal positif ini akan membantu “merapikan” kembali pikiran yang sedang kalut dan menyadari bahwa tidak selamanya sesuatu yang baru dan asing itu buruk.

5. Eksplore tempat tinggal baru

Eksplore tempat tinggal baru- 5 Tips Mengatasi Homesick bagi Mahasiswa Baru

Eksplore tempat tinggal baru (Sumber: sukasuka.tech)

Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Daripada kamu banyak melamun di kosan, mending gunakan waktu luang untuk jelajahi pelosok kota di mana kamu merantau. Bisa juga sambil mengajak teman-teman agar semakin seru. Sekalian kamu bisa mempelajari rute jalan, jalur angkutan umum, landmark, dan tempat-tempat penting lainnya, kamu akan semakin akrab dengan suasana kota tempatmu tinggal sekarang. Sekalian jadi bisa hunting makanan khas juga ‘kan

Intinya, jadi anak rantau nggak menyedihkan kok, asal kamu tahu gimana cara menghadapinya. Pasti selalu banyak hal menyenangkan dimanapun kita berada. Nah, kalau udah bisa survive sama lingkungan sekitar, jangan lupa juga buat bisa adaptasi sama cara belajar di universitas ya. Kalau kamu butuh les tambahan, ada 100 bidang mata pelajaran yang tersedia di ruangles lho yang bisa membantumu mendapatkan nilai-nilai mata kuliah dengan sempurna. Yuk, belajar bareng!

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts