Tips Produktif Bekerja Selama Puasa Ramadan

Naya Dini

May 7, 2019 • 3 min read

sukses kerja tips & trick


puasa ramadanArtikel ini berisikan tentang cara jitu untuk tetap produktif selama bekerja dalam keadaan berpuasa.

--

Selamat menjalankan ibadah puasa bagi Anda yang beragama Islam, Rekan Kerja! Selama bulan Ramadan, pastinya kantor Anda memberlakukan jam kerja berbeda bukan? Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) jam kerja berubah menjadi seperti di bawah ini.

puasa ramadan

Perubahan jam kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) selama Ramadan (Sumber: Twitter.com/ruangkerja_)

Umumnya di kantor manapun jam masuk dan pulang kerja menjadi lebih awal agar bisa buka puasa di rumah. Lalu bagaimana caranya menyesuaikan diri dengan jam kerja yang lebih awal dalam keadaan berpuasa? Tim ruangbaca telah merangkum beberapa cara jitu agar Anda tetap produktif di kantor selama bulan Ramadan.

1. Jangan lewatkan sahur dan perhatikan asupan gizi Anda

Jujur deh, bagi Anda yang tinggal tidak bersama orang tua pasti malas rasanya harus bangun sahur apalagi menyiapkan makanan sendiri. Terlebih lagi bila Anda masih tinggal sendiri dan belum berkeluarga, karena tidak ada tanggung jawab jadi memilih untuk kembali tidur saja. Wah, jangan seperti itu Rekan Kerja.

puasa ramadanUsahakan sahur meskipun mengantuk (Sumber: babe.topbuzz.com)

Porsi sarapan dan makan siang harus dirapel ke waktu sahur. Agar tidak lemas di siang hari, Anda perlu mempertimbangkan asupan gizi saat sahur. Makan lah biji-bijian yang mengandung protein sehingga membuat Anda lama kenyang, sayur  dan buah yang mengandung air dan serat tinggi, serta banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.

Bila Anda terbiasa mengonsumsi teh atau kopi, lebih baik jangan konsumsi minuman berkafein tersebut di saat sahur maupun berbuka karena dapat menyebabkan tubuh dehidrasi akibat sifatnya yang diuretik. Satu hal lagi, Rekan Kerja, jangan makan berlebihan saat berbuka ya!

2. Buat daftar pekerjaan sebagai target harian

puasa ramadanBuat daftar pekerjaan Anda dan atur skala prioritas (Sumber: linovhr.com)

Pertama-tama Anda harus mengingat terlebih dulu bahwa bekerja sama dengan ibadah. Menjalankan ibadah tentunya tidak mudah, ada saja godaannya dari mulai rasa lapar, haus, sampai emosi Anda pun diuji. Terlebih lagi ketika puasa, kurangnya energi dapat menyebabkan konsentrasi Anda berkurang, sehingga Anda menjadi sulit fokus ketika di kantor. Oleh karena itu, untuk membantu Anda tetap fokus selama berpuasa, sebaiknya Anda membuat daftar pekerjaan dan tentukan skala prioritasnya.

Jika Anda memiliki jadwal meeting, buatlah rapat di pagi hari saat Anda masih segar. Menjelang berbuka biasanya tubuh mulai kehabisan tenaga setelah beraktifitas seharian. Akan lebih baik jika meeting dapat dilakukan melalui video call sehingga tidak membuang tenaga Anda apalagi jika agendanya banyak.

3. Sempatkan beristirahat

Seperti yang telah dijelaskan di poin sebelumnya, ketika puasa Anda mudah lemas. Daripada memaksakan diri, lebih baik Anda beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda. Beruntung bila di kantor Anda terdapat napping room yang dapat Anda gunakan untuk tidur sebentar 10-15 menit.

puasa ramadanManfaatkan waktu istirahat untuk tidur (Sumber: static.independent.co.uk)

Bangun sahur dini hari tentu saja memengaruhi jam tidur Anda. Apalagi jika Anda memilih untuk langsung siap-siap bekerja setelah subuh. Mungkin juga Anda banyak menghabiskan waktu di malam hari untuk beribadah sehingga jam istirahat Anda akan berkurang. Sempatkanlah untuk mengganti istirahat Anda di siang hari saat di kantor. Meskipun tidak bisa selama yang Anda butuhkan, setidaknya tubuh Anda tidak terlalu diforsir untuk terus bekerja.

Itu dia tips agar Anda dapat tetap produktif meskipun bekerja dalam keadaan berpuasa. Anggapan yang menilai bahwa berpuasa dapat membuat orang mudah terkena penyakit sebenarnya tidak benar, karena puasa memberikan banyak manfaat dari sisi kesehatan bagi yang melakukannya. Bila Anda menjalankan ketiga hal yang telah disebutkan di atas, maka kondisi Anda akan fit dan terhindar dari penyakit. Baca juga artikel menarik lainnya di aplikasi ruangkerja. Anda juga bisa mengikuti beragam kelas di aplikasi ruangkerja sambil menunggu waktu berbuka. Selamat melanjutkan ibadah puasa, Rekan Kerja!

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts