Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 Ditunda Akibat Virus Corona

Shabrina Alfari Mar 24, 2020 • 3 min read


utbk sbmptn  2020 ditunda

Artikel ini memberikan informasi pelaksanaan UTBK SBMPTN 2020 ditunda akibat perkembangan virus corona

--

Sekolah diliburkan, bagaimana dengan UTBK? Pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 ditunda! Akibat wabah virus corona yang telah masuk ke Indonesia, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengeluarkan kebijakan untuk menunda pendaftaran sekaligus pelaksanaan UTBK. Hal ini dilakukan akibat pandemi global COVID-19 yang semakin menyebar di Indonesia.

Ketua LTMPT, Muhammad Nasih melalui surat edaran resmi LTMPT menyatakan, “memperhatikan situasi Nasional berkenaan dengan mewabahnya COVID-19, maka pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada tanggal 30 Maret 2020, dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai tanggal 20 April, DITUNDA.”

Baca juga: 6 Perubahan UTBK 2020 yang Nggak Boleh Kamu Lewati

Penundaan UTBK ini berlaku untuk UTBK tahap satu dan tahap dua. Dalam surat edaran tersebut pun disebutkan bahwa, penundaan ini akan dilangsungkan hingga waktu yang belum ditentukan. Keputusan ini dilakukan demi menekan penyebaran wabah virus corona yang angkanya terus bertambah di Indonesia.

Sebelum ada penundaan, pendaftaran UTBK tahap ke-1 dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret - 11 April 2020, dan Tes UTBK tahap ke-1 akan dilaksanakan pada 20-26 April 2020. Sedangkan untuk pendaftaran UTBK tahap ke-2 akan dilaksanakan pada tanggal 14-16 April 2020, dan Tes UTBK tahap ke-2 akan dilaksanakan pada 1-3 Mei 2020.

 

“Lalu, bagaimana nasib kami para calon mahasiswa baru kak?”

“Apa tahun ini jadi nggak bisa daftar?”

“Harus menunggu sampai kapan kak?”

Pasti banyak dari kamu yang bingung dan galau ‘kan? Sabar. Ketua LTMPT menekankan akan terus mengikuti perkembangan situasi COVID-19. Bila kondisi memungkinkan untuk dilaksanakan, maka pihak LTMPT pun akan segera mengumumkan dan mengadakan UTBK 2020. Ingat, hanya ditunda bukan dibatalkan. Jadi, tetap tenang dan tunggu pengumuman lanjutan dari LTMPT yang akan diumumkan juga di ruangbaca ya.

Walaupun banyak sekolah yang dirumahkan, kamu tetap harus giat mempersiapkan diri menghadapi UTBK 2020. Anggap saja pengunduran waktu ini sebagai waktu tambahan untuk kamu belajar. Sebab, UTBK menjadi syarat utama untuk kamu mendaftarkan diri pada jalur SBMPTN.

Tetap semangat untuk kamu yang tahun ini akan berjuang mengikuti ujian seleksi masuk PTN. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan dan terus berusaha agar bisa masuk ke kampus impian. Di tengah situasi ini, ingat juga untuk terus berdoa agar semua bisa membaik dan kembali seperti semula ya. Pantang menyerah dan tetap belajar kapan saja, di mana saja dengan video beranimasi dan ribuan latihan soal di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar