Bahasa Inggris Kelas 6 | Mengenal Types of Food and Drink

Bahasa Inggris Kelas 6 | Mengenal Types of Food and Drink

Roro, Guntur, dan Kanguru yang sedang bermain bersama di rumah Roro tiba-tiba merasa lapar dan memutuskan untuk makan. Ketika sedang makan, mereka justru mendapat pengetahuan baru tentang types of food and drink. Hah apaan tuh? Kita simak bareng dulu aja, yuk, ceritanya!

---

"Aku lapar nih!" keluh Guntur.

Roro bersandar pada sofa dan berkata, "Aku juga. Yaudah, kita makan dulu aja, yuk!”

Roro segera bangun dari duduknya dan berjalan ke dapur. Tak lama kemudian, dia kembali bersama ibunya. Mereka membawa nampan berisi aneka makanan dan minuman, lalu meletakkannya di atas meja ruang tamu. Ada french fries, fried rice, fried chicken, pudding, dan orange juice.

Seketika Guntur berseru, “Wah, banyak banget! Bisa kekenyangan nih kita Kanguru!”

Ih, Guntur bikin malu aja deh! Kita kan jadi ngerepotin Ibunya Roro,” sahut Kanguru.

Ngga papa kok, kebetulan juga saya udah masak buat makan siang. Silakan dimakan, ya,” kata Ibu Roro lalu meninggalkan mereka.

Bahasa Inggris Kelas 6 | Mengenal Types of Food and Drink

Kanguru mengamati hidangan yang ada di atas meja. Hidangan itu mengingatkannya pada materi types of food and drink yang akan dipelajari teman-temannya di sekolah.

Eh, kalian sadar nggak hidangan di depan kita ini sudah mewakili types of food and drink, lho!” seru Kanguru.

Dahi Guntur berkerut bingung kemudian dia bertanya, “Apa maksudmu Kanguru?”

Namun, sebelum Kanguru sempat menjawab, Roro sudah mengubah posisi duduknya. Kini Roro menghadap Guntur yang berada di sampingnya lalu menjelaskan.

"Begini Guntur, sebenarnya makanan terbagi menjadi appetizer, main course, dan dessert," kata Roro.

“Apa tuh Ro?” tanya Guntur.

“Yang pertama, appetizer adalah makanan pembuka atau makanan dengan porsi yang kecil," jawab Roro.

"Contohnya apa?" tanya Guntur kembali.

French fries ini contoh dari appetizer. Salad dan soup merupakan contoh lainnya. Nah, fungsi dari appetizer adalah untuk membangkitkan nafsu makan,” kata Roro menunjuk makanan yang dimaksud.

Guntur teringat akan suatu hal yang membuatnya bertanya lagi, “Apakah sambal dan kecap manis juga appetizer?”

“Kakakku pernah bilang bahwa keduanya dapat menambah selera makan,” tambahnya.

“Bukan, keduanya disebut dengan condiment alias bumbu yang disajikan dan dimakan bersamaan dengan hidangannya,” Kanguru bersuara membantu Roro menjawab pertanyaan Guntur.

Baca juga: Ciri dan Struktur Kesimpulan Laporan Pengamatan

Setelah itu, Roro mempersilakan Guntur dan Kanguru menyantap hidangan di depan mereka. Mereka memakan french fries sebagai appetizer. Di tengah-tengah makan Roro melanjutkan penjelasannya kepada Guntur.

Bahasa Inggris Kelas 6 | Mengenal Types of Food and Drink

Nah, setelah kita selesai memakan appetizer, barulah kita beralih ke jenis makanan yang kedua, yaitu main course atau makanan utama yang porsinya lebih besar,” ujar Roro.

Main course di Indonesia biasanya terdiri dari nasi dan lauk-pauk hewani, seperti fish, meat, dan chicken, sehingga bisa membuat perut kita menjadi kenyang,” tambah Kanguru.

“Oh, jadi fried rice dan fried chicken ini contoh dari main course?” tanya Guntur sambil menunjuk kedua makanan itu bergantian.

Roro dan Kanguru mengacungkan ibu jari sembari mengangguk membenarkan jawaban Guntur.

Bahasa Inggris Kelas 6 | Mengenal Types of Food and Drink

Dengan tersenyum bangga Guntur kembali berkata, “Kalau dessert sih aku tau. Dessert adalah makanan penutup atau makanan yang paling terakhir kita makan. Contohnya pudding ini, benar nggak?”

Yap, kamu benar Guntur. Dessert terbagi menjadi dua macam ya, ada cold dessert dan hot dessert. Nah, pudding ini salah satu contoh dari cold dessert, sedangkan contoh hot dessert adalah apple pie,” jawab Roro.

"Oh iya, kalian juga harus tahu nih bahwa minuman disebut dengan beverage dan terbagi menjadi dua. Pertama, ada cold beverage yang contohnya adalah orange juice ini. Ada pula contoh lainnya, seperti syrup, squash, dan milkshake. Kedua, ada hot beverage, contohnya adalah tea, coffee, dan milk,” jelas Kanguru.

Bahasa Inggris Kelas 6 | Mengenal Types of Food and Drink

Loh, kalau ice tea bagaimana?” tanya Roro.

“Karena pakai ice, maka masuk ke jenis cold beverage dong,” jawab Kanguru.

“Oh begitu. Wah, terima kasih Kanguru pengetahuan kami jadi bertambah deh!” kata Roro.

“Iya benar, terima kasih Kanguru,” ucap Guntur setuju.

“Sama-sama,” jawab Kanguru.

Setelah perbincangan seru tentang types of food and drink, mereka segera menyelesaikan makan lalu membantu Roro membereskan peralatan makan yang mereka pakai. Oh iya, untuk kalian yang suka belajar melalui video, bisa banget lho tonton video animasi menarik yang ada di ruangbelajar. Ayo, belajar asyik dengan video animasi ruangguru!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts