Tips Persiapan Tes IELTS untuk Kuliah di Luar Negeri

Fatin Dinni Inayah

Dec 25, 2018 • 3 min read

sukses kerja


Anda berencana untuk melanjutkan studi ke luar negeri? Pastinya kemampuan Bahasa Inggris menjadi salah satu syarat utama yang harus Anda penuhi, apalagi bila Anda berminat untuk mendaftar beasiswa.

Selain TOEFL, ada juga tes bahasa Inggris bernama IELTS, yaitu kependekan dari The International English Language Testing System, yang diberlakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris kandidat dengan asal negara bukan penutur bahasa Inggris. Tes yang dikelola oleh Cambridge English Language Assessment, the British Council, dan IDP: IELTS Australian ini merupakan tes yang paling umum digunakan saat ini untuk mendaftar pendidikan tinggi ataupun migrasi ke luar negeri. Lalu, apa saja persiapan yang harus dilakukan menuju Tes IELTS? Catat poin-poin berikut ini, Rekan Kerja!

 

1. Pahami format Tes IELTS

 tes ielts

Bentuk Sertifikat Tes IELTS (Sumber: pbs.twimg.com)

Penting bagi Anda memahami seperti apa bentuk tes IELTS itu sendiri. Bila Anda tidak mengenal dengan baik seperti apa format tes tersebut, tentu Anda tidak dapat mengidentifikasi apa saja strategi yang harus dilakukan untuk menaklukkan tes IETLS.

Bentuk tes IELTS sangat berbeda dengan TOEFL. Tes IELTS memiliki empat aspek tes, yaitu Listening (30 menit), Reading (60 menit), Writing (60 menit) dan Speaking (11–14 menit) dengan total estimasi waktu adalah 2 jam 45 menit. Masing-masing bagian tentu memiliki karakteristik tersendiri, seperti pada Writing Task 1 minimal jumlah kata yang harus ditulis adalah 150 kata dan Task 2 sebanyak 250 kata. Pastikan Anda mengenal format soal masing-masing bagian, termasuk instruksi apa saja yang diberikan untuk tiap bagian.

2. Perbanyak latihan

tes ieltsBanyak latihan dapat mengidentifikasi kekurangan Anda (Sumber: ielts.allearsenglish.com)

Peribahasa “practice makes perfect” memang terbukti benar. Semakin banyak Anda mengerjakan latihan soal, maka akan semakin lancar Anda memahami bentuk tes IELTS. Tidak hanya di toko buku, di internet pun terdapat banyak soal tes IELTS yang dapat Anda unduh dan kerjakan. Pastikan juga Anda mengunduh jawaban dan pembahasan soalnya agar Anda dapat memahami di mana letak kekurangan Anda.

Bila Anda tidak punya waktu untuk mempelajari IELTS dari buku atau literatur lain, Anda juga bisa belajar lewat aplikasi belajar IELTS yang tersedia baik di Play Store maupun App Store. Ada banyak sekali aplikasi belajar IELTS yang dapat Anda unduh secara gratis. Tidak ada alasan untuk tidak latihan, bukan?

Baca juga: Tips Menulis Motivation Letter untuk Beasiswa Kuliah

3. Ikuti Kursus Persiapan IELTS

tes ieltsAdanya teman dapat menambah semangat dalam belajar (Sumber: ieltsasia.org)

Di beberapa lembaga penyedia tes IELTS, terdapat juga kursus persiapan yang dapat Anda ikuti dengan harga bervariasi tergantung jumlah pertemuan dan jam belajar. Salah satu penyedia tes IELTS yang juga menyediakan kursus persiapan adalah IALF. Kursus Persiapan IELTS tentu menjadi solusi terbaik bila Anda tak hanya butuh banyak latihan, tetapi juga butuh lingkungan yang mendukung untuk persiapan IELTS tersebut.

Keunggulan lain dari mengikuti kursus persiapan IELTS adalah Anda jadi dapat berkonsultasi tentang permasalahan yang Anda temui selama mempelajari IELTS dan bahkan berkonsultasi seputar studi yang ingin Anda pilih ke depannya. Tak hanya lembaga besar, kini juga banyak tersedia kursus mandiri rumahan yang dapat Anda ikuti dengan harga miring. Biasanya, pengajarnya merupakan penerima beasiswa, lulusan luar negeri, atau pemeroleh skor IELTS tinggi.


Itu dia tiga hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan tes IELTS untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Jangan lupa juga untuk mempersiapkannya sejak jauh-jauh hari, sekitar tiga bulan sebelum Anda berencana mengambil tes. Ikuti juga kelas persiapan IELTS di aplikasi ruangkerja. Unduh dengan cara klik gambar di bawah ini. GRATIS!

 

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts