Latihan Soal UNBK SMA Bahasa Indonesia Tahun 2020

latihan soal unbk sma 2020 bahasa indonesia

Artikel ini berisi kumpulan latihan soal untuk anak sma pelajaran bahasa indonesia sebagai persiapan menjelang unbk 2020

--

Topik: Teks Eksplanasi 

Subtopik: Menganalisis Teks Eksplanasi 

Level kognitif: C1 (LOTS)

Perhatikan kutipan teks berikut ini!

1. Udang ronggeng memiliki duri-duri yang keras, terutama di bagian atas kepala dan antena. Badannya yang besar dilindungi kulit keras yang mengandung zat kapur dan mempunyai bentuk tubuh yang menyerupai belalang. Habitat hidup udang ini di perairan karang, suatu kawasan laut yang banyak terdapat karang-karang, terumbu karang, batuan granit, atau vulkanis.

Makna istilah kata vulkanis pada kutipan teks tersebut adalah ….

A. memiliki sifat gunung berapi
B. daerah yang dekat dengan gunung berapi
C. lingkungan gunung berapi
D. batuan yang berasal dari gunung berapi
E. permukaan yang dikelilingi gunung berapi 

 

 

Jawaban: A

Pembahasan: 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), vulkanis adalah memiliki sifat gunung berapi (vulkan). Berdasarkan hal tersebut, maka vulkanis dalam kalimat tersebut bermakna kawasan laut yang banyak benda-benda alam yang memiliki sifat vulkan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. 


Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Bacalah kutipan cerpen berikut inti untuk menjawab soal nomor 2!

Saya pun membandingkan perlakuan yang lbu berikan kepada anak kami dan anak adik ipar saya. lbu menganggap saya terlalu perasa. Tapi saya pikir justru lbu yang keliru. Saya benar benar kecewa kepada lbu. Saya marah besar.  Saya sadar kalau saya sudah termakan amarah. Beberapa kali istri saya mencoba menenangkan dan meminta saya mengontrol diri, tapi saya tidak memedulikannya. Saya pikir saya harus menunjukkan wibawa saya sebagai seorang anak tua, apalagi saya sudah memiliki keluarga sendiri. lstri saya pun tak dapat berbuat banyak. Saya bahkan membentaknya ketika ia hendak merangkul lbu dan meneteskan air mata. Kini, ia berdiri tidak jauh dari saya sambil menahan tangis. 

Malam itu, lbu pergi tanpa sepatah kata. Saya menyesal, sebenarnya. Tapi saya pikir apa yang saya lakukan sudah benar. lstri saya lebih banyak diam malam itu. la membuatkan kopi jagung kesukaan saya selepas kami salat berjamaah.

 

Dikutip dari: Benny Arnas, "Kami Tusuk Mata Kami" dalam Sejumlah Alasan Mengapa Tiap Anak Sebaiknya Melahirkan Seorang Ibu, Yogyakarta, Diva Press, 2017

 

Topik: Cerpen

Subtopik: Unsur Intrinsik Cerpen

Level kognitif: C1 (LOTS)

2. Latar suasana pada paragraf pertama dalam kutipan cerpen tersebut adalah ….

A. haru
B. sedih
C. tegang
D. khusyuk
E. duka 

 

 

Jawaban: C

Pembahasan: 

Latar suasana merupakan kondisi batin si tokoh atau lingkungan tempat si tokoh berada. Latar suasana yang digambarkan dalam paragraf pertama terlihat pada pernyataan Saya benar benar kecewa kepada lbu. Saya marah besar.  Saya sadar kalau saya sudah termakan amarah. Berdasarkan kutipan tersebut digambarkan bahwa dalam cerita sempat ada situasi yang menegangkan karena terdapat tokoh yang marah dengan tokoh lain. Selain itu, juga terdapat situasi yang menyatakan satu tokoh menenangkan tokoh yang marah. Berdasarkan hal tersebut, latar suasana yang tergambar dalam paragraf pertama adalah menegangkan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

 

Topik: Cerpen

Subtopik: Kebahasaan Cerpen

Level kognitif: C1 (LOTS)

 

Bacalah kutipan cerpen berikut ini!

Bapakku bernama Narto. Biasa dipanggil Kang Nar oleh tetangga. Lelaki desa yang perkasa. Tubuhnya kekar, kulitnya cokelat legam khas petani lelaki di Jawa. lbuku bernama Sumilah. Biasa dipanggil Yu Sum oleh tetangga. Perempuan desa yang juga perkasa. Tubuhnya legam berisi, kulitnya sawo matang khas petani perempuan di Jawa.

Kedua orang tuaku ialah petani yang tekun dan ulet. Hampir setiap hari mereka ke sawah untuk mencari nafkah. Seluruh jiwa dan raga kedua orang tuaku diabdikan untuk sawah.

 

Dikutip dari: Dhanu Priyo Prabowo (Ed), "Bapak Tak lngin Punya Rumah" dalam Simfoni Hujan: Antologi Cerpen Bengkel Sastra dan Bahasa Indonesia Siswa SLTA Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta, Balai Bahasa Daerah lstimewa Yogyakarta, 2016

3. Makna frasa cokelat legam pada kutipan cerpen tersebut adalah ….

A. kotor
B. gelap
C. cokelat kehitaman
D. cokelat pekat
E. sawo matang 

 

 

Jawaban: C 

Pembahasan: 

Frasa cokelat legam tertuju pada warna kulit seseorang. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata legam memiliki arti yang sama dengan hitam. Dengan demikian, cokelat legam memiliki makna cokelat yang kehitaman. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Eksposisi

Subtopik: Analisis Teks Eksposisi

Level kognitif: C1 (LOTS)

 

Perhatikan kutipan teks berikut ini!

Kebakaran hutan akibat kelalaian manusia di beberapa kota besar di Indonesia berbuntut masalah yang panjang. Lebih parahnya lagi, kebakaran hutan mengakibatkan kabut asap yang bisa menyerang ke negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Kejadian tersebut memakan banyak korban jiwa dan berdampak pada kesehatan banyak orang. Evakuasi akan dilakukan kepada masyarakat yang daerahnya telah dipenuhi kabut asap akibat kebakaran hutan. 

 

4. Maksud pernyataan Evakuasi akan dilakukan kepada masyarakat yang daerahnya telah dipenuhi kabut asap akibat kebakaran hutan pada paragraf tersebut adalah ….

A. masyarakat pindah ke daerah yang lebih aman dari bahaya kabut asap
B. kabut asap menyebabkan masyarakat menanggulangi kebakaran hutan
C. pemindahan masyarakat dari daerah yang berbahaya dari kabut asap
D. terdapat tempat pengungsian yang dibuat oleh masyarakat untuk menghindari kabut asap
E. pemerintah berusaha menyelamatkan masyarakat yang terkena kabut asap akibat kebakaran hutan

 

 

Jawaban: C 

Pembahasan: 

Maksud pernyataan Evakuasi akan dilakukan kepada masyarakat yang daerahnya telah dipenuhi kabut asap akibat kebakaran hutan dapat diartikan terlebih dahulu dari kata “evakuasi”. Evakuasi adalah pengungsian atau pemindahan penduduk dari daerah-daerah yang berbahaya atau pemindahan sesuatu (kendaraan, barang, dan sebagainya) ke tempat aman. Berdasarkan hal tersebut, evakuasi ditujukan kepada masyarakat sehingga maksud dari pernyataan tersebut adalah pemindahan masyarakat dari daerah yang berbahaya dari kabut asap. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 


Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Bacalah kutipan novel berikut ini untuk menjawab soal nomor 5!

Hal yang disarankan Mat agar dilakukan istrinya adalah datang kepada orang tuanya, mengabarkan kepada mereka soal kehamilannya, meminta doa restu mereka. Siapa tahu hal tersebut akan membuat keluarganya yang selama ini masih bersikap keras soal perkawinan keduanya bisa lebih melunak. Tetap tak menerimanya sebagai menantu tak apa, yang penting, bisa menerima cucunya kelak. Dengan sok bijak dinasihati istrinya bahwa ketidakakurannya dengan kedua orang tuanya tidak ditularkan kepada anak mereka kelak. Dan jika itu bisa diperbaiki lebih awal, mengapa mesti ditunda-tunda. Mat mengatakan, lnayatun pasti akan sangat membutuhkan ibunya saat nanti melahirkan, mengingat ia akan melahirkan untuk pertama kalinya. 

 

Dikutip dari: Mahfud lkhwan, Dawuk: Kisah Kelabu dari Rumbuk Randu, Jakarta, Marjin Kiri, 2017

 

Topik : Cerpen

Subtopik : Unsur Ekstrinsik

Level kognitif : C1 (LOTS)

5. Nilai moral pada kutipan novel tersebut adalah ….

A. memberi tahu kesalahan orang lain
B. meminta doa restu kedua orang tua
C. mencoba berbuat baik kepada orang lain
D. menyadari kesalahan yang telah diperbuat
E. menghargai usaha yang dilakukan orang lain

 

 

Jawaban: B 

Pembahasan: 

Nilai moral yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah  meminta doa restu kedua orang tua. Tindakan tersebut perlu dilakukan. Seburuk apa pun hubungan kita dengan orang tua,  tetaplah hormat dan mintalah doa restunya. Gagasan itu pula yang ingin disampaikan tokoh Mat Dawuk kepada istrinya. Walaupun orang tua tokoh lnayatun tidak merestui pernikahan keduanya, tokoh Mat tetap meminta istrinya hormat dan  memohon restu kepadaa kedua orang tuanya agar kehamilannya 

berlangsung lancar. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 


Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Editorial

Subtopik: Mengidentifikasi Teks Editorial

Level kognitif: C4 (HOTS)

 

Perhatikan kutipan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 6!

Evakuasi terhadap warga negara Indonesia (WNI) yang berada di Wuhan akibat virus korona yang semakin parah juga menjadi langkah tepat. Sebanyak 238 WNI telah berhasil dipulangkan ke Tanah Air dari Wuhan, Provinsi Hubei, China. Sebelumnya, rencananya ada 245 WNI yang akan dievakuasi, tetapi 4 orang menolak kembali ke Indonesia dan 3 lainnya tak lolos tes kesehatan oleh otoritas China sehingga kepulangannya tertunda. Terhadap WNI yang telah tiba di Tanah Air, pemerintah harus bisa menjamin karantina yang dilakukan di wilayah Natuna, Kepulauan Riau, berjalan dengan baik. Perkembangan kondisi kesehatan WNI tersebut perlu disampaikan secara terbuka kepada publik, terutama kepada pihak keluarga. 

 

6. Bukti bahwa penulis pada kutipan teks tersebut berpihak pada pemerintah adalah ….

A. penulis membela pihak pemerintah yang telah mengusahakan evakuasi terhadap WNI dengan baik dan cepat

B. penulis menjelaskan tentang usaha yang baik dari pemerintah dalam melakukan evakuasi terhadap WNI yang berada di Wuhan

C. penulis menjelaskan kondisi WNI yang dievakuasi secara detail dan lengkap sehingga dapat dipahami oleh pembaca

D. penulis mengkritik hal yang dilakukan oleh pemerintah tentang pemulangan WNI yang beada di Wuhan ke Indonesia 

E. penulis menyarankan pemerintah agar segera mengevakuasi WNI yang berada di Wuhan agar korban jiwa tidak bertambah

 

 

Jawaban: B 

Pembahasan: 

Keberpihakan penulis terhadap teks tersebut terlihat pada penjelasan tentang perilaku pemerintah terhadap proses evakuasi WNI yang tinggal di Wuhan. Terdapat kalimat yang memperlihatkan keberpihakan penulis terhadap pemerintah, yaitu Terhadap WNI yang telah tiba di Tanah Air, pemerintah harus bisa menjamin karantina yang dilakukan di wilayah Natuna….Dengan demikian, bukti bahwa penulis berpihak pada pemerintah karena penulis menjelaskan tentang usaha yang baik dari pemerintah dalam melakukan evakuasi terhadap WNI yang berada di Wuhan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B. 

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Biografi 

Subtopik: Unsur-Unsur Biografi

Level kognitif: C1 (LOTS)

 

Perhatikan kutipan biografi berikut ini!

Raden Ajeng Kartini merupakan perempuan keturunan bangsawan yang lahir pada 21 April 1879. Sebagai seorang yang dilahirkan di keluarga bangasawan, Kartini tentu berkesempatan untuk mengecap pendidikan. Kartini berhasil menamatkan pendidikannya di bangku sekolah dasar. Ia selalu haus akan ilmu pengetahuan membuatnya ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

Akan tetapi, pada waktu itu pendidikan bagi kaum wanita masih sangat dibatasi. Hal ini berlaku juga bagi Kartini meskipun dirinya adalah seorang putri bangsawan. Sang Ayah pun tidak memberikan izin kepada dirinya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Kartini pun sedih karena bagaimanapun juga ia tidak bisa mengubah keputusan Ayahnya.

Kartini adalah seorang wanita Jawa yang memiliki pandangan maju pada zamannya walaupun dirinya sendiri terbelenggu oleh adat istiadat. Hingga kini Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita. Hal tersebut dapat dilihat dari berbagai surat korespondensi dengan teman-temannya di Belanda yang dibukukan oleh Abendanon.

 

7. Keteladanan tokoh berdasarkan kutipan tersebut adalah ….

A. Raden Ajeng Kartini dilahirkan di keluarga bangsawan
B. Raden Ajeng Kartini menamatkan pendidikannya di bangku sekolah dasar
C. Raden Ajeng Kartini memiliki karakter yang haus akan ilmu pengetahuan
D. Raden Ajeng Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita
E. Raden Ajeng Kartini merupakan seorang wanita Jawa yang memiliki pandangan maju

 

 

Jawaban: C 

Pembahasan: 

Keteladanan seorang tokoh merupakan sifat atau perilaku baik yang layak ditiru. Sifat atau perilaku yang dapat ditiru dari Raden Ajeng Kartini berdasarkan kutipan tersebut terdapat pada kalimat Ia selalu haus akan ilmu pengetahuan membuatnya ingin melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Perhatikan kutipan teks berikut ini untuk menjawab soal nomor 8!

Sungai-sungai dan selokan-selokan di Indonesia tersumbat oleh botol, tas dan kemasan plastik lainnya. Seperti banyak negara berkembang, Indonesia dikenal sebagai negara yang kerepotan dalam mengatasi gunung-gunung sampah. Ledakan jumlah penduduk antara lain berdampak pada merajalelanya wadah, pembungkus, serta kantong plastik yang menggantikan kemasan alami dan tradisional yang mudah terurai di alam seperti daun pisang.

Akibat dari banyaknya kemasan plastik, upaya pemerintah-pemerintah setempat untuk mengumpulkan dan mengelola sampah tidak mampu mengikuti ekspansi dramatis dari sampah yang dihasilkan warga. Selain itu, budaya lama membuang sampah ke selokan dan sungai menunjukkan bahwa setiap upaya untuk membersihkan lingkungan membutuhkan perubahan besar dalam pola pikir masyarakat.

 

Topik: Teks Eksposisi 

Subtopik: Analisis Teks Eksposisi

Level kognitif: C1 (LOTS)

8. Kalimat utama paragraf pertama pada kutipan teks tersebut terdapat pada ….

A. kalimat pertama
B. kalimat kedua
C. kalimat ketiga
D. kalimat pertama dan kalimat kedua
E. kalimat pertama dan kalimat ketiga 

 

 

Jawaban: A

Pembahasan: 

Kalimat utama adalah kalimat yang berisi pokok pikiran utama atau ide pokok utama dan menjadi dasar untuk mengembangkan paragraf. Paragraf pertama membahas tentang banyak salah plastik yang terdapat di selokan dan sungai di Indonesia. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A. 

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Eksposisi

Subtopik: Analisis Teks Eksposisi

Level kognitif: (C2) MOTS



Perhatikan kutipan teks berikut ini untuk menjawab nomor 9 dan 10!

(1) Penyakit flu tulang merupakan istilah yang sering kali digunakan masyarakat awam untuk menjelaskan mengenai penyakit cikungunya. (2) Cikungunya sendiri merupakan penyakit yang disebabkan virus, tepatnya virus jenis cikungunya dari genus Alphavirus dan famili Togaviridae. (3) Flu tulang terkadang juga diklasifikasikan ke dalam virus rematik karena efeknya terhadap sendi. (4) Virus flu tulang yaitu virus alfa yang berasal dari keluarga Togaviridae. (5) Virus ini disebarkan lewat gigitan nyamuk dan menulari manusia.

(6) Nyamuk yang dapat menularkan virus jenis cikungunya  sebagai penyebab penyakit flu tulang adalah nyamuk Aedes albopictus dan Aedes aegypti. (7) Jenis ini juga diketahui menyebarkan penyakit demam dengue dan DBD. (8) Nyamuk Aedes dapat menggigit seseorang yang sudah terinfeksi dengan virus cikungunya, lalu menyebarkan infeksinya dengan menggigit orang sehat sehingga terkena flu tulang. 

 

9. Ide pokok paragraf pertama pada teks tersebut adalah ….

A. definisi penyakit tulang
B. penyebab penyakit flu tulang
C. virus yang menyebabkan flu tulang
D. deskripsi penyakit flu tulang
E. proses penyebaran virus cikungunya 

 

Jawaban: D 

Pembahasan: 

Ide pokok adalah masalah utama yang dibahas dalam suatu paragraf. Nama lain ide pokok antara lain pokok pikiran, pikiran pokok, gagasan utama, gagasan pokok, dan pikiran utama. Ide pokok terdapat pada kalimat utama dalam paragraf tersebut. Kalimat pertama merupakan kalimat utama dalam paragraf tersebut yang berisi deskripsi dari penyakit flu tulang, dimulai dari nama penyakit sebenarnya dari flu tulang. Kalimat selanjutnya menjadi kalimat yang menjelaskan deskripsi lain dari penyakit flu tulang. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. 

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Ekposisi

Subtopik: Kebahasaan Teks Eksposisi

Level kognitif: C2 (MOTS)

10. Kalimat tidak padu pada paragraf pertama teks tersebut terdapat pada kalimat ….

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Baca juga: Latihan Soal UNBK SMA IPA 2020 dan Pembahasannya

 

Jawaban: C 

Pembahasan:

Kalimat yang tidak padu dengan pembahasan dalam paragraf pertama terdapat pada kalimat (3). Sebelum dan sesudah kalimat (3) membahas tentang jenis dan famili yang ada pada virus flu tulang, sedangkan kalimat (3) membahas tentang virus lain dan efek dari penyakitnya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Eksposisi

Subtopik: Analisis Teks Eksposisi

Level kognitif: C2 (MOTS)

 

Bacalah kutipan teks berikut ini!

Penanganan sampah yang komprehensif, baik di daratan maupun di laut, berkaitan erat dengan kualitas sumber daya manusia (SDM). SDM menjadi kunci utama dari penanganan sampah yang saat ini sedang dilakukan Indonesia. Tanpa SDM mumpuni, penanganan sampah diyakini tidak akan berjalan dan bahkan bisa lebih buruk. 

11. Tanggapan logis terhadap isi paragraf adalah …

A. perlu pembukaan TPS baru untuk menampung sampah.
B. perlu penyiapan SDM berkualitas untuk mengelola sampah.
C. perlu kerja sama dari berbagai pihak untuk membersihkan sampah.
D. perlu penanganan sampah karena volumenya semakin meningkat.
E. perlu sekolah khusus untuk menangani masalah sampah di Indonesia.

 

 

Jawaban:  B

Pembahasan: 

Paragraf tersebut menginformasikan pentingnya SOM mumpuni untuk melakukan penanganan sampah di Indonesia. Agar memiliki SOM mumpuni dalam pengelola sampah, kita harus menyiapkan SOM, generasi muda sejak sekarang. Tanggapan tepat terdapat pada pilihan jawaban B. Tanggapan pada pilihan jawaban A, C, D, dan E tidak sesuai dengan isi paragraf.

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Eksposisi

Subtopik: Menganalisis Teks Eksposisi 

Level kognitif: C3 (MOTS)



Perhatikan kutipan berikut.

Kehadiran redaksional akan percuma jika hanya untuk mengoreksi pemakaian tanda baca huruf besar, huruf miring, atau membuan kata-kata mubazir.

12. Istilah yang tepat untuk mengganti kata tercetak miring pada kutipan tersebut adalah….

A. redaktur
B. redaktor
C. koreksi
D. korektor
E. Redaksi

 

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Istilah redaksional memiliki arti “mengenai cara dan menyusun kata dalam kalimat”. Kata tersebut tuidak tepat apabila digunakan dalam kalimat di atas. Istilah pada pilihan jawaban, antara lain

Redaktur: orang yang menangani bidang redaksi.

Koreksi: pembetulan, pemeriksaan, perbaikan.

Korektor: orang yang membetulkan kesalahan pada pencetakan.

Redaksi: badan yang memilih dan menyusun tulisan yang akan dimasukkan ke dalam surat kabar.

 

Dengan demikian, istilah yang tepat iuntuk mengganti redaksional adalah redaksi. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan E.


Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Eksposisi

Subtopik: Menganalisis Teks Eksposisi

Level kognitif: C3 (MOTS)

 

Perhatikan kutipan teks berikut ini!

(1) Beberapa ilmuwan menemukan sebuah virus misterius baru dengan gen yang belum pernah terlihat sebelumnya.  (2) Temuan tersebut dilaporkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Brasil. (3) Para ilmuwan dibantu dengan peneliti dari Aix Marseille University, Prancis dan Federal University of Minas Gerais, Brasil menyatakan bahwa 90 persen gen dalam virus ini tidak pernah diidentifikasi dalam virus lainnya. (4) Dikutip dari Science Alert, penamaan virus tersebut juga dikarenakan dia memiliki garis keturunan baru dari virus ameba dengan asal dan filogeni yang membingungkan. (5) Virus tersebut ditemukan di laguna buatan Lake Pampulha di kota Belo Horizonte. 

 

13. Kalimat yang menggunakan ejaan dengan benar terdapat pada kalimat nomor ….

A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (1), (4), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E. (2), (4), dan (5)

 

Jawaban: C 

Pembahasan: 

Kalimat yang menggunakan ejaaan yang benar terdapat pada nomor (1), (4), dan (5). Pada kalimat (2) terdapat kesalahan pada penulisan di laporkan yang seharusnya ditulis dilaporkan karena kata di- digunakan sebagai imbuhan sehingga tidak dipisah dengan kata dasarnya. Pada kalimat (3) terdapat kesalahan penulisan Aix Marseille University yang seharusnya tidak ditulis dengan huruf miring karena merupakan nama dari sebuah universitas. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Kritik Sastra dan Esai 

Subtopik: Analisis Kritik Sastra dan Esai 

Level kognitif: C3 (MOTS)

 

Bacalah kutipan cerpen berikut ini!

"Semua ini karena kau terlambat bangun pagi," kata Wina. la mendesah panjang dan mengundurkan perlahan-lahan punggungnya pada bantalan kursi. 

"Siapa yang tahu kalau akan hujan?" kataku membela diri. Aku dapat mencium bau napasku yang tak sedap. Selepas bangun pagi, aku hanya mencuci muka, berganti baju, membawa tas dan ransel yang sudah penuh dengan barang-barang ke kios. Semua kulakukan terburu-buru karena takut terlambat. Tetapi, pagi itu, jam sepuluh, Wina sudah membuka kios dan menggeser kursi yang biasa ia duduki saat menunggu pelanggan ke depan pintu geser. 

"Bukan masalah hujannya, Nak," katanya, "kita mungkin bisa sampai ke terminal lebih cepat dan tidak harus menunggu hujan reda." 

Aku melihat ke luar. Hujan semakin lebat. Rinai hujan itu seperti membentuk selimut tebal yang sukar ditembus. Aku tidak dapat melihat tokoh di seberang kios kami. Barangkali, hujan ini akan berlangsung terus sampai sore. 

"Maafkan, Nyonya .... " 

"Jangan panggil aku Nyonya!" bentaknya. la menoleh padaku. Aku tidak melihat siratan kemarahan dalam sorot matanya yang tajam. Aku memperhatikan matanya yang sembab dan merah. la terlihat seperti orang yang habis menangis atau kurang tidur.

 

(Petang di Taman, Iwan Simatupang)

 

14. Kalimat esai yang sesuai kutipan cerpen tersebut adalah ... 

A. Pengarang cerpen "Petang di Taman" ingin menghadirkan cerita yang biasa dialami orang. Cerita tersebut didukung oleh penggambaran latar dan konflik yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

B. Pengarang cerpen "Petang di Taman" memiliki kekuatan menulis cerita kehidupan seseorang. Terna cerita diangkat berdasarkan peristiwa yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari meskipun terdapat unsur fantasi. 

C. Pengarang cerpen "Petang di Taman" menyuguhkan cerita ringan yang dapat dialami dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembaca harus meluangkan banyak waktu untuk memahami maksud cerita tersebut. 

D. Pengarang cerpen "Petang di Taman" menampilkan sifat tokoh cerita yang dimiliki pada zaman sekarang. Penggambaran peristiwa cerita tersebut sesuai dengan peristiwa yang dialami orang pada zaman sekarang. 

E. Pengarang cerpen "Petang di Taman" menghadirkan cerita yang kompleks. Peristiwa dalam cerita berkisah masalah-masalah hidup yang rumit dan tidak dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari.



 

Jawaban: A 

Pembahasan:

Kutipan cerpen tersebut mengisahkan peristiwa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Tokoh, peristiwa, dan konflik yang dihadirkan sengaja dibuat mudah untuk dicerna oleh pengarang. Jadi, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik : Teks Eksposisi

Subtopik : Kebahasaan Teks Eksposisi

Level kognitif : C3 (MOTS)

 

Perhatikan paragraf berikut ini!

Pupuk anorganik merupakan golongan agrokimia. Bahan-bahan agrokimia memang diperlukan untuk meningkatkan dan mempertahankan produksi pangan. [...], bahan-bahan tersebut berisiko terhadap kesehatan. [....], intensifikasi produksi pangan tidak dapat dilakukan hanya dengan mengandalkan pupuk anorganik dan pestisida kimia tanpa batas. Telah berdampak bagi kehidupan dan lingkungan [...]  perlu diperlukan pembatasan.

 

15. Konjungsi yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah ….

A. Dengan demikian, Namun, tetapi
B. Bahkan, Tetapi, karena
C. Oleh karena itu, Akan tetapi, meskipun
D. Namun, Oleh karena itu, sehingga
E. Tetapi, Bahkan, meskipun 

 

 

Jawaban: D

Pembahasan: 

Terdapat dua konjungsi yang berada pada awalan kalimat, berarti dibutuhkan konjungsi antarkalimat pada kalimat tersebut. Pada kalimat kedua, konjungsi yang dibutuhkan adalah konjungsi namun karena kalimat tersebut berisi tentang pertentangan pernyataan dengan kalimat pertama. Pada kalimat ketiga dibutuhkan konjungsi oleh karena itu karena kalimat tersebut berisi kesimpulan dari dua kalimat sebelumnya. Pada kalimat keempat dibutuhkan konjungsi intrakalimat, yaitu sehingga karena menandai akibat dari pernyataan sebelumnya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. 

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Cerpen

Subtopik: Membuat Cerpen

Level kognitif: C3 (MOTS)

 

Perhatikan kutipan cerpen berikut ini!

Masih ada matahari. [...] Hijau yang lebih pekat menyembul di arah belakang padang rumput. Pohon-pohon menghutan rimbun. Hanya tajuk-tajuk daun-daunnya saja yang tertimpa sinar matahari. Di bawahnya, temaram yang teduh. 

 

Dikutip dari: Bondan Winarno, "Mantel Bulu" dalam Petang Panjang di Central Park, Jakarta, Noura, 2016 

 

16. Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen tersebut adalah ... 

A. Berkas-berkas sinarnya membuat kilau menghijau pada padang rumput yang menghampar di sisi marina itu. 

B. Berkas-berkas sinarnya membuat kilauan indah pada padang rumput yang menghampar di sisi marina itu. 

C. Berkas-berkas sinarnya yang cerah masih terlihat indah di cakrawala saat senja datang menyapa di atas marina itu. 

D. Berkas-berkas sinar matahari masih hangat menemani kesendirianku yang setia menunggumu di marina itu. 

E. Berkas-berkas sinar matahari masih hangat menemaniku untuk selalu datang menemuimu di ujung marina itu.

 

 

Jawaban: A

Pembahasan: 

Kalimat yang tepat untuk melengkapi kutipan cerpen itu  terdapat pada pilihan jawaban A. Kalimat tersebut mempunyai keterkaitan dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat tersebut menjelaskan cahaya matahari pada kalimat pertama. Kalimat tersebut juga menjadi dasar penggambaran pantulan warna matahari yang lebih hijau di arah belakang padang rumput.

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Eksposisi

Subtopik: Mengenal Teks Eksposisi

Level kognitif: C3 (MOTS)

 

Perhatikan susunan kalimat berikut ini!

  1. Saat ini nelayan yang akan melaut diwajibkan melengkapi diri dengan peralatan keselamatan. 
  2. Nelayan harus waspada terhadap cuaca buruk yang sering terjadi akhir-akhir ini. 
  3. Peralatan yang disiapkan, seperti life jacket atau jaket pelampung, kompas, dan barang-barang lain guna menjaga dari peristiwa yang tidak diinginkan. 
  4. Kewaspadaan ini ditingkatkan setelah sebanyak 33 perahu milik nelayan Pantai Ujunggenteng rusak dihantam angin kencang dan gelombang pasang air laut. 
  5. Nelayan di wilayah pesisir pantai selatan Kabupaten Sukabumi diimbau meningkatkan kewaspadaan saat mencari ikan. 

 

17. Urutan yang tepat kalimat-kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ….

A. (5)-(1)-(4)-(2)-(3)
B. (5)-(2)-(4)-(1)-(3)
C. (5)-(3)-(1)-(2)-(4)
D. (5)-(4)-(1)-(2)-(3)
E. (5)-(4)-(3)-(1)-(2)

 

Jawaban: B 

Pembahasan: 

Sebelum menyusun urutan kalimat-kalimat tersebut menjadi paragraf yang baik, terlebih dahulu temukan ide pokoknya. Ide pokok pada kalimat-kalimat tersebut terdapat pada kalimat (5). Untuk menyusun kalimat-kalimat acak tersebut, kohesi antarkalimat harus ditemukan dengan mengurutkan kalimat-kalimat secara sistematik .Kalimat disusun sesuai topik yang dibicarakan: imbauan kewaspadaan nelayan, kewaspadaan nelayan terhadap cuaca buruk, peningkatan kewaspadaan nelayan, imbauan melengkapi peralatan demi kewaspadaan, dan contoh peralatan yang disiapkan. Susunan tepat kalimat-kalimat pada soal adalah (5)-(2)-(4)-(1)-(3). Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B .

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Editorial 

Subtopik: Analisis Teks Editorial 

Level kognitif: C4 (HOTS)

 

Bacalah teks berikut ini!

Daya saing koperasi menjadi salah satu isu panting jika dikaitkan dengan pemberlakuan MEA dan persaingan ekonomi pada era sekarang. Koperasi harus mampu menyamakan kedudukannya dengan berbagai bisnis baik offline atau online. Artinya, semua kemampuan daya saing koperasi harus ditingkatkan agar bisa bersaing dengan bisnis lain. 

Salah satu fakta yang mendukung pentingnya daya saing koperasi adalah jumlah keanggotaan yang cenderung semakin meningkat. Fakta ini menunjukkan bahwa koperasi masih dipercaya sebagai bagian dari basis keuangan masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah dapat memberikan peluang seluas-luasnya bagi pertumbuhan koperasi melalui berbagai unit usaha dan pengembangannya di daerah. 

 

18. Simpulan teks editorial tersebut adalah ...

A. Masyarakat kota dan desa masih memerlukan kehadiran koperasi sebagai penyedia kebutuhan sehari-hari mereka.

B. Koperasi mampu bersaing dengan berbagai bisnis baik online maupun offline yang sedang digemari masyarakat saat ini.

C. Perkembangan dan daya saing koperasi tergantung pada keadaan organisasinya dan tidak dapat lepas dari lingkungannya.

D.  Keberadaan koperasi menjadi suatu fenomena tersendiri karena belum ada lembaga sejenis yang mampu menyamainya.

E.  Pemerintah dapat memberikan kesempatan kepada koperasi agarmampu bersaing dengan bisnis lain yang sedang berkembang di masyarakat.

 

 

Jawaban: E

Pembahasan: 

Teks tersebut membahas pentingnya daya saing koperasi dengan jenis usaha lain baik online maupun offline. Simpulan tajuk rencana dapat ditemukan pada pilihan jawaban E. Simpulan tersebut sesuai dengan isi tajuk rencana yang disajikan. Sementara itu, simpulan pada pilihan jawaban A, B, C, dan D tidak sesuai dengan isi teks editorial.

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Eksposisi

Subtopik:  Analisis Teks Eksposisi

Level kognitif: C4 (HOTS)

 

Perhatikan paragraf berikut ini!

(1) Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memantau dan menganalisa curah hujan. (2) Hasil pantauan menunjukkan sebagian wilayah Jawa telah diguyur hujan selama beberapa pekan terakhir. (3) Adanya sirkulasi angin tertutup di Laut Jawa yang cukup persisten hingga 3 hari ke depan juga mengakibatkan terbentuknya daerah pertemuan angin di sepanjang Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara Timur. (4) Kondisi cuaca tersebut memberikan dampak pada peningkatan pembentukan dan pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut. (5) Kondisi tersebut akan menimbulkan dampak bencana hidrometeorologi, seperti genangan, banjir, dan longsor. 

 

19. Kesalahan penggunaan kata serapan dalam paragraf tersebut ditunjukkan oleh kalimat bernomor ....

A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

 

 

Jawaban: A

Pembahasan

Penulisan kata serapan pada kalimat berangka (2), 3), 4), dan 5) sudah sesuai dengan kaidah kebahasaan dalam bahasa Indonesia. Sementara itu, penulisan kata serapan menganalisa pada kalimat bernomor (1) tidak tepat. Penulisan kata menganalisa tersebut seharusnya diperbaiki menjadi menganalisis. Oleh karena itu, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A.

Separator_Latihan_Soal_indonesia-6

Topik: Teks Eksposisi

Subtopik: Analisis Teks Eksposisi

Level kognitif: C6 (HOTS)

 

Perhatikan judul-judul karangan berikut ini!

  1. Upaya Meningkatkan Kesadaran Kesehatan dari Desa ke Desa 
  2. Meningkatkan Kemampuan Pelajar dalam Kegiatan Belajar 
  3. Usaha Mengurangi Pencemaran Lingkungan di Sekolah 
  4. Pelatihan Pembuatan Otak-otak untuk Pelajar Tingkat Menengah
  5. Kepala Sekolah telah Mengesahkan Tata Tertib Sekolah

 

20. Penulisan judul karangan yang salah beserta alasannya terdapat pada ….

A. Judul (1), kata dari seharusnya diawali dengan huruf kapital karena merupakan kata tugas. 

B. Judul (2), kata dalam seharusnya diawali dengan huruf kapital karena merupakan kata depan. 

C. Judul (3), kata di seharusnya diawali dengan huruf kapital karena merupakan kata depan.

D. Judul (4), kata Otak-otak seharusnya ditulis Otak-Otak karena merupakan kata pengulangan kata dasar (kata ulang utuh) harus diawali huruf kapital. 

E. Judul (5), kata telah seharusnya diawali dengan huruf kapital karena merupakan kata keterangan.    

 

 

Jawaban: D

Pembahasan: 

Penulisan judul yang salah terdapat pada judul nomor (4), yaitu pada penulisan kata ulang Otak-otak. Menurut Pedoman Umum EJaan Bahasa Indonesia (PUEBI), huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama setiap kata (termasuk unsur kata ulang sempurna) di dalam judul buku, karangan, artikel, dan makalah serta nama majalah dan surat kabar. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D. 

 

Itulah berbagai soal yang bisa kamu jadikan latihan menjelang unbk sma 2020 mata pelajaran bahasa indonesia. Masih ada materi yang kamu kurang paham? Yuk langsung perdalam materi itu dengan tonton video beranimasinya lewat ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar