UTBK 2019 Gelombang 2 Dilaksanakan Besok, Simak 7 Tips Suksesnya

Shabrina Alfari May 10, 2019 • 5 min read


UTBK 2019

Artikel ini memberikan tips sukses menyambut UTBK 2019 Gelombang kedua yang akan dilaksanakan besok

--

Squad, sudah siap mengikuti UTBK Gelombang 2 yang dilaksanakan besok? UTBK Gelombang kedua akan berlangsung dari tanggal 11 hingga 26 Mei 2019. Untuk kamu yang akan mengikuti UTBK Gelombang kedua, baik kamu yang mengikuti untuk kedua kalinya atau pertama kali, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan siapkan. Apa aja? Yuk, langsung disimak.

1. Cek hasil UTBK sebelumnya

UTBK 2019Cek hasil UTBK sebelumnya (Sumber: exercise.com)

Pastinya sudah banyak ‘kan Squad informasi yang beredar mengenai UTBK Gelombang pertama, termasuk hasil yang didapatkan oleh para peserta. Nah coba cek hasil UTBK sebelumnya. Hal yang penting untuk kamu perhatikan adalah nilai tertinggi, nilai kuartil 3, dan range nilai yang diraih peserta. Ini penting untuk kamu ketahui agar kamu tahu target skor yang harus kamu dapatkan agar bisa mengalahkan saingan lainnya. Simak juga informasi-informasi penting dan relevan lainnya terkait UTBK yang akan berguna saat ujian besok.

Baca juga: Cara Membaca Hasil atau Nilai UTBK 2019 beserta Rekapitulasi Resmi dari LTMPT

2. Tentukan target dan tetap optimis

Squad, jangan sampai nilai peserta-peserta UTBK sebelumnya membuat kamu patah semangat apalagi meragukan kemampuanmu. Tetaplah optimis dan berpikiran positif terhadap nilai saingan lainnya. Buatlah target yang tinggi untuk dirimu. Ketahui apa yang menjadi kelebihan dan kekuranganmu agar kamu bisa lebih fokus dalam mempersiapkan diri di ujian besok. Di tahun sebelumnya, persentase yang lolos SBMPTN di bawah 20 persen. Artinya, skor kamu harus termasuk ke dalam 10 hingga 20 persen terbaik.

3. Belajar dengan metode perlahan dan bertahap

UTBK 2019Belajar dengan cara yang cerdas (Sumber: swinburneonline.edu.au)

Squad, belajar itu harus dengan metode perlahan dan nggak langsung dihajar semuanya. Kamu bisa mulai dari materi yang menurut kamu paling gampang atau sudah kamu kuasai. Setelah itu, baru deh kamu lanjut ke materi selanjutnya. Intinya, belajar dengan strategi. Dengan begitu, kamu bisa menguasai semua materi dengan baik. Kamu juga bisa menerapkan metode belajar #30MenitBisa dari Ruangguru. Belajar selama 30 menit sehari dengan ruangbelajar, dijamin kamu bisa menaklukan soal-soal UTBK dengan lebih mudah.

4. Ketahui semua peralatan yang harus dibawa

Pada UTBK Gelombang pertama, masih banyak peserta yang tidak membawa kelengkapan ujian sehingga harus didiskualifikasi. Sayang ‘kan Squad, perjuanganmu selama ini harus gagal hanya karena kecerobohan kecil.

Pastikan kembali kamu sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk UTBK dan datang lebih awal. Dengan datang lebih awal, kamu jadi punya waktu lebih untuk menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar dan kembali mempersiapkan diri.

Baca juga: H-1 UTBK 2019! Yuk, Perhatikan Kembali Hal-hal Ini!

UTBK 2019Peserta UTBK starter pack (Sumber: instagram.com/ruangguru)

5. Jadikan UTBK Gelombang 1 sebagai pelajaran

Untuk kamu yang sudah mengikuti Gelombang 1 dan mendapatkan hasilnya, jadikan UTBK Gelombang 2 sebagai kesempatanmu meningkatkan skor. Evaluasi nilai UTBK yang lalu dan cek nilai mana yang sudah baik serta mana yang harus ditingkatkan. Ketahui apa kekurangan dirimu untuk mencari solusi dan memperbaikinya di UTBK ini. Manfaatkan pengalamanmu sebelumnya untuk meningkatkan performa.

Baca juga: UTBK Gelombang 1 Selesai! Ini Jumlah Peserta UTBK 2019

6. Kerjakan soal dengan teliti

Nggak usah terburu-buru dalam mengerjakan soal. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk membaca dan memahami soal sebelum menjawab. Eits, tapi jangan juga membuang waktu ya. Tetap tenang saat kamu menemukan pertanyaan yang sulit dan belum bisa dijawab. Lewati terlebih dahulu dan kerjakan soal lainnya agar kamu bisa lebih efisien mengatur waktu.

7. Terus berlatih soal

UTBK 2019Latihan soal (Sumber: youtube.com/ruangguru)

Squad, berlatih soal punya banyak banget kelebihan lho. Latihan soal bisa menjadi sarana yang memudahkan kamu mengetahui sampai mana batasmu untuk memahami materi yang diujikan. Di waktu ujian yang sudah dekat seperti ini, latihan soal adalah cara terbaik dan paling efisien untuk belajar. Kamu juga bisa melatih manajemen waktu dalam mengerjakan soal. Jika ada soal yang nggak kamu pahami, kamu bisa langsung buka video beranimasi di ruangbelajar untuk melihat pembahasannya. Cara ini akan membantu kamu memperdalam penguasaan materi. Kamu bisa lho ikut tryout gratis di ruanguji.

Baca juga: 7 Keuntungan Mengikuti Tryout SBMPTN yang Perlu Kamu Sadari

Kerjakan soal dengan tenang dan fokus. Selain itu, jaga kesehatan karena sebagian besar dari kamu mengerjakan UTBK dalam keadaan berpuasa. Minum banyak air saat sahur agar kamu bisa tetap fokus dan nggak dehidrasi. Percaya diri aja semua persiapanmu selama ini pasti akan membuahkan hasil yang manis. Apalagi jika belajarnya di ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar