Trik Ubah Kode Referral Jadi Modal Usaha dengan Bergabung sebagai Mitra Ruangguru

Anggraeni Puspitasari

Jun 14, 2019 • 3 min read

Kata Squad


Mitra Ruangguru

Squad, kamu mau dong dapat menghasilkan uang sendiri? Walaupun masih bersekolah, tidak ada salahnya lho untuk mencoba untuk mencari pendapatan sendiri. Uang yang kamu dapatkan tersebut, boleh dijajankan atau bahkan dijadikan modal usaha, seperti cerita dari Dony Aryuza ini nih. Penasaran kan caranya gimana? Yuk langsung simak cerita Dony berikut ini.

Pada awalnya, Dony menolak ajakan teman sekelasnya untuk berlangganan Ruangguru. Namun, setelah ia menonton tayangan Ruangguru yang memberikan diskon 45% di televisi, ia akhirnya memutuskan untuk berlangganan. Hingga kini, ia telah berlangganan produk ruangbelajar selama setahun. Bahkan, ia telah memperpanjang paket berlangganannya untuk setahun ke depan. Ia merasa senang dan lebih bersemangat untuk belajar semenjak berlangganan Ruangguru. "Ya senang sih. Saya jadi bisa tahu dan belajar materi lebih dulu dibanding teman saya. Jadi, waktu di sekolah saya sudah paham duluan," tutur Dony yang merupakan siswa SMAN 1 Talangpadang, Lampung. Atas alasan ini jugalah, teman-teman Dony juga turut berlangganan Ruangguru. Teman-teman ia ingin juga merasakan pengalaman belajar yang menyenangkan seperti yang Dony rasakan. Ia juga memiliki kiat khusus agar belajarnya semakin efektif, yakni dengan merangkum isi dari tiap video yang telah ia tonton di ruangbelajar. 

Baca juga: Tips Menghasilkan Uang Jajan Sendiri dan Lulus SNMPTN ala Murid Ruangguru

Mitra Ruangguru

Tidak hanya menjadi pengguna, namun Dony juga bergabung menjadi Mitra Ruangguru. Sejak bulan November tahun lalu, ia telah mempromosikan kode referral miliknya dari mulut ke mulut kepada teman-temannya. Selain itu, ia juga pernah menyebarkan kode referralnya pada komentar ulasan aplikasi Ruangguru di Playstore. Dengan fitur yang telah diperbaharui, user Ruangguru dapat mengubah kode referralnya sesuka hati. Hal ini tentunya juga dilakukan oleh Dony. “Waktu itu saya dapat e-mail untuk mengubah kodenya. Jadi, ya saya ubah. Berhubung waktu itu sedang viral kata-kata sayur kol, jadi saya ganti kode referralnya menjadi SAYURKOL hehe,” jelas Dony. Dengan kode referral inilah, nantinya teman-teman Dony akan mendapatkan diskon 40% ketika akan berlangganan Ruangguru. 

Dengan bergabung menjadi Mitra Ruangguru, kamu dapat memilih untuk mengonversikan keuntunganmu dalam berbagai bentuk lho. Keuntungan tersebut dapat kamu terima dalam bentuk uang tunai, pulsa, atau saldo GO-PAY. Dony sendiri memilih untuk mengubah keuntungan dari kode referralnya menjadi saldo GO-PAY. Nah, setelah itu, ia menggunakan saldonya untuk membeli pulsa. Dari sinilah, Dony melihat peluang untuk berbisnis. Ia menawarkan jasa jual beli pulsa kepada teman-temannya. Hasil yang didapat dari berjualan pulsa pun tidak main-main, yakni mencapai total jutaan rupiah. Ia menuturkan bahwa ia tidak memiliki target khusus mengenai keuntungan yang harus didapatkan. Namun, ia berencana untuk semakin giat dalam mempromosikan kodenya secara personal ke lebih banyak teman lagi ketika masuk sekolah nanti. Jelas bahwa belajar bisnis dan menghasilkan uang sendiri dapat dilakukan oleh siapapun, bahkan anak sekolah.

Dony (kedua dari kiri), siswa kelas 11 SMAN 1 Talangpadang, Lampung 

Menurut Dony pribadi, program ini sangat menyenangkan karena dapat menghasilkan pendapatan tambahan. “Saya dapat uang tambahan dan uangnya dipakai untuk memperpanjang langganan Ruangguru. Jadi, tidak perlu minta uang sama orang tua lagi deh,” ucapnya. Jelas bahwa menjadi user Ruangguru memiliki kelebihan tersendiri, mulai dari jam dan tempat belajar yang fleksibel hingga berbagai keuntungan material berupa pulsa atau uang tunai. Dony juga mengungkapkan bahwa prestasinya di sekolah mengalami peningkatan hingga ia mampu untuk meraih peringkat dua di kelasnya. Tak hanya itu, ia bahkan menjadi salah satu murid favorit wali kelasnya. Ia pun berkeinginan untuk terus meningkatkan prestasinya di semester yang akan datang. "Nanti saya usahakan dapat ranking satu di semester depan," harapnya.  

Terbukti kan, menjadi user Ruangguru nggak hanya meningkatkan prestasi, tapi juga membawa untung! Kamu juga bisa lho mengikuti jejak sukses Dony sebagai user dan Mitra Ruangguru. Gampang aja kok caranya! Tinggal klik banner di bawah ini dan jangan lupa bagikan kode referral kamu ya!

mitra ruangguru

Beri Komentar

Recent Posts