7 Tips Sukses Lulus UTBK yang Perlu Kamu Lakukan

tips sukses lulus utbk

Mau lulus UTBK tahun ini? Yuk, terapkan lima tips di bawah ini untuk memastikan kamu sukses dan lulus UTBK SNBT!

Tips sukses lulus dan belajar UTBK? Emang butuh? Di antara kamu ada yang udah nyiapin buat UTBK? Atau cuma kebayang-bayang tapi gak begitu serius bikin persiapan karena merasa UTBK masih jauh? Saya coba kasih sedikit bisikan: belajar dari jauh-jauh hari itu lebih asyik dan gak stressfull dibanding buru-buru sebelum ujiannya mau dateng, lho. :p

Maka, tulisan ini dibuat untuk kamu yang lagi pengin persiapan UTBK tapi bingung gimana caranya. Yuk, simak  tips persiapan UTBK yang bisa kamu lakukan ini!

 

1. Membangun kesadaran mental

Ini mungkin hal kecil yang banyak orang suka lupa. Kalau kamu benar-benar mau nyipain UTBK dari sekarang, kamu harus punya kesadaran mental.

Maksudnya gimana?

Begini. Di dalam diri, secara mental kamu harus benaran sadar kalau kamu akan menghadapi UTBK. Kamu harus bangun mindset kalau apa yang bakal kamu usahain ini memang nggak bisa keliatan hasilnya sekarang atau minggu depan, tapi ya pas hasil UTBK-nya keluar.

Jadi, secara mental dan mindset kamu udah kebentuk: kalau perjuangan yang kamu lakuin sekarang sifatnya jangka panjang.

Baca juga: Info UTBK-SNBT 2023: Jadwal, Materi, Syarat, dan Tahapannya

Beberapa orang suka nyepelein kesadaran mental ini dan karena ngerasa “UTBK masih jauh”, persiapan yang sekarang dia lakuin adalah persiapan yang sifatnya “iseng-iseng” aja. Hasilnya, ya waktu kamu habis dan output dari persiapan kamu nggak bakalan efektif. Kamu nggak bakal benaran bisa nyiapin UTBK karena nggak punya kesadaran secara mental.

Buat beberapa orang, sih, ngelakuin kesadaran ini gampang. Cuma dipikirin dan “dihayati” aja. Tapi, buat yang susah dengan kayak gitu. Kamu bisa bantu pakai beberapa cara simpel. Misalnya, ganti wallpaper hape atau laptop dengan kutipan yang nyemangatin kamu terkait UTBK. Atau tulis kampus yang mau kamu tuju di kertas, lalu tempel di tembok kamar. Supaya tiap bangun, kamu keinget dan secara mental kamu benaran sadar kalau ini adalah bagian penting di hidup buat kamu perjuangin.

persiapan utbkSadari bahwa UTBK sudah di depan mata (Sumber: theconversation.com)

 

2. Kerjakan soal UTBK dan evaluasi diri

Cari tahu bagian mana dari kamu yang masih nggak bisa. Gimana caranya? Gampang banget. Kamu mulai dari ngerjain soal-soal UTBK tahun lalu. Dari situ, kamu bisa dapet 2 hal:

  1. Pengalaman ngerjain soal UTBK (yang sebenarnya)
  2. Mengukur kemampuanmu

Dua poin ini penting banget. Pertama, bayangin kamu bagian dari timnas sepakbola Indonesia. Tahun depan kamu mau ikutan turnamen antarnegara Asia. Nah, anggap ngerjain soal UTBK tahun lalu adalah semacam “friendly match” ke lawan-lawan yang akan bertanding di tahun depan.

Gunanya apa?

Bagi pemain bola, alias kamu, ini jadi ajang kamu cari tahu kekuatan musuh di lapangan. Kamu jadi punya bayangan “Oh, tim Myanmar tuh kayak gini toh.” Jadi, secara fisik dan mental, kamu nggak kaget sewaktu menghadapi mereka di pertandingan sebenarnya.

Bagi pelatih, friendly match ini juga penting (ya walaupun dalam kasus UTBK, kamu adalah pelatihmu sendiri), tapi kamu jadi punya kesempatan meracik taktik dan strategi yang tepat untuk ngelawan tiap negara itu sewaktu turnamennya dilaksanakan.

Intermezzo! Mau dapat persiapan ekstra untuk UTBK? Kamu bisa bergabung di coba UTBK Center! Tidak hanya materi pelajaran, di UTBK Center juga akan memberikan pelatihan kesiapan mental, dan puluhan ribu latihan soal UTBK. Gabung di:

IDN CTA Blog UTBK Center Ruangguru 2022

Kalau kamu bingung cari-cari soal UTBK tahun lalu, kamu bisa pakai ruangbelajar yang paket UTBK. Di dalamnya banyak banget ngebahas soal-soal itu.

On the side note: ngebahas soal UTBK itu juga nggak kalah penting. Kenapa? Karena soal-soal UTBK itu banyak jebakan betmennya! Jadi, jangan cuma kerjain soalnya tanpa kulik pembahasannya ya!

Nah, hasil tanding kamu sama soal-soal UTBK tahun lalu itu kamu jadiin evaluasi.

Biasanya, akan ada 2 tipe orang di sini: 1) yang udah paham konsepnya, tapi kurang latihan aja, dan 2) secara konsep belum paham banget.

 

3. Cek materi latihan dan konsep dasar

Pertanyaan selanjutnya adalah: gimana cara kita tahu apakah kita udah paham konsep atau tinggal latihan aja?

Setelah evaluasi bagian-bagian atau topik mana aja dari soal UTBK lalu yang kamu banyak missed-nya, kamu fokus di bagian itu. Lalu, kerjain latihan soal untuk topik itu aja. Fokus di latihan soal yang sesuai sama materi yang kamu masih belum kuasai. Jangan ngerjain latihan soal yang isinya campuran dari beberapa materi.

Katakanlah dari hasil ngerjain UTBK tahun lalu, kamu masih banyak salah di topik A, B, E, G, K. Selanjutnya, kamu coba luangin waktu untuk fokus di latihan soal yang isinya topik A semua. Jangan dicampur-campur sama topik lain. Dari situ akan kelihatan apakah sebenarnya kamu kurang latihan soal, atau memang secara konsep kamu masih belom mateng banget.

Baca juga: Ini Cara Belajar yang Efektif Menurut Penelitian

Kalau ternyata kamu belum mateng banget, balik ke materi dulu. Telusurin konsep mana yang kamu gak paham. Penting buat nanya ke diri sendiri: “Bagian dasar dari materi ini udah gue pahamin belum?” Biasanya, sih, orang-orang ini kurang kuat di pondasinya. Konsep dasarnya masih setengah-setengah, dia udah lanjut pelajarin konsep yang lebih advance. Alhasil, ketika ketemu soal yang “ngegocek” bakal bingung sendiri.

Tips buat melajarin materi dasar: pakai teknik Richard Feynmann. Kamu bisa bikin grup-grup atau adain call kecil-kecilan bareng temen deket kamu. Lalu coba “saling ngajarin”. Bagian yang menurut kamu masih susah, kamu pelajarin, lalu coba jelasin ke temen kamu pakai bahasa kamu sendiri. Kalau temen kamu udah “Oooh! Gitu doang ternyata!”

Biasain kamu ngejelasin pake bahasa yang sederhana aja. Karena kadang kan kalo di textbook suka “terlalu buku”. Dan sebenarnya, materi-materi kita tuh kalau dikulik bisa jadi “Oh gitu doang!” karena penyampaiannya yang lebih asik dan simpel. 

Mau latihan soal UTBK yang gratis dan bisa di-print? Klik gambar di bawah aja ya!

IDN CTA Blog UTBK Center Ruangguru 2022

 

4. Buat jadwal belajar

Ini sebetulnya penting-penting nggak sih. Inti dari jadwal belajar ini pada dasarnya untuk membentuk kesadaran mental kamu, dan menentukan strategi yang tepat dari sisa waktu yang kita punya sampai UTBK dilaksanain.

Setelah dari pemetaan kemampuan tadi, yang kita lakukan adalah reverse engineering. Hitung waktu yang kamu punya sampai ujian, lalu tarik mundur sampai sekarang. Misalnya: kamu pengin nguasain topik A, B, D, H, K, Z, dan kamu punya waktu 60 hari. Fungsi dari jadwal belajar ini adalah memetakan dalam 60 hari itu, apa yang perlu kamu lakukan, dan cari tahu step by step-nya sampai hari ini. Kalau kamu ngerasa butuh lima belas hari untuk nguasain topik A, kamu atur deh strateginya. Apa yang perlu kamu lakukan di lima belas hari itu, dan kapan aja ngelakuinnya.

Pokoknya, sih, jadwal belajar ini kamu jadiin semacam “ancang-ancang” biar kamu punya gambaran yang pasti dari sisa waktu yang kamu punya. Gak perlu diikutin banget atau dirinci banget kalau kamu udah punya kesadaran secara mental, tapi juga boleh banget dibuat rapi di aplikasi atau disimpan di hape buat jadi semacam pengingat. Semua balik lagi ke tipe kamu sebagai pembelajar.

 

5. Ikut tryout UTBK

Kalau kamu udah ngelakuin semua alur itu, jangan lupa ikut-ikut try out UTBK. Ini tentunya penting banget. Karena nggak mungkin dong kamu cuma belajar dari soal UTBK tahun lalu yang diulang-ulang. Try Out ini fungsinya supaya kamu punya variasi dalam latihan, tapi level soalnya setara sama yang bakal kamu hadapin nanti.

Saat ini Ruangguru juga lagi ngadain Try Out khusus buat UTBK, lho! Kamu bisa merasakan sensasi mengerjakan soal-soal dan sistem penilaian yang seperti aslinya di ruanguji.

 

6. Ciptakan tempat belajar yang nyaman

Terus menerus belajar untuk persiapan menghadapi UTBK pasti bisa bikin kamu jenuh, bosan, dan stres. Namun, kamu tidak perlu khawatir. Jika kamu merasa bosan belajar di dalam kamar, kamu bisa kok belajar di sekitar rumah asal tempat tersebut tidak mengganggu konsentrasi kamu. Eitss jangan lupa, kamu juga tetap harus memperhatikan kebersihan lingkungan belajarmu ya.

 

7. Jaga kesehatan dan daya tahan tubuh

Menjelang pelaksanaan UTBK yang sudah semakin dekat, penurunan daya tahan tubuh pasti akan dirasakan sebagian besar dari peserta ujian. Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting. Kalau daya tahan tubuh kamu menurun, maka akan berpengaruh pada produktivitas belajar kamu, lho. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan seperti cukup tidur 6-8 jam sehari, olahraga 15 menit tiap hari, dan memperbanyak konsumsi buah atau sayur.

Hal-hal lain terkait tips sukses lulus UTBK ini bisa kita diskusiin aja di kolom komentar. Dan kalau kamu pengin nguasain konsep, cek-cek lagi ruangbelajar di waktu santai. Sistem pembelajaran di Ruangguru emang menitik beratin belajar sebagai hal yang asyik dan bukan sesuatu yang “berat”, tapi output-nya diatur biar kita bisa pahamin konsep. So, selamat berjuang buat UTBK nanti ya!

IDN CTA Blog UTBK Center Ruangguru 2022

Sumber foto: 

UTBK SBMPTN sudah di depan mata [daring]. Tautan: https://theconversation.com/universities-should-learn-from-assessment-methods-used-during-the-pandemic-and-cut-down-on-exams-for-good-143374 (Diakses: 9 Februari 2022)

Berlatih soal dan perdalam konsep [daring]. Tautan: https://3rc.co.za/benefits-of-studying-past-exam-papers/ (Diakses: 9 Februari 2022)

Kresnoadi