Tips dan Trik Mengerjakan Soal TPS Bagian Pengetahuan Umum

Tips dan Trik Mengerjakan Soal TPS Bagian Pengetahuan Umum-1

Artikel ini berisi tentang tips & trik bagaimana mengerjakan soal tes potensi skolastik (TPS) bagian pengetahuan umum

--

Di artikel ini kamu sudah tahu apa itu bagian Pengetahuan Umum yang ada di soal-soal TPS. Di dalamnya akan ada 4 subtopik (2 subtopik bahasa Indonesia & 2 subtopik bahasa inggris) yang memintamu memahami ini dan itu. Maka, di sini kamu akan mendapatkan tips & trik bagaimana mengerjakan soal-soal dengan tipe seperti itu.

BAHASA INDONESIA

Tips pertama adalah jangan teledor!

Pastikan kamu membaca soalnya terlebih dahulu. Tinggalkan dulu bacaannya. Cari tahu dulu, apa, sih, yang diminta soal? Apakah kesimpulan? Atau langsung mengetahui makna dari satu kata tertentu? Di bagian mana kata itu ada? Setelah tahu apa yang diminta soal, kamu baru, deh, baca ceritanya. Ini dilakukan supaya kamu nggak buang-buang waktu. Misalnya kamu udah baca seluruh paragraf, eh, ternyata yang ditanya kata satu makna tertentu di paragraf terakhir (yang mana bisa kamu cari tahu hanya dari pahamin paragraf itu aja).

Kalau pertanyaannya adalah tentang gagasan, pastikan kamu tahu ada di mana inti pembahasan di bacaan tersebut. Cermati juga hubungan antarkalimat/antarparagrafnya. Apa gagasan utamanya ada di awal cerita, atau di akhir, atau di keseluruhan? Kamu sangat bisa mengasah kemampuan ini dengan membaca berita-berita nasional. Kamu cerna beritanya baik-baik. Cari tahu, sebenarnya, apa inti berita tersebut. Apakah ia sesuai dengan judul atau menurutmu lain? Kamu juga bisa membandingkan hasil pemikiranmu dengan komentar-komentar yang muncul tentang berita itu. Apakah orang-orang ini berkomentar sesuai isi beritanya?

Satu hal yang kamu tidak boleh lupa, kamu juga harus berlatih mencari kata-kata yang sesuai PUEBI (klik link ini untuk menuju PUEBI daring). Seperti apa kata yang baku, tanda baca yang benar. Jadi, jika saat membaca berita kamu menemukan hal yang ganjil (entah itu kata atau tanda baca), jangan takut untuk mengeceknya di KBBI daring.

Baca juga: Latihan Soal TPS Bagian Pengetahuan Umum

 

BAHASA INGGRIS

Seperti halnya di bahasa indoenesia, sebaiknya kamu membaca soalnya terlebih dahulu. Cari tahu apa yang ditanyakan oleh soal. Untuk bisa melaukan extracting core information, kamu bisa membaca kalimat awal dan akhir dari paragraf yang ditanyakan, lalu temukan informasi yang sama. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah, topik cerita selalu menunjukkan keseluruhan isi teks.

Untuk pertanyaan yang bersifat “understanding specific information”, kamu harus menemukan kata kunci (keywords) pada teks, lalu simpulkan maknanya. Apabila kamu tidak menemukan keyword yang dimaksud, cara kata yang mempunyai makna yang sama. Hindarilah opini pribadi kamu sendiri, dan selalu gunakan point of view dari penulis teks.

Di sisi lain, pertanyaan yang bersifat referencing/synonym, dan kamu tidak tahu arti kata yang dimaksud, kamu bisa menebak berdasarkan konteks kalimat digunakan. Lalu, gunakan sistem eliminasi terhadap jawaban-jawaban yang sudah pasti salah. Dengan begini, paling tidak kamu akan memperbesar peluang untuk memilih jawaban yang tepat.

Nah, itu dia tips dan trik untuk mengerjakan soal TPS bagian pengetahuan umum. Ingat, meski kesannya sederhana, hal ini tetap perlu kamu latih. Bisa dimulai dengan membaca dan memahami berita yang beredar. Atau, kalau kamu ingin langsung mendapat materi dan latihan soalnya, tonton aja video ruangbelajar khusus SBMPTN di tps.ruangguru.com!

TPS UTBK 2020

Beri Komentar