Memahami TOEFL iBT: Independent Speaking Task Question 1

Rabia Edra Apr 4, 2018 • 3 min read


RG Squad, bagian speaking dalam TOEFL iBT memang menjadi tantangan tersendiri. Salah satunya adalah tentang bagaimana kita dapat menyampaikan pendapat atau pesan secara runtut dan jelas, hanya dalam waktu 45 sampai 60 detik saja. Secara keseluruhan, bagian speaking terdiri dari enam soal yang dibagi menjadi dua tipe. Soal pertama dan kedua merupakan tipe Independent Speaking Task sementara empat soal lainnya merupakan Integrated Speaking Task. Nah, kali ini, kita akan membahas tipe Independent Speaking Task dalam TOEFL iBT. Yuk, disimak!

Pada soal pertama kamu akan diminta untuk menceritakan tentang seseorang, suatu tempat atau objek berdasarkan pendapat atau pengalaman pribadi kamu. Berikut adalah contoh soalnya:

Contoh soal 1

- What country would you like to visit?
- Who is your favorite teacher?
- What is your biggest achievement?

Dalam menjawab soal, pertimbangkan waktu yang tersedia. Ingat, kamu hanya memiliki 15 detik untuk mempersiapkan jawaban dan 45 detik untuk menjawab. Kamu dapat menggunakan sebuah topic template sebagai outline untuk membantumu dalam mengalokasikan waktu, serta membuat jawaban lebih terstruktur dan efektif.

Ada berbagai macam topic template yang dapat digunakan, tetapi hindari template dengan struktur esai. Gunakanlah yang realistis dan lebih natural untuk sebuah pertanyaan umum seperti ini. Berikut adalah contoh topic template yang dapat kamu gunakan.

Topic Template:

Soal 1

“What place do you usually go to study?”

1. Sebutkan Siapa/Apa/dimana… (5 – 10 detik)
I really like to study in the public library.

2. Berikan deskripsi atau konteks (10 - 15 detik)
The public library that I usually go to, just a few blocks from where I live. It has a baroque architecture, but a very modern interior.

3. Berikan satu alasan yang bagus beserta contoh dan detail. (15 – 25 detik)
The main reason why I like to study in this public library is because it’s quiet and comfortable, a place where I can concentrate. My brother and sister won’t be able to disturb me there. I also won’t get distracted by noises from the television set or the phone. No one would come up and start bothering me with questions or gossips.

4. Alasan singkat lainnya + penutup (5 – 15 detik)
I also like the fact that the internet connection is very fast and the large collection of books available. So yeah, basically that’s why I like to study in the public library near my house.

Tips dan Catatan:

memahami toefl ibt

Dalam mempersiapakan jawaban selama 15 detik, kamu dapat mencatat poin-poin penting seperti apa/siapa/dimana beserta beberapa alasan. Ingat untuk tidak menulis dalam kalimat lengkap tetapi tulislah dalam bentuk kata.

Cobalah untuk tenang saat menjawab. Fokus pada satu alasan terlebih dahulu. Jangan terlalu terburu-buru karena dapat mempengaruhi struktur grammar serta kejelasan pengucapan dan intonasimu.

Upayakan untuk terdengar natural dan spontan. Jangan biasakan untuk menghafal frase-frase sebelum tes berlangsung, karena jawaban yang dihapal sebelumnya akan terdengar berbeda dengan jawaban yang spontan.

Last but not least, biasakan untuk menggunakan bahasa Inggris secara aktif dan seringlah berlatih menjawab soal serupa dengan menggunakan timer. Yuk, temukan guru TOEFL iBT terbaik ruanglesGood luck!

New Call-to-action

 

Beri Komentar