Trik Jadi Pemimpin yang Disegani oleh Tim Kerja

Maya Martha

Jan 25, 2019 • 3 min read

sukses kerja


RKs_-_Pemimpin-01

Artikel ini membahas tentang bagaimana seharusnya peran pemimpin di dalam sebuah tim kerja di kantor. 

--

Merupakan salah satu aspek yang penting untuk menghadirkan seorang pemimpin di dalam  tim kerja. Seorang pemimpin tentunya bertanggung jawab untuk mengarahkan dan membimbing karyawannya agar pekerjaan tim selesai dengan efektif dan efisien. Apabila tidak ada seorang pemimpin di dalam sebuah tim maka pekerjaan tidak dapat berjalan dengan baik dan memunculkan permasalahan tim dalam menentukan sebuah keputusan. Untuk itu, perlu untuk mengetahui apa dan bagaimana peran pemimpin di dalam sebuah tim kerja.

1. Mewujudkan perubahan sesuai dengan apa yang ingin dilihat secara objektif

tim kerja

Menjadi pemimpin bagi karyawan-karyawannya (Sumber: lifevesting.com)

Sebagai pemimpin, Anda memiliki tanggung jawab untuk mengimplementasikan visi dan misi yang sudah dirumuskan oleh CEO perusahaan kepada seluruh karyawan dalam tim Anda. Tunjukan lah melalui cara Anda berperilaku, berkomunikasi, dan menyelesaikan masalah. Dengan menjadi seorang pemimpin, Anda berperan menjadi model bagi para karyawan Anda. Untuk itu, Anda harus bekerja lebih keras agar Anda dilihat sebagai pemimpin yang pantas.

Baca juga: 7 Budaya Kerja yang Harus Dimiliki Perusahaan Agar Lebih Sukses

2. Haus akan ilmu dan mau untuk terus belajar

tim kerja

Pemimpin selalu mencari ilmu (Sumber: reachinghighernh.org)

Salah satu peran seorang pemimpin adalah terus mau belajar. Anda diwajibkan untuk lebih banyak memiliki beragam ilmu dibandingkan dengan karyawan-karyawan Anda. Hal ini dapat membuat karyawan respek terhadap Anda. Di samping itu juga, Anda dapat menjadi inspirasi untuk mengembangkan kemampuan mereka agar performa kerjanya meningkat. Menjadi pemimpin berarti Anda akan dipandang oleh orang lain dan hal tersebut berpengaruh terhadap suasana tim kerja Anda.

3. Fokus kepada lingkungan sosial yang baik untuk karyawan dan klien

tim kerja

Pemimpin memiliki hubungan interpersonal yang baik (Sumber: edgehill.ac.uk)

Sebagai seorang pemimpin berarti Anda memiliki tanggung jawab untuk menciptakan situasi dan suasana yang nyaman bagi karyawan Anda dalam bekerja. Hubungan yang terjalin dengan karyawan Anda haruslah baik. Hal ini dapat menimbulkan budaya bekerja yang nyaman juga. Di samping itu, agar kedekatan antara pemimpin dan karyawan dapat terjaga dengan baik maka kritik dan saran sebaiknya diberikan secara personal, bukan diumbar serta dijadikan pembicaraan umum. Pemimpin yang sukses mampu memberikan kenyaman bagi seluruh lingkungan tim dan para kliennya.

4. Peduli terhadap kesejahteraan karyawannya

tim kerja

Memberikan kesejahteraan yang sesuai kebutuhan (Sumber: moneycontrol.com)

Sebagai seorang pemimpin tentu perlu untuk memperhatikan apa yang sekiranya karyawan butuhkan dan inginkan dalam bekerja. Terdapat lima aspek kesejahteraan karyawan yaitu dalam hal pemenuhan kebutuhan fisik, sosial, komunitas, finansial, dan pencapaian tujuan hidup. Pemimpin yang baik harus mampu mendukung dan peduli terhadap kondisi jasmani dan rohani karyawannya sebagai manusia. Apabila peran ini terpenuhi oleh Anda sebagai pemimpin tim maka terdapat dua dampak positif yang akan Anda terima yaitu karyawan Anda betah bekerja dengan tim Anda dan juga meningkatkan performa bekerja mereka.

Peran-peran yang dimiliki oleh seorang pemimpin memiliki keterkaitan dengan soft skills. Tanpa adanya kemampuan-kemampuan khusus yang terus dikembangkan, Anda tidak bisa menjadi pemimpin yang sukses dan baik. Berusahalah untuk menjadi pemimpin yang berperilaku baik terhadap semua orang dan menginspirasi. Dengan begitu, Anda memberikan pengaruh baik untuk orang lain. Sebagai usaha untuk meningkatkan soft skills maupun hard skills, Anda dapat mengunduh aplikasi ruangkerja karena terdapat banyak Kelas Umum dan artikel-artikel yang menunjang peningkatan nilai diri Anda.

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts