Tips Hadapi Kegelisahan Jelang Pekan Ujian

Rabia Edra Agu 27, 2015 • 3 min read


menghadapi kegelisahan saat ujian

Artikel ini berisi informasi agar kamu dapat mengatasi kegelisahan menjelang ujian.

--

Ujian sering kali menjadi saat-saat yang mendebarkan untuk dihadapi. Kamu merasa begitu nggak sih? Rasa was-was, takut, gelisah, dan tidak percaya diri kadang membuat kita keringat dingin. Bahkan orang-orang yang biasanya paling pintar atau well-prepared pun bisa merasakan hal itu. Ini terjadi karena ujian dianggap menentukan hasil kerja keras kita selama ini, dan tidak bisa dilakukan setiap hari. Ujian apa pun itu. Agar semakin siap, berikut beberapa tips untuk membuat diri lebih terkontrol dalam menghadapinya!

1. Bangun pola belajar yang baik

Rasa cemas dan gelisah dalam menghadapi ujian, mayoritas disebabkan oleh ketidaksiapan penguasaan materi. Oleh karena itu, salah satu cara paling efektif untuk menghindari hal itu adalah dengan membangun pola belajar yang baik, sesuai dengan gaya belajar kamu. Buat jadwal yang bisa dilakukan dengan konsisten. Bisa dengan setiap hari, seminggu tiga kali, atau kapan pun dibutuhkan untuk tetap mengingat pelajaran. Menguasai materi dengan baik dapat membuatmu lebih tenang dalam mengerjakan soal.

2. Jangan SKS

tips ujian

SKS hanya membuat kamu kewalahan belajar (Sumber: study.com)

Sering kita kenal istilah SKS (Sistem Kebut Semalam) di kalangan siswa untuk merujuk kebiasaan belajar dengan menghabiskan seluruh materi pelajaran hanya dalam satu malam. Sebenarnya, guru kamu mungkin sudah selalu mengingatkan untuk tidak memakai sistem ini. Karena jelas, hasilnya tidak akan maksimal. Apalagi jika materi yang harus dipahami begitu banyak, kamu justru akan merasa kelelahan. Sebaiknya, cicil dari awal periode belajar, sedikit demi sedikit pahami materi, hingga menguasai seluruhnya. Di hari-hari jelang ujian, kamu bisa jauh lebih tenang dan tak perlu bersikap cemas.

3. Sering berlatih

Kamu tentu saja bukan sekadar membaca dan mengingat materi yang sudah diajarkan di sekolah. Namun, untuk beberapa subjek tertentu, diperlukan latihan pengerjaan soal-soal agar semakin terbiasa dalam mengerjakan, terutama untuk pelajaran-pelajaran eksak seperti matematika. Semakin sering berlatih dalam pelajaran apa pun, kamu akan mengenal berbagai jenis soal yang mungkin keluar, sekaligus sebagai simulasi durasi waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaiannya. Kalau sudah makin banyak variasi soal yang dikuasai, pasti kegelisahan juga berkurang.

4. Tidur yang cukup

tidur yang cukup

Tidur cukup (Sumber: medicalnewstoday.com)

Selain untuk selalu menjaga kesehatan, tidur yang cukup akan membantumu untuk mengurangi rasa gelisah. Hasil studi terbaru dari University of California, Berkeley menyampaikan bahwa seseorang yang kurang tidur pada malam hari akan meningkatkan sebesar 30% rasa gelisahnya. Jadi, salah besar jika kamu harus begadang belajar menjelang ujian di keesokan hari. Menurut National Sleep Foundation, pada usia remaja (14-17 tahun) direkomendasikan waktu tidur selama 7-10 jam setiap malam. Setidaknya jaga pola tidur seminggu sebelum pekan ujian dimulai. Hal ini akan membuatmu dalam keadaan bugar dalam pekan ujian.

5. Perhatikan makananmu

Jangan pernah biarkan memasuki ruang ujian dengan perut dalam keadaan kosong. Rasa lapar saat mengerjakan soal hanya akan semakin merusak konsentrasimu. Nah, tapi tentunya bukan asal kenyang ya. Perlu diperhatikan juga kandungan dalam asupanmu. Berikut beberapa jenis makanan/minuman yang penting untuk dikonsumsi menjelang ujian: minyak ikan, telur, bayam, teh hijau, roti gandum, dan blueberry. Kandungan protein, vitamin, dan karbohidrat yang seimbang akan membantumu berpikir dengan lebih baik.

6. Berpikir positif dan rileks

berpikir positif

Rileksasi tubuh dan pikiran (Sumber: thehealthy.com)
  

Berikan sugesti positif pada dirimu agar semakin rileks dalam menghadapi ujian dan membantu membuang rasa cemas. Pikirkan tentang nilai bagus yang akan kamu dapatkan, liburan menyenangkan bersama keluarga setelah ujian, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, performamu dalam ujian akan jadi lebih baik.

Eits, tapi jangan lupa selalu maksimalkan proses belajarmu bersama Ruangguru, dengan kumpulan video materi pelajaran beranimasi, dan ribuan soal latihan di ruangbelajar!

ruangbelajar

 

Beri Komentar