Up & Close Iqbaal Ramadhan: Bagaimana Iqbaal Melihat Pendidikan Saat ini

Created by : Shabrina Alfari
on May 16, 2018 12:06:20 PM

Squad, kamu sudah tahu 'kan kak Iqbaal Ramadhan sebagai Brand Ambassador Ruangguru akan berkunjung ke 10 kota besar Indonesia dalam rangka Homecoming Tour? Selain meet and greet bersama kak Iqbaal, kamu juga bisa mendengar langsung pemikiran Kak Iqbaal mengenai situasi pendidikan saat ini dan bagaimana caranya agar pendidikan Indonesia semakin baik dan berkembang. Wah, pasti sudah nggak sabar dong?

Ruangguru Launching (23 of 31)(Sumber: Ruangguru)

Eits, tapi sebelum ketemu bulan depan, kamu sudah tau belum sih kak Iqbaal sebenarnya seperti apa? Pemilik nama lengkap Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan ini ternyata dulu pernah dihukum oleh guru saat masih sekolah, lho. Sama seperti kebanyakan dari kita yang pernah lupa mengerjakan tugas atau telat datang ke sekolah, kak Iqbaal juga pernah dihukum oleh gurunya dengan cara disuruh hormat bendera selama 2 jam. Pasti nggak nyangka 'kan, Squad?

“Menurut gue, sekolah itu penting bukan karena hanya untuk dapat nilai bagus atau dapet impresi dari guru aja. Tetapi sekolah itu penting untuk koneksi dan wawasan kita. Selain itu, di sekolah kita juga bisa belajar berinteraksi dan bekerja sama yang nantinya akan berguna untuk kehidupan kita. Jadi, selama sekolah itu kita berlatih dan belajar supaya kita siap menghadapi dunia kerja yang sebenarnya”, jelas kak Iqbaal.

Ruangguru Launching (21 of 31)(Sumber: Ruangguru)

Kak Iqbaal, yang sebentar lagi akan lulus dari Armand Hammer United World College of the American West ini mengaku bahwa salah satu tips mengatur waktu di tengah kesibukannya sebagai pelajar dan public figure adalah dengan fokus ke satu hal dalam satu waktu.

“Gue selalu berusaha fokus ke one thing at a time. Misalnya saat belajar, gue berusaha untuk fokus ke pelajaran itu dan nggak mikirin hal lain seperti shooting, bikin lagu, dan sebagainya. Intinya hal lain yang sedang nggak berfungsi di saat itu akan gue coba lupakan. Sama juga sebaliknya, saat gue lagi jadi public figure gue akan fokus juga disitu. Makanya, otak kita harus di-setting untuk belajar membeda-bedakan”, tambah pemeran Dilan ini.

Ruangguru Launching (12 of 31)(Sumber: Ruangguru)

Squad, selama setahun terakhir ini kak Iqbaal berkesempatan mendapatkan beasiswa untuk bersekolah di salah satu sekolah di Amerika Serikat. Kak Iqbaal merupakan satu-satunya perwakilan dari Indonesia di angkatannya, lho. Ganteng dan pintar, lengkap banget 'kan?

Menurut kak Iqbaal, terdapat beberapa perbedaan antara pendidikan di Indonesia dan di luar. Kak Iqbaal melihat perbedaan yang paling signifikan adalah pendidikan Indonesia masih berfokus pada paper and score oriented, sementara pendidikan di luar negeri sudah lebih memerhatikan tentang pengembangan minat dan bakat anak selain nilai mereka di sekolah.

“Jadi kalau di Indonesia itu, saat anak nilainya jelek pasti dianggap bodoh. Padahal kan enggak, anak itu pasti pinter di bidangnya masing-masing. Kalau sekolah di luar yang gue rasain mereka lebih holistic. Jadi, saat anak mendapatkan nilai jelek di satu mata pelajaran, mereka tidak di-push untuk jadi yang terbaik di pelajaran itu, tetapi lebih difokuskan untuk pengembangan bakat dan minatnya yang akan berguna di dunia kerja nantinya”, ucap kak Iqbaal.

Ruangguru Launching (4 of 31)(Sumber: Ruangguru)

Selain itu, banyak fakta pendidikan Indonesia lainnya yang sempat membuat kak Iqbaal tercengang dan sedih mengenai nasib pendidikan Indonesia. Hal inilah yang membuat kak Iqbaal sebagai Brand Ambassador Ruangguru tersadar bahwa dia tidak boleh hanya memikirkan diri sendiri saja. Kak Iqbaal merasa dia harus turut serta dan do something demi pendidikan Indonesia.

“Masalah pendidikan di Indonesia menurut gue adalah askes pendidikan yang belum merata. Gue melihat ada gap yang sangat besar antara kota-kota besar dengan kota-kota kecil. Gue pengen semua anak bisa dapetin kualitas dan fasilitas yang sama di Indonesia. Namun sayangnya itu belum terjadi”, tambah kak Iqbaal.

Ruangguru Launching (10 of 31)(Sumber: Ruangguru)

Selain lebih peduli dengan pendidikan, kak Iqbaal juga merasa diri dia yang dulu dan sekarang sudah sangat jauh berbeda. Jika dulu dikenal dengan Iqbaal yang kalem atau anggota dari sebuah grup, saat ini kak Iqbaal ingin orang bisa melihatnya sebagai pribadi yang lain.

“Gue pengen orang bisa bedain antara Iqbaal yang dulu dan sekarang. Dari segi musikal sendiri Iqbaal yang dulu dan sekarang udah beda banget. Nggak cuman itu, tapi dari segi penampilan, cara berpikir, bahkan orangnya sendiri berbeda. Gue pengen orang tau, atau gue pengen orang melihat gue tidak hanya sebagai public figure. Gue pengen orang ngobrol sama gue, karna gue orangnya seneng ngobrol. Gue pengen ngobrol tentang point of view gue, intinya gue pengen sharing dengan orang lain”, tambah pemeran drama musikal Laskar Pelangi ini.

Gimana nih Squad, pasti mau dong ngobrol sama kak Iqbaal Ramadhan? Nah, daripada kamu menghayal terus, kamu bisa langsung aja dateng ke Iqbaal’s Homecoming Tour. Spesialnya lagi, tur ini merupakan tur pertama kak Iqbaal setelah kepulangannya dari Amerika, lho! Khusus untuk kamu, Squad. So, tunggu apa lagi? Langsung beli tiketnya sekarang sebelum kehabisan ya. See you there, Squad!

New Call-to-action

Tags: Wow ternyata

Beri Komentar