Ungkap Persentase Hasil UNBK SMP 2019

WT_-_Hasil_Nasional_UNBK_2019_Jurusan_IPS-01

Artikel ini membahas menjabarkan hasil persentase nilai UNBK SMP 2019 dan info terbaru PPDB 2019.

Pengumuman hasil UNBK 2019 sudah kamu terima, ‘kan? Masih dalam periode PPDB juga nih, kamu pasti penasaran dong gimana analisa tentang UNBK kamu? Manfaatnya apa sih? Hasil analisa UN tahun ini diharapkan dapat dijadikan evaluasi dan perbaikan untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran di masa mendatang.

Menurut data yang dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), terdapat 43.804 satuan pendidikan dan 3.550.395 jumlah siswa SMP yang mengikuti UNBK 2019. Hasil rerata nilai nasional UNBK untuk jenjang SMP tahun ini mencapai 51,84. Data yang dihimpun meliputi rerata nilai berdasarkan masing-masing mata pelajaran. Terdapat empat mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Nilai rerata tertinggi didapat dari mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan angka 64,67 sedangkan mata pelajaran Matematika mendapatkan nilai rerata paling rendah, yakni 45,06. Sementara itu, mata pelajaran Bahasa Inggris dan IPA mendapatkan nilai masing-masing 49,56 dan 48,08.

Baca juga: PPDB 2019: Sistem Zonasi dengan Tujuan Pemerataan Kualitas Pendidikan

Bagi kamu yang penasaran, bagaimana distribusi nilai per-mata pelajaran didapatkan, kamu dapat menyimak grafik yang dilampirkan di laman resmi Kemendikbud berikut ini:

PPDB 2019 Hasil UNBK SMP Bahasa IndonesiaDistribusi jawaban Bahasa Indonesia

PDB 2019 Hasil UNBK SMP Bahasa Inggris

Distribusi jawaban Bahasa Inggris

PDB 2019 Hasil UNBK SMP  Matematika

Distribusi jawaban Matematika

PDB 2019 Hasil UNBK SMP IPA

Distribusi jawaban IPA

Dari data-data yang telah dijabarkan, dapat diketahui kelemahan dan kekurangan siswa pada topik-topik pelajaran tertentu. Selanjutnya, hasil tersebut akan dianalisa dan dijadikan referensi untuk memperbaiki metode pengajaran dan pelatihan untuk guru. Dengan begitu, kompetensi guru juga diharapkan akan lebih baik lagi. Nilai-nilai UN yang didapatkan mengalami peningkatan dibanding dengan tahun lalu, berkisar antara 1,67 poin untuk SMP negeri dan SMP swasta 2,11 poin. Jumlah peserta UNBK jenjang menengah juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan, dari 79.639 pada 2018 menjadi 118.885 pada 2019. Sementara itu, mata pelajaran Matematika mengalami peningkatan nilai sebanyak 1,32 poin dan IPA dengan 0,36 poin.

Berbeda dengan jenjang SMA, pemerintah menyediakan Ujian Nasional untuk Perbaikan yang dilakukan pada 27-30 Juli 2019. Ujian ini diperuntukkan bagi peserta UN SMA tahun 2017/2018 serta 2018/2019 yang belum mencapai standar kelulusan yang telah ditetapkan, yakni 55 dari skala 0-100.  

Tahun ini merupakan tahun ketiga dari pelaksanaan PPDB menggunakan sistem zonasi. Walaupun begitu, perubahan dan perbaikan terus dilakukan pemerintah untuk menyempurnakan sistem ini. Di sisi lain, kabar terbaru dari PPDB 2019 bahwa peraturan persentase jalur prestasi mengalami perubahan berdasarkan arahan dari Presiden Jokowi. Kuota jalur prestasi yang semula hanya 5%, dinaikan menjadi maksimal 15%. Perubahan kuota ini merupakan respon terhadap situasi yang terjadi di lapangan. 

Hal lain yang didapatkan dari pelaksanaan UNBK SMP tahun ini ialah sekitar 24,3% dari 682.603 siswa yang mengisi angket UN dan mendapatkan nilai di atas 55, berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi menengah ke bawah. Hasil angket ini memberikan gambaran bahwa terdapat rasa kesetiakawanan dan tingginya empati untuk bekerja sama serta tolong menolong antar siswa dalam hal belajar. 

Nah, buat kamu yang akan menghadapi Ujian Nasional tahun depan, persiapkan dirimu dari sekarang yuk agar mendapatkan hasil terbaik! Buat tambah semangat belajarmu, jangan lupa belajar dengan ruangbelajar. Belajar? Ya ingat Ruangguru!
IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Anggraeni Puspitasari