Seperti Apa Soal yang Diujikan di TPS Bagian Pengetahuan Umum?

Apa Saja yang DIujikan dalam TPS Bagian Pengetahuan Umum

Artikel ini berisi tentang penjelasan mengenai apa saja yang diujikan dalam Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK pada bagian Pengetahuan Umum

--

Pemerintah melalui LTMPT telah mengumumkan bahwa materi yang diujikan dalam UTBK hanya TPS semata. Tentu, ada orang yang merasa ini hal yang sangat menguntungkan karena mengurangi beban belajar. Di sisi lain, banyak di antara kita yang resah karena apa yang dilakukan selama ini dianggap sia-sia.

Namun tenanglah. Tidak ada yang sia-sia di dunia ini. Nasi mungkin telah menjadi bubur maka mari kita taburkan potongan ayam, cakwe, dan irisan telur ke atasnya. Kita buat bubur ini menjadi santapan yang lezat. Saat ini, fokus semua orang tertuju ke satu makhluk ini: TPS.

Maka, cara terbaik menaklukannya adalah dengan mengenalnya.

Di dalam materi TPS yang diujikan nanti, terdapat 4 bagian, yaitu Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan, Pengetahuan Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif.

Pada artikel kali ini kita akan mencari tahu kayak apa, sih, yang dinamakan Pengetahuan Umum itu? Kira-kira soalnya kayak apa? Apa aja yang diujikan di TPS bagian Pengetahuan Umum ini?

Hal paling mendasar yang perlu kamu tahu adalah, pada bagian Pengetahuan Umum, soal-soal akan dibagi menjadi 4 subtopik yang berbeda (2 subtopik bahasa Indonesia & 2 subtopik bahasa inggris):

Satu. Kepaduan dan Keefektikan Wacana (Bahasa Indonesia)

Dua. Pengetahuan Kebahasaan (Bahasa Indonesia)

Tiga. Extracting Core Information (Bahasa Inggris)

Empat. Understanding Specific Information (Bahasa Inggris)

Sekarang, mari kita cari tahu satu per satu.

Seperti namanya, bagian Kepaduan dan Keefektikan Wacana, tujuan dari soal-soal ini adalah untuk mengetes seberapa kamu bisa membaca, menermati, dan memahami isi teks. Kayak apa soal yang muncul? Biasanya, sih, kayak nyari ide pokok, kesimpulan, kelemahan, atau kelebihan paragraf. Bisa juga kamu disuruh mencari tahu hubungan antara 2 paragraf.

Jadi, gimana cara biar pede ngerjain soal dengan tipe seperti ini? Gampang banget. Kamu baca-baca aja berita yang lagi berseliweran. Setelahnya, kamu pahamin, deh, sebenernya maksud berita itu apa, sih? Apa bener sesuai kayak yang di judul? Atau ternyata isi beritanya punya maksud dan kesimpulan yang lain. Intinya: banyak baca dan nggak cepet-cepet nge-judge.

Baca juga: Tips & Trik Mengerjakan Soal TPS Bagian Pengetahuan Umum

Keliatannya, sih, gampang. Tapi jangan terlalu pede juga dan malah jadi blunder ya! Kalau kamu tipikal yang suka nge-share info “dari grup sebelah” di whatsapp tanpa tahu kebenarannya, bukan nggak mungkin kamu terkecoh di tipe soal kayak gini.

Sekarang lanjut ya.

Di bagian Pengetahuan Kebahasaan, kamu dituntut untuk bisa memahami ejaan dan makna kata. Soal-soal yang muncul akan seputar penulisan kata, penggunaan tanda baca, maksud kata itu, kalimat efektif, sampai kata ganti.

Sebenarnya nggak jauh beda kayak poin sebelumnya ya. Tapi ini lebih spesifik dalam “kata” yang dimaksud aja. Coba nih contoh ya. Kamu bisa jawab di kolom komentar:

“Semua dance Tiktok yang telah kupelajari tinggal kenangan.”

Apa makna kata “tinggal” yang ada di kalimat itu?

 

Oke, lanjut ke bagian bahasa inggris. Ini juga nggak jauh beda sama sebelumnya. Extracting core information maksudnya kamu disuruh memahami inti atau informasi bacaan. Contoh soalnya, misalnya, cari tahu purpose dari suatu paragraf.

Sementara understanding specific information kamu diminta memahami informasi, baik tersurat maupun tersirat pada bacaan. Pertanyaan jenis ini meliputi tone/attitude, true/false statement, synonym, atau restatement.

Gimana, sekarang udah tahu, kan, kayak apa sih bagian Pengetahuan Umum dalam soal-soal TPS nanti? Soal-soal ini tentu nggak perlu ditakuti, tapi juga jangan diremehkan begitu aja. Untuk melatihnya, kamu bisa gunakan paket ruangbelajar SBMPTN di tps.ruangguru.com ya!

TPS UTBK 2020

Beri Komentar