Biologi Kelas 8 | 5 Upaya Menjaga Kesehatan Sistem Ekskresi pada Manusia

menjaga sistem ekskresi

Artikel ini menjelaskan tentang apa saja upaya yang dapat kamu lakukan untuk menjaga sistem ekskresi agar tetap sehat.

--

Teman-teman, siapa di antara kamu yang suka nahan-nahan untuk buang air kecil? Padahal udah kebelet banget, tuh. Tapi, masih ada aja alasan untuk ditahan-tahan. Entah itu mager ke kamar mandi lah, toiletnya kotor lah, nanggung karena lagi asik ngerjain sesuatu, pokoknya banyak! Asal kamu tau ya, menahan buang air kecil itu nggak baik, lho! Bahaya! Apalagi kalau sampai berjam-jam.

Hmm… Sebahaya apa sih emangnya?

Kamu tau nggak sih, tubuh kita memiliki kemampuan untuk menjaga agar cairan dalam tubuh tetap seimbang. Jika tubuh kelebihan cairan, maka untuk menyeimbangkannya, cairan tersebut akan dikeluarkan dalam bentuk urin atau air kencing. Nah, urin ini mengandung racun, urea, serta zat-zat sisa yang sudah tidak digunakan lagi. Kalau kamu suka menahan buang air kecil, otomatis kamu juga akan menahan keluarnya zat-zat kotor dalam tubuh yang mengandung banyak bakteri. Bila dibiarkan terus menerus, bisa membahayakan ginjal kamu, loh!

menjaga sistem ekskresi

Serem banget nggak, sih? (sumber: giphy.com)

Gimana nggak jadi bahaya, zat kotor yang seharusnya dikeluarkan secara teratur oleh tubuh melalui urin, malah jadi menumpuk dan mengendap di ginjal akibat seringnya kamu menahan buang air kecil. Sistem ekskresi kamu jadi terganggu, deh. Kalau ginjal kamu udah rusak, siap-siap nih kamu bakal mengalami macam-macam gangguan pada sistem ekskresi. Oleh karena itu, kamu jangan suka nahan buang air kecil lagi, ya.

Sebenarnya, bukan hanya “buang air kecil pada waktunya” aja yang bisa menghindarkan kamu dari penyakit yang menyerang organ sistem ekskresi. Seperti yang udah kamu ketahui, organ sistem ekskresi nggak cuma ginjal aja, tapi juga ada kulit, paru-paru, dan hati. Nah, keempatnya harus kita jaga karena peran mereka yang amat penting, yaitu mengeluarkan racun yang berbahaya bagi tubuh.

Banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga sistem ekskresi agar tetap sehat. Di bawah ini telah dirangkum menjadi lima upaya aja, loh. Wah, apa aja ya kira-kira? Yuk, kita cari tau sama-sama!

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh, terutama untuk organ sistem ekskresi seperti kulit dan ginjal. Minum air putih yang cukup dapat mencegah tubuh agar tidak kekurangan cairan (dehidrasi). Hal ini penting banget loh karena bila tubuh mengalami dehidrasi, tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

minum air putih yang cukup

Baca sambil minum air (sumber:giphy.com)

Kandungan air yang optimal dalam tubuh berfungsi untuk mengatur suhu tubuh agar tetap stabil, melindungi organ dan jaringan dalam tubuh, membantu kerja sistem pencernaan, membawa oksigen dan nutrisi dalam darah untuk disalurkan ke sel-sel tubuh lain, menjaga kulit agar tetap lembab dan sehat, serta membantu kerja ginjal untuk membersihkan racun yang ada pada tubuh.

Sebegitu banyak manfaatnya, masih mau jarang minum air putih? Daripada minum boba mending minum air putih.

2. Mengatur Pola Makan

Selain minum air putih yang cukup, makan juga harus diatur, nih. Kamu pasti pernah dengar istilah “makanan 4 sehat 5 sempurna”, kan. Yap, istilah itu telah dijadikan ukuran kecukupan gizi yang ideal bagi tubuh kita. Alasannya karena “makanan 4 sehat 5 sempurna” mengandung zat gizi yang lengkap, mencakup karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

makanan 4 sehat 5 sempurna

Makanan 4 sehat dengan susu sebagai penyempurna (sumber: honestdocs.id)

Nah, biasanya, banyak dari teman-teman yang nggak suka makan sayuran, kan. Hayoo… Jangan sampai kebutuhan vitamin dan serat harian kamu kurang, ya. Dengan mengatur pola makan yang benar, tubuh akan menjadi lebih berenergi karena sistem metabolisme yang meningkat. Selain itu, kita juga akan membantu menjaga kesehatan hati dan ginjal dengan mengurangi makan makanan yang tidak baik untuk tubuh.

3. Istirahat yang Cukup

Upaya selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menjaga organ sistem ekskresi agar tetap sehat adalah istirahat yang cukup. Saat kamu tidur, kulit juga ikut beristirahat, lho. Jadi, kualitas tidur yang baik akan membuat kulit menjadi sehat dan tidak kering. Tidur yang cukup ternyata juga penting untuk masa pertumbuhanmu. Kenapa? Saat tidur, tubuh akan melepaskan hormon yang membantu masa pertumbuhan tulang, memperbaiki sel dan jaringan, serta meningkatkan massa otot. Tapi ingat! tidurnya yang cukup ya, jangan berlebihan.

tidur untuk menjaga sistem ekskresi

Eh, eh, jangan langsung tidur dulu, dong. Masih ada dua bahasan lagi, nih.

(sumber: giphy.com)

4. Rajin Berolahraga

Nah, kalau upaya yang satu ini kamu pasti agak males buat ngelakuinnya, kaaan. Ngaku aja, deh. Eits! Sebenarnya, olahraga itu nggak perlu yang berat-berat, kok. Cukup jalan kaki aja dari rumahmu ke sekolah. Itu juga udah membantu menjaga kesehatan ginjal dan paru-paru kamu. Tapi, kalau jarak rumahmu ke sekolah cukup jauh, jangan dipaksa ya. Bisa-bisa, gempor deh itu kaki.

5. Tidak Merokok dan Minum Alkohol

Terakhir adalah tidak merokok dan minum alkohol. Kamu pasti udah tau kan bahaya rokok dan alkohol. Rokok sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru karena mengandung nikotin, tar, karbon monoksida, dan zat berbahaya lainnya. Sementara itu, alkohol dapat membuat kerusakan pada hati karena harus bekerja jauh lebih keras untuk menetralisir racun yang terkandung dalam alkohol. Hiii... Serem banget! Oleh karena itu, jangan merokok dan minum alkohol ya teman-teman. Mabuk-mabukan itu kan juga nggak baik.

tidak merokok dan minum alkohol
(sumber: giphy.com)

Teman-teman, setelah kita mengetahui kelima upaya di atas, ternyata untuk menjaga sistem ekskresi agar tetap sehat itu mudah dan menyenangkan, ya. Yuk, kita mulai membiasakan diri untuk menjalankan kelima upaya tersebut. Bukannya lebih baik mencegah daripada mengobati, ya?

Gimana, seru banget kan pembahasan kita kali ini. Nah, kalau kamu mau mempelajari materi ini lebih lengkap dan menarik lagi, kamu bisa coba lewat ruangbelajarEits! Bukan cuma materi ini aja loh. Di ruangbelajar, semua video belajar telah lengkap tersedia untuk kamu. 

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts