Jadi Guru Favorit yang Disukai Banyak Siswa? Coba deh 5 Tips Ini!

Riza Miftah Muharram Jun 10, 2019 • 3 min read


tips menjadi guru favorit di sekolah

Menjadi guru favorit mungkin adalah dambaan bagi setiap guru di dunia. Artikel ini akan membahas 5 tips menjadi guru favorit yang bisa dicoba.

--

Menjadi guru bukanlah merupakan tugas yang mudah. Seorang guru tidak hanya dituntut untuk bisa mengajarkan ilmu, tetapi juga harus menjadi teladan yang baik bagi anak didiknya, terlebih jika bisa menjadi guru favorit yang disukai para siswa.

Siswa yang telah menjadikan salah satu gurunya sebagai favorit akan lebih mudah menerima pelajaran yang diajarkan. Lain halnya jika siswa tidak menyukai gurunya, maka pelajaran yang Bapak/Ibu ajarkan seolah begitu sulit mereka terima, bahkan malas-malasan dalam belajar. Jadi, menjadi guru favorit adalah hal yang cukup penting, lho.

Sayangnya, tidak semua guru tahu bagaimana bisa menjadi guru favorit. Untuk itu, artikel berikut ini akan menjabarkan tips agar Bapak/Ibu bisa dianggap sebagai guru favorit bagi para siswa di jenjang pendidikan manapun.

1. Berikan Kesan Positif dan Antusias

Sebelum memulai pelajaran, cobalah untuk tunjukkan kesan positif kepada para siswa. Berikan senyum dan sapa ke mereka agar mereka merasa nyaman untuk memulai pembelajaran hari itu. Bapak/Ibu juga harus menunjukkan sikap antusias dalam hal semangat untuk mengajar.

Baca Juga: Inilah 10 Kriteria untuk Jadi Guru Profesional

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh Muhammad Al-Haddad dari Universitas Muhammadiyah Surakarta, motivasi belajar para siswa di sekolah sangat bergantung pada gurunya. Dengan mengedepankan dua sikap tadi, niscaya para siswa akan menyambutnya dengan suka cita dalam belajar.

2. Dekat dengan Siswa

Untuk menjadi guru favorit, Bapak/Ibu bisa berusaha dekat dengan para siswa. Jadilah guru yang bisa bersahabat dengan anak didiknya, yang bisa mengambil hati mereka tidak hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Nantinya, para siswa akan menganggap Bapak/Ibu sebagai temannya, tanpa meninggalkan sikap sopan dan santun terhadap Bapak/Ibu.

Untuk itu, Bapak/Ibu harus memiliki sifat supel bila ingin bisa dekat dengan para siswanya, mudah bergaul dan dekat, agar nantinya bisa dengan mudah menjalin hubungan kekeluargaan atau pertemanan dengan para siswanya.

tips menjadi guru favorit di sekolah

3. Humoris dalam Mengajar

Siapa yang tidak suka seseorang yang humoris? Begitu pun para siswa terhadap gurunya. Bapak/Ibu harus memiiliki sifat humoris yang bisa dimunculkan dalam proses belajar mengajar di kelas.

Kegiatan belajar mengajar tidak akan terasa kaku kalau Bapak/Ibu adalah seorang yang humoris. Walau bgitu, humoris bukan berarti tidak serius, melainkan mampu mencairkan suasana ketika sedang berlangsung kegiatan mengajar. Cobalah selingi materi-materi pelajaran dengan hal-hal yang lucu tetapi tetap nyambung dengan materi.

4. Tidak Suka Memarahi

Bapak/Ibu pasti sudah akrab dengan istilah “Guru Killer”, ‘kan? Sebagai seorang guru, tentunya tidak ingin dicap demikian oleh para siswanya. Nah, untuk itu, Bapak/Ibu harus mampu mengurangi intensitas marah di kelas, ubahlah dengan menasehati dengan baik.

Anggaplah diri Bapak/Ibu sebagai orangtua kedua yang dapat dijadikan teman curhat bagi para siswa. Dengan begitu, Bapak/Ibu akan semakin mudah dekat dengan mereka serta bisa mengetahui masalah-masalah apa yang sebenarnya sedang dialami mereka yang selama ini menghambat pendidikannya. Bila sudah saling mengerti, rasa marah berganti menjadi empati.

Baca Juga: 7 Siasat Agar Sukses Menjadi Guru

5. Mengerti Materi Pelajaran

Salah satu faktor yang menghambat para siswa untuk bisa mengerti pelajaran yang diajarkan Bapak/Ibu adalah gimana materi tersebut disampaikan. Seorang guru yang bisa menjadi favorit para siswa adalah yang mampu menjelaskan materi dan berkomunikasi dengan jelas, ringkas, tidak bertele-tele atau berbelit-belit.

Guru yang semacam ini dianggap sudah mengerti materi pelajaran yang sedang diajarkan. Para siswa pun akan dengan senang hati ikut belajar dan mereka bisa mudah mengerti apa yang diajarkan.

Nah, di tahun ajaran baru nanti, Bapak/Ibu bisa coba kelima tips di atas untuk menjadi guru favorit para siswanya. Selain menjadi guru favorit, Bapak/Ibu juga bisa mendaftar sebagai guru privat di ruangles untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari mengajar, lho.

New Call-to-action

Beri Komentar