Tips Sukses Mengerjakan Soal HOTS di Ujian Nasional (UN) 2019

soal HOTS

Squad, sudah siap menghadapi Ujian Nasional yang sebentar lagi akan berlangsung? Pada UN 2018 lalu banyak sekali siswa yang mengeluh merasa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional, terutama matematika. Mereka merasa soal Ujian Nasional yang mereka hadapi tidak sama dengan materi yang diajarkan di sekolah. Sama halnya seperti salah satu komentar peserta UN 2018 lalu di platform Instagram yang dibacakan oleh Iqbaal Ramadhan pada Ruangguru Spesial Bersama Iqbaal Ramadhan lalu. “Pas pertama liat soal cuman bisa nangis, satu jam cuman bisa ngerjain 9 nomor”, ucap Iqbaal membacakan salah satu komentar dari siswa.

UN tahun 2018 telah menggunakan soal yang membutuhkan daya nalar tinggi atau higher order thinking skills (HOTS). Soal dengan tipe HOTS ini juga masih akan digunakan pada UN 2019 dengan jumlah maksimal 15 sampai 20 persen.  Bahkan, menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, soal UN dengan konsep HOTS tahun ini akan lebih sulit dibandingkan tahun lalu. Kemendikbud memasukkan soal HOTS dengan tujuan untuk meningkatkan daya serap kemampuan siswa yang awalnya hanya level basic menjadi higher thinking skill.

Melihat fakta-fakta tersebut, tentunya kamu perlu menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar bisa mengerjakan soal UN dengan sempurna. So, supaya lebih siap menghadapi soal HOTS di UN mendatang berikut tips yang bisa kamu terapkan.

1. Belajar secara mendalam untuk memahami sebuah konsep materi

soal HOTS

Kamu sudah tahu ‘kan Squad jika HOTS mempunyai level yang lebih tinggi dibandingkan LOTS? HOTS membutuhkan kemampuan menganalisa, pemikiran kritis, pemecahan masalah, kreativitas, hingga inovasi. Untuk itu, kamu harus benar-benar paham mengenai sebuah konsep materi. Kamu tidak bisa hanya menghafal atau mempelajari rumus cepat. Kamu harus mengetahui makna dari sebuah definisi, dari mana datangnya sebuah rumus, hingga mengaitkan satu bab dengan bab-bab lain yang sudah dipelajari sebelumnya.

Soal UN berbentuk HOTS akan lebih sulit dibandingkan soal-soal UN biasanya. Jadi kamu harus mulai membiasakan diri dengan belajar dari soal-soal SBMPTN atau tes ujian mandiri masuk universitas seperti SIMAK UI. Tipe soal SBMPTN atau SIMAK lebih sulit serta menggunakan tipe soal yang membutuhkan penalaran tingkat tinggi. Kamu juga bisa memahami konsep suatu materi dengan lebih baik dengan menonton video beranimasi di ruangbelajar. Sebab, di ruangbelajar kamu akan diajarkan bagaimana cara mengerti konsepnya dan nggak hanya menghafal materi.

2. Belajar sesuai kisi-kisi UNBK 2019

Squad, tipe soal HOTS yang baru ini mungkin akan membuatmu makin pusing dan bingung harus belajar darimana. Nah, supaya kamu nggak bingung dan bisa belajar lebih terarah, coba deh pelajari kisi-kisi soal UN 2019 yang sudah disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Dengan belajar berdasarkan kisi-kisi kamu jadi tahu apa saja Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan kamu bisa lebih fokus belajar untuk materi yang akan diujikan. Tentunya jadi lebih efektif ‘kan? Yuk, lihat kisi-kisi UN 2019 dengan klik link di bawah ini:

Ini Kisi-kisi UN dan USBN SD, SMP, SMA, SMK Sederajat Tahun 2019

3. Buat belajar menjadi lebih menyenangkan

Capture-181Fitur ruangbelajar di aplikasi Ruangguru

Mempersiapkan diri menghadapi ujian yang semakin dekat pastinya membuat jadwalmu semakin padat. Kamu juga bisa stres akibat tekanan yang mengharuskan kamu memahami seluruh materi dan keinginan untuk mendapatkan nilai sempurna. Psst, belajar tidak selamanya bikin kamu stres kok. Kamu bisa mencari sumber belajar yang lebih menyenangkan di ruangbelajar. Video yang beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis bikin belajar jadi seperti main game. Kamu juga bisa lebih cepat memahami konsep materi dari visualnya yang menarik. Belajar jadi lebih mudah dan menyenangkan 'kan?

4. Buat kategori soal menggunakan tanda

soal HOTS

Pada UN 2019 mendatang, jumlah soal HOTS akan berjumlah antara 15 sampai 20 persen dari keseluruhan soal. Maka, kamu perlu strategi untuk mengerjakan soal-soal UN ini Squad. Ingatlah bahwa tidak semua soal UN adalah soal sulit. Biasanya, soal akan dibagi menjadi tiga kategori yaitu sulit, sedang, dan mudah. Buatlah tanda untuk ketiga kategori soal ini di secarik kertas yang sudah kamu beri nomor. Kamu bisa memberikan tanda silang (×) untuk soal kategori sulit, tanda bulat (Ο) untuk soal kategori sedang, dan tanda centang (v) untuk soal kategori mudah.

Tanda ini akan memudahkan kamu saat akan kembali mengerjakan soal-soal yang belum kamu jawab sebelumnya. Kamu jadi tahu, mana soal yang perlu kamu pikirkan ulang dan mana soal yang benar-benar tidak bisa kamu jawab. Dengan memberi tanda, kamu juga bisa mengira-ngira berapa nilai yang akan kamu dapatkan setelah mengerjakan semua soalnya.

Tidak ada yang sulit kok Squad jika kamu sudah belajar dengan maksimal. Berusahalah sekeras mungkin, agar kamu tidak menyesal dan bisa mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Menangis sekarang, bahagia kemudian! Jangan lupa juga ya untuk menonton video beranimasi, berlatih soal, dan mengulang kembali materinya melalui rangkuman infografis di ruangbelajar. Pasti kamu akan semakin mudah menaklukan soal-soal HOTS di UN nanti deh. Yuk, buktikan!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts