Unsur-unsur Teks Biografi

Bahasa Indonesia_10

Squad, pernahkah kamu membaca teks mengenai kisah perjalanan hidup seseorang? Yap, teks tersebut disebut dengan teks biografi. Sebelum mempelajari lebih lanjut, mari kita kenali dulu penjelasan dari teks biografi. Teks biografi adalah teks yang berisikan tentang cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, baik berupa masalahnya ataupun kelebihannya, yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut dapat diteladani orang banyak.

Selain biografi, terdapat pula teks autobiografi. Autobiografi merupakan suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tersebut. Untuk itu, antara biografi dan autobiografi sangat berbeda. Perbedaan tersebut dapat ditinjau dari penulisnya, apakah riwayat tersebut ditulis sendiri atau ada orang lain yang menulisnya. Nah, jangan sampai tertukar ya, Squad.

Baca juga: Mengenal Teks Debat

Ciri-ciri Teks Biografi

  • Biografi dibuat berdasarkan informasi fakta serta disajikan dalam bentuk narasi
  • Faktualnya (fakta) didasarkan pada pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut
  • Pengalaman hidup seorang tokoh dalam menghadapi masalah-masalah yang dihadapinya sehingga dapat menjadi seseorang yang sukses sampai sekarang dapat dijadikan teladan bagi orang lain yang membacanya

struktur teks biografi

Kaidah Kebahasaan Teks Biografi

  • Menggunakan kata ganti orang ketiga tunggal ia atau dia atau beliau
  • Banyak menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh tokoh
  • Banyak menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami
  • Banyak menggunakan kata sifat untuk memberikan informasi secara rinci tentang sifat-sifat tokoh. Contoh: kata sifat untuk mendeskripsikan watak tokoh seperti genius, rajin, ulet.

langkah2 membuat teks biografi

Contoh Soal

1. Bagian yang menjelaskan pengenalan tokoh dalam biografi termasuk dalam struktur teks biografi....

  1. Reorientasi
  2. Peristiwa dan masalah
  3. Orientasi
  4. Koda
  5. Penutup

Jawaban : C

Pembahasan : struktur teks biografi ada 3, yaitu orientasi, peristiwa penting, dan reorientasi. Bagian orientasi adalah bagian yang berisi pengenalan tokoh dalam biografi. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

2. Bacalah kutipan teks biografi tokoh berikut ini.

Amir Hamzah lahir di Tanjung Pura, Langkat, Sumatra Timur, 28 Februari 1911. Beliau adalah sastrawan Indonesia Angkatan Pujangga Baru. Ia lahir dalam lingkungan keluarga banqsawan  Melayu dan banyak berkecimpung dalam kegiatan sastra dan kebudayaan Melayu. Amir Hamzah bersekolah dan tinggal di Pulau Jawa pada saat pergerakan kemerdekaan. Ia memperkaya dirinya dengan kebudayaan modern, kebudayaan Jawa, dan kebudayaan Asia yang lain. Amir Hamzah dalam kumpulan sajak Buah Rindu (1941) yang ditulis antara tahun 1928 dan tahun 1935 terlihat jelas perubahan perlahan saat lirik pantun dan syair Melayu menjadi sajak yang lebih modern. Hamzah tidak hanya menjadi penyair besar pada zaman Pujangga Baru, tetapi juga menjadi penyair yang diakui kemampuannya dalam bahasa Melayu-lndonesia hingga sekarang. Di tangannya, bahasa Melayu mendapat penghargaan hingga zaman sekarang.

Hal yang dapat diteladani dari Amir Hamzah adalah ….

  1. Karya-karyanya digemari masyarakat
  2. Menjadi penyair besar pada zaman Pujangga Baru
  3. Mampu membuat puisi dalam bahasa Melayu-Indonesia
  4. Memperkaya  dirinya dengan kebudayaan lain  
  5. Amir Hamzah lahir di lingkungan bangsawan

Jawaban : D

Pembahasan : Hal yang dapat diteladani dari Amir Hamzah adalah memperkaya diri dengan kebudayaan lain, hal tersebut ditunjukkan pada kalimat kelima, yaitu “Ia memperkaya dirinya dengan kebudayaan modern, kebudayaan Jawa, dan kebudayaan Asia yang lain.”

Mudah 'kan Squad memahami teks biografi? Intinya yang perlu kamu ingat adalah bahwa teks biografi memiliki pesan dan nilai yang dapat diteladani oleh pembacanya. Sama seperti belajar, kalian juga harus memahami konsepnya agar semakin paham. Yuk, asah pemahaman materi dengan menonton video belajar animasi di ruangbelajar, ukur kemampuan belajar dengan mengerjakan soal latihan, dan review kembali materi sulit dengan rangkuman berupa infografis. Berlangganan sekarang dan rasakan #BelajarJadiMudah.

ruangbelajar

Beri Komentar