TPS Pengetahuan Kuantitatif: Kesalahan Umum & Strategi Pembelajarannya

TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif

Artikel ini membahas tentang common pitfalls dan learning strategies TPS UTBK Pengetahuan Kuantitatif

--

Berhubung dengan situasi dan kondisi saat ini, pemerintah mengeluarkan pengumuman terkait UTBK SBMPTN 2020, yaitu penundaan jadwal pendaftaran dan pelaksanaannya. Dengan demikian, kamu jadi memiliki waktu lebih untuk mempersiapkan dengan matang.

Ketika mengerjakan soal, dalam apapun bentuknya, tidak dapat dipungkiri bahwa kemungkinan salah mengerjakan atau salah menjawab akan ada. Tapi tidak usah khawatir. Pada artikel kali ini akan dibahas mengapa kesalahan menjawab bisa terjadi dan bagaimana strategi belajar untuk UTBK Pengetahuan Kuantitatif.

Baca juga: Prediksi Soal TPS UTBK 2020 Pengetahuan Kuantitatif

Soal kuantitatif pada dasarnya adalah soal mengenai hitungan. Hal ini menandakan akan lebih banyak angka-angka, begitupun dengan jawaban pilihan ganda berupa angka-angka juga.

Hal tersebut dapat mengecohkan peserta dalam mengerjakan soal yang telah diberikan. 

2 Kesalahan Umum dalam Mengerjakan Soal TPS UTBK 

1. Peserta kurang tepat dalam menginterpretasikan maksud soal

Contoh sederhana ketika peserta kurang tepat dalam menginterpretasikan maksud soal adalah tidak teliti dalam membaca soal. Misalnya, pada sebuah soal terdapat sebuah persegi. Peserta diminta untuk mencari luas persegi itu.

Hanya saja ketika berhadapan dengan soal, peserta gugup atau stres, sehingga salah menginterpretasikan maksud soal dan malah menggunakan rumus mencari keliling persegi.

2. Peserta kurang teliti dalam menjawab soal sehingga bisa jadi salah perhitungan

Ketika melakukan sebuah hitungan, bisa jadi apa yang terdapat di soal dan apa yang ditulis di sebuah kertas kotretan tidak sama. Sehingga menghasilkan jawaban yang salah. Atau bisa saja angka yang ditulis sudah benar, hanya saja peserta lupa rumus apa yang harusnya digunakan untuk menjawab soal tersebut.

Tidak perlu khawatir. Setelah mengetahui apa yang menjadi penyebab peserta salah menjawab dan mengerjakan soal, kamu dapat melaksanakan strategi-strategi ini agar bisa terhindar dari kesalahan umum yang telah dijelaskan sebelumnya.

3 Strategi Pembelajaran Soal TPS UTBK

1. Sering latihan dan memahami lebih dalam berbagai macam tipe soal

Practice makes perfect.” Begitu bukan kata orang-orang? Sudah dipastikan latihan akan memang menyempurnakan. Begitu banyak latihan, kamu akan menghadapi berbagai kesalahan yang kamu buat, lalu kamu juga akan belajar dari sana.

Sehingga kamu pun akan hapal cara apa yang harus kamu gunakan ketika berhadapan dengan suatu tipe soal agar terhindar dari kesalahan.

2. Pelajari cara berhitung yang lebih sederhana

Jika terdapat cara yang lebih sederhana, kenapa menggunakan cara yang lebih rumit? Ketika kamu melaksanakan UTBK, kamu tidak hanya berhadapan dengan soal-soal. Tapi kamu juga berhadapan dengan waktu yang terbatas.

Dengan menggunakan cara yang sederhana ketika menjawab soal, akan hemat waktu. Sehingga pengerjaan soal yang lebih sulit akan bisa kamu jawab dengan sisa waktu yang lebih banyak.

3. Gunakan trik-trik menjawab soal ketika latihan

Aturan yang sering muncul di setiap ujian adalah “dilarang untuk berbuat curang”. Tapi apakah menggunakan trik untuk menjawab soal adalah kecurangan? Untuk menghemat waktu, kamu dapat menggunakan trik yang sudah kamu pelajari.

Tentunya penggunaan trik dalam menjawab soal tidak dapat dilakukan jika kamu tidak memahami konsep dasar menjawab soal yang diberikan. Karena bisa jadi trik dalam mengerjakan satu tipe soal itu bisa berbagai macam.

Begitulah kesalahan umum yang terjadi pada peserta ujian dan strategi pembelajaran yang dapat kamu lakukan ketika mengerjakan soal. Tentunya setelah kamu mengetahui kesalahan umum dan strategi, yang harus kamu lakukan hanyalah latihan dan berdoa. Maka dari itu, kamu dapat mengunjungi tps.ruangguru.com. Di sana ada latihan-latihan soal yang dapat membantu kamu menyempurnakan kemampuanmu. Jangan lupa untuk berlangganan paket ruangbelajar SBMPTN untuk melihat ratusan video pembahasan soal TPS!

TPS UTBK 2020

Beri Komentar