Tips Sukses Menjalani Hari Pertama Masuk Kerja

Maya Martha

Apr 18, 2019 • 4 min read

sukses kerja tips & trick


tips sukses

Artikel ini mengenai tips sukses Anda bisa menjalani hari pertama kerja dengan baik

--

“Karier Anda dibangun oleh tangan Anda sendiri, bukan orang lain”, kata Audi Lumbantoruan yang menjabat sebagai Chairman serta Co-Founder OneHR.

Selamat ya! Setelah melewati banyak pertimbangan, akhirnya Anda pun menerima tawaran bekerja di sebuah perusahaan. Anda akan mulai memasuki lingkungan baru yang menghabisi waktu sehari-hari Anda, Rekan Kerja. Namun, kesuksesan karier Anda ternyata dipengaruhi dari impresi yang Anda buat di hari pertama Anda masuk kerja. Hal ini memang dapat membangun komunikasi agar terjalin baik dan pun juga kepercayaan. Di dalam kelas Learn How to Get a Job, Audi membagikan ilmunya mengenai apa saja yang harus dilakukan oleh karyawan baru di hari pertama masuk kerja. Nah, agar Anda bisa menjalani hari pertama Anda di kantor maka inilah tips sukses yang akan diberikan oleh Audi tersebut.

1. Mempersiapkan estimasi waktu, outfit, dan perlengkapan yang harus dibawa

tips sukses

Merencanakan dan mempersiapakan diri (Sumber: creativemarket.com)

Penting untuk Anda merencanakan dari jauh-jauh hari tentang berapa lama Anda mungkin akan habiskan waktu di perjalanan hingga sampai ke kantor. Anda pun juga harus memilih kira-kira kendaraan apa yang efektif untuk mengantarkan Anda sampai tujuan. Masuk kerja di hari pertama memerlukan persiapan yang matang, Rekan Kerja.

Selain itu, jangan sampai juga Anda salah kostum alias saltum! Bisa saja apa yang Anda pakai tidak rapi dan sopan karena Anda buru-buru dan tidak melakukan persiapan. Tidak hanya itu, ada juga beberapa perusahaan yang menginginkan Anda membawa sejumlah dokumen pribadi sebagai persyaratan bekerja, misalnya hasil pemeriksaan kesehatan atau ijazah pendidikan terakhir Anda. Tanpa adanya persiapan, bisa saja Anda lupa membawa semua permintaan tersebut.

Baca Juga: Rahasia Membuat Portofolio Lamaran Kerja agar Diterima Perusahaan Idaman

2. Tenangkan diri Anda

tips sukses

Bertindak tidak panik dan tetap fokus (Sumber: VectorStock.com)

Datang tepat waktu dapat memberikan ruang kepada Anda untuk bersikap tenang. Menurut Audi Lumbantoruan, sebaiknya datang setengah hingga satu jam sebelum jam yang ditentukan atau sebelum jam masuk kantor. Apabila Anda mempersiapkan hari pertama Anda dengan baik, Anda dapat mengatur kepanikan yang Anda miliki, Rekan Kerja.

Penyebab ketenangan pikiran Anda terganggu juga bisa karena masuk ke dalam lingkungan baru memberikan Anda banyak pertanyaan. Nah, ada 3 tips menarik nih untuk menghalau panik dan menggiring pemikiran positif, Rekan Kerja. Hal pertama adalah Anda harus membuka pikiran dengan membalikan lembaran ke lembaran yang baru. Sikap Anda yang yakin bahwa pekerjaan Anda sekarang akan lebih baik daripada pekerjaan yang sebelumnya. Kedua adalah Anda harus dapat meyakinkan diri Anda sendiri bahwa pekerjaan ini merupakan pintu karier Anda dibuka. Tips positif yang terakhir adalah dengan membayangkan bahwa sudah ada banyak saingan yang berhasil Anda lewati. Untuk itu, yakinlah pada diri sendiri dan bersyukurlah atas kesempatan yang sudah diberikan.

3. Pahami situasi dan kondisi kantor

tips sukses

Berbagai macam rekan kerja yang akan Anda temui (Sumber: york.ac.uk)

Masuknya Anda ke dalam sebuah pekerjaan dan lingkungan baru menuntut Anda untuk memahami situasi dan kondisi kantor. Biasanya di hari pertama kerja, Anda akan diberikan materi informasi tentang perusahaan oleh divisi HR (Human Resource) atau departemen SDM (Sumber Daya Manusia). Pastikan Anda mendapatkannya, Rekan Kerja! Hal ini sangat penting agar Anda memahami perusahaan secara keseluruhan terkait visi misi, struktur, dan lain sebagainya.

Setelah itu, usahakan di hari pertama Anda langsung bertemu dengan atasan Anda langsung (orang yang membimbing Anda). Tidak apa untuk meminta saran, pendapat, dan informasi mengenai tempat duduk Anda. Jangan lupa juga untuk mengonfirmasi apa pekerjaan Anda. Namun, apabila tidak, nantinya Anda akan merasa kebingungan tentang jobdesc Anda sendiri. Hal ini sering terjadi lho! Sebetulnya dengan memahami situasi dan kondisi yang ada di kantor, diharapkan Anda dapat menyesuaikan diri dalam bersikap dan berperilaku. Terutama kepada rekan kerja yang pekerjaannya bersinggungan langsung dengan Anda. Sangat diperbolehkan bila Anda mencatat nama-nama rekan kerja sebagai upaya untuk menghafal dan memahami mereka.

Rekan Kerja, tiga tips ini dapat menjadi pedoman untuk Anda. Apalagi jika Anda kebingungan harus berperilaku dan bersikap seperti apa yang baik dan benarnya. Memang hari pertama masuk kerja memengaruhi kesuksesan karier Anda namun, Anda juga perlu konsisten untuk selalu produktif dalam bekerja. Apabila Anda ingin mendapatkan materi lengkapnya Anda bisa mengikuti kelas Learn How to Get a Job di aplikasi ruangkerja. Ada beberapa materi yang bisa Anda dapatkan di sana. Selain itu juga, sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan diri, Anda bisa membaca artikel-artikel lainnya. Ada banyak artikel menarik yang mampu memperluas dan mengembangkan skill yang Anda miliki di aplikasi ruangkerja. Unduh sekarang aplikasinya melalui App Store atau Play Store telepon pintar Anda. GRATIS

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts